Home / Teknologi / Cara Mudah Membuat Flashdisk Kebal Dari Virus Hanya Dengan Modal CMD

Cara Mudah Membuat Flashdisk Kebal Dari Virus Hanya Dengan Modal CMD

Cara Membuat Flashdisk Kebal Dari Virus Dengan CMD – Dari dulu hingga kini virus komputer merupakan salah satu hal yang selalu membuat masalah di kalangan pengguna komputer. Sebetulnya virus itu sengaja dibuat oleh seseorang atau kelompok tertentu dan entah apa tujuan utamanya. Cara kerja virus komputer itu bermacam-macam yang pada intinya dapat menggandakan dirinya sehingga mampu menularkannya dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Masalah yang ditimbulkan dari adanya virus didalam komputer adalah bisa merusak file, menghapus file, menyembunyikan file, bahkan yang paling berbahaya adalah dapat mencuri data pribadi seseorang yang tentunya hanya dapat dilakukan melalui media online.

Baca Juga : Cara Gampang Menghilangkan Virus Shortcut Pada Flashdisk Yang Wajib Anda Tahu

Salah satu media terutama media eksternal yang paling mudah diserang virus adalah Flashdisk. Banyak untungnya jika kita memiliki Flashdisk. Benda mungil ini dapat dengan mudah kita bawa kemana-mana dan Flashdisk dapat kita isi berbagai macam file atau data apapun ekstensinya. Namun itu dia masalahnya Flashdisk sangat rentan dihinggapi virus. Jika Flashdisk sudah ada virusnya maka tentunya virus ini akan terus menyebar ke setiap komputer yang dipasangnya.

Cara Membuat Flashdisk Kebal Virus Dengan CMD (1)

Banyak yang mengincar Flashdisk sebagai sasaran utama untuk menyebarkan virus. Alasannya Flashdisk paling sering digunakan orang untuk bertukar file dan data secara offline. Sangat berbahaya jika virus sudah bercokol di Flashdisk kemudian dicolokkan ke USB komputer yang telah mengaktifkan Autorun atau Autoplay.

Apakah kita bisa membuat Flashdisk agar kebal dari virus apapun? Jawabannya tentu saja bisa, dan disini saya akan memberitahukan caranya.

Berikut Cara Gampang Membuat Flashdisk Kebal Dari Virus Tanpa Software

Sebetulnya cara melindungi Flashdisk dari virus tanpa software sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya. Namun cara manual membuat Flashdisk kebal dari virus yang sudah saya tulis tentunya berbeda dengan yang akan dibahas disini. Sekarang yang akan saya bahas adalah membuat proteksi Flashdisk kebal dari virus melalui Command Prompt atau lebih dikenal lagi dengan sebutan CMD.

Baca Juga : Kurang Dari 25 Detik Bisa Memperbaiki Flashdisk Write Protected Dengan Software

Cara kerja membuat proteksi Flashdisk melalui CMD intinya masih sama dengan artikel dulu, yaitu membuat folder autorun.inf. Ketika virus masuk ke Flashdisk maka secara otomatis akan membuat folder autorun.inf sebagai tempat bersarang induk virus yang nantinya akan terus menyebar ke setiap komputer. Untuk itu kita meski membuat folder autorun.inf dengan cara khusus agar virus tidak mampu menghapus atau mengganti folder tersebut dengan folder yang berisi virus. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan Flashdisk yang akan kita uji coba ini adalah Flashdisk yang bersih dari virus. Untuk memastikannya silakan Anda bersihkan Flashdisk menggunakan AntiVirus uptodate;
  2. Gunakan komputer atau laptop yang bersih juga dari virus apapun;
  3. Masukkan Flashdisk ke USB komputer atau laptop dengan ketentuan seperti yang disebutkan pada point 1 dan 2;
  4. Jalankan Command Prompt (CMD) dari Run. Untuk masuk Run bisa melalui Start > Run atau dengan menekan logo Windows+R pada keyboard;
  5. Ketik CMD pada kolom Run dan tekan tombol Enter pada keyboard;
  6. Ketahui lokasi drive Flashdisk yang berada di komputer Anda, biasanya ada diakhir partisi harddisk. Saya contohkan lokasi Flashdisk ada di H, silakan ketik mkdir H:\autorun.inf dan Enter;
  7. Anda ketik lagi H: dan Enter;
  8. Kemudian ketik lagi cd autorun.inf dan Enter;
  9. Selanjutnya ketik lagi mkdir CON dan Enter;
  10. Terakhir ketik lagi mkdir \\.\H:\autorun.inf\con\aux\nul dan Enter. Kira-kira hasilnya akan seperti pada gambar berikut :

Cara Membuat Flashdisk Kebal Virus Dengan CMD (2)

Sekarang Anda lihat Flashdisknya, jika sukses maka akan ada folder baru yang bernama autorun.inf dan didalamnya ada folder con > aux. Silakan Anda coba hapus atau ubah namanya (rename) dijamin tidak akan bisa!

Cara Membuat Flashdisk Kebal Virus Dengan CMD (3)

Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!

Kini Flashdisk Anda sudah aman dan dijamin tidak akan terinfeksi oleh virus apapun. Artinya kini Flashdisk Anda sudah kebal dari virus. Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba trik Membuat Flashdisk Kebal Dari Virus Dengan CMD. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses selalu!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Mendingan pake Linux gan, tapi sayangnya masyarakat Indonesia masih suka pake windows. heheuehu :D ya meskipun saya juga dualboot sih. :P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *