Home / WordPress / Begini Cara Membuat Form Kontak di WordPress

Begini Cara Membuat Form Kontak di WordPress

Begini Cara Membuat Form Kontak di WordPress – Membuat halaman khusus untuk form kontak di WordPress menurut saya merupakan sesuatu hal yang wajib diterapkan. Setelah Anda selesai membuat blog, halaman kontak jangan sampai diabaikan untuk dibuat. Karena dengan membuat halaman khusus untuk form kontak pengunjung blog bisa dengan mudah menghubungi Anda tanpa perlu mengekspose alamat email.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Tabel Di WordPress Tanpa Plugin

Form kontak memiliki fungsi untuk mengirim pesan secara khusus terhadap admin blog. Dimana komentar atau pertanyaan pengunjung blog tidak ingin diketahui oleh pengunjung atau pembaca lain selain admin.

Membuat form kontak di WordPress.com sangat mudah dilakukan. Karena WordPress sendiri sudah menyediakan fasilitasnya, kita tinggal mengaktifkannya saja. Berbeda dengan WordPress.org, kita meski menginstall Plugin untuk keperluan tersebut.

Cara Membuat Form Kontak di WordPress.com

Dari Dasbor WordPress.com, pilih menu Halaman dan submenu Tambah Baru. Tentukan nama halaman yang akan dibuat, misal Kontak Saya, Contact Us, Hubungi Saya, dan lain-lain.

Setelah selesai membuat nama Halaman, dari mode Visual Anda klik Tambahkan Formulir Kontak.

membuat-form-kontak-di-wordpress-1

Jika kotak dialog Form Kontak sudah tampil, silakan Anda setting semuanya sesuai dengan kebutuhan. Secara default tampilan Form Kontak WordPress terdiri dari :

  1. Form Nama (form untuk mengisi nama pengirim pesan);
  2. Form Email (form untuk mengisi alamat email pengirim pesan);
  3. Form Website (form untuk mengisi alamat web pengirim pesan);
  4. Form Komentar (form terakhir untuk mengisi isi pesan dari pengirim).

Jika Form default masih kurang, artinya Anda ingin menambah form lagi caranya klik Tambahkan satu bidang baru. Namun jika Anda ingin menghapus form, Anda klik tanda strip (-) pada sebelah kanan masing-masing form yang ingin Anda hapus.

membuat-form-kontak-di-wordpress-2

Jika sudah selesai Anda setting pada tab Pembangun formulir, jangan lupa untuk melakukan pengaturan juga pada tab Pemberitahuan surel. Tab ini berfungi untuk pengaturan email notifikasi, artinya jika ada pesan yang masuk melalu form kontak WordPress maka isi pesannya akan masuk ke email Anda.

membuat-form-kontak-di-wordpress-3

Langkah terakhir jika semua pengaturan sudah cukup, Anda klik Tambahkan formulir ini ke pos saya. Artinya form kontak yang baru saja Anda buat untuk ditampilkan di halaman yang sedang dibuat.

membuat-form-kontak-di-wordpress-4

Cara Membuat Form Kontak di WordPress.org

Untuk WordPress.org (domain TLD) form kontak tidak tersedia langsung seperti halnya WordPress.com. Maka langkahnya Anda bisa memanfa’atkan Plugin Contact Form 7. Download dulu Plugin Contact Form 7 lalu install di root WordPress Anda, bisa melalui Dasbor atau Control Panel tempat Hosting Anda.

Selanjutnya aktifkan Plugin Contact Form 7 dan setting sesuai kebutuhan. Pertama klik Add New untuk membuat Form kontak baru, beri judul dan sebagai contoh disini saya memberi judul Kontak Saya.

membuat-form-kontak-di-wordpress-5

Pada Plugin Contact Form 7 Anda bisa menggunakan bantuan Generate Tags jika ingin mengubah tampilan kolom isian pada form kontak tersebut.

membuat-form-kontak-di-wordpress-6

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu mengatur konfigurasi pengiriman email. Jika ini tidak Anda lalukan, maka Form Kontak yang telah Anda buat tidak akan berfungsi.

membuat-form-kontak-di-wordpress-7

Jika semua pengaturan pada Form Kontak Plugin Contact Form 7 sudah selesai, sekarang Anda buat halaman baru dan beri judul contoh Kontak. Dan paste kodenya yang dihasilkan dari Plugin Contact Form 7, terakhir klik Publish atau Terbitkan.

membuat-form-kontak-di-wordpress-8

Mungkin hanya itu saja, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

25 comments

  1. untuk membuat form di 5 halaman
    dengan email tujuan yg berbeda beda apakah bisa ?:

    thanks

    • Saya sekarang sudah ga pakai Plugin Contact Form lagi mas, sekarang hanya dengan kode PHP dan CSS saja. Dan itu memang bisa jika kita membuat form kontak untuk lebih dari satu halaman dan kita setting email yang berbeda-beda.

  2. lengkap y mas, saya baru tau kalau wordpress.com juga menyediakan from kontak sendiri

    • Iya mas, karena saya adalah mantan WordPress.com jadi ini berdasarkan pengalaman dulu …

  3. Semoga website ini semakin maju .

    Terimakasih, dan kami senang sekali berkunjung di website ini .

  4. Tadi anda bilang jika anda merupakan yang tadinya adalah bagian dari wordpress.
    Apakah anda memupgrade web site anda menjadi yang lebih beda?

  5. Dedy Akas Website

    Cara diatas berhasil saya lakukan…
    Asalakan membaca sambil praktek secara perlahan pasti bisa…
    Terima kasih artikelnya…

    Salam,
    Dedy Akas Website

  6. terima kasih atas ilmunya sangat bermanfaat seperti saya yang awam sama blog wordpres.

    sukses selalu ;)

  7. thanks ya gan, dari kemaren saya buka beratus-ratus tab buat cari tutorial tapi yang bener cuman ini. sip (y)

  8. sip gan. thanks gan atas tutorialnya, sangat bermanfaat dan sangat membantu saya yang masih newbie pake wordpress :)

  9. mas mau tanya nih..
    kalau pakai php dan css aja gimana ya mas buatnya?, adakah kiranya source kodenya mas gitu?…..
    makasih mas sebelumnya.

  10. terima kasih bnyak materinya sy baru akan coba krn punya sy blm ada form kontaknya.Karena sy msh newbie

  11. Infonya sangat membantu untuk saya yang ingin meningkatkan traffic pengunjung akhirnya ane bikin menu ” Kontak Saya ” , kebetulan saya marketing di bidang otomotif yang menggunakan jasa blog untuk membantu penjualan

  12. Mas Gan, Saya mau ikut berkomentar sekalian tanya.
    Saya sudah berhasil membuat form kontak pake cara ini. Jika ada seseorang yang menghubungi saya melalui form tersebut, masuknya kemana yah? Saya cek di email tidak ada, bahkan di folder ‘junk’ juga tidak ada.
    Jadi masuknya kemana? Saya juga udah coba berbagai plugin yang fungsinya sama.
    – Plis Bantu saya gan.
    Dan untuk sementara saya menggunakan plugin jetpack sebagai form kontak, tapi tampilanya ga enak banget.

    • Kalau agan menggunakan plugin Contact Form 7 mungkin agan lupa setting alamat emailnya! Coba setting alamat default penerima di Tab Mail.

  13. Untuk baru kayaknya beda ya mas, ane coba kok gagal, engga bisa tampil malah? itu buat page dulu kan ya, Bisa bantu mas

    • Untuk panduan yang mana, pertama atau kedua? Yang pertama untuk WordPress.com dan kedua WordPress.org. Itu yang kedua dengan menggunakan plugin Contact Form 7.

  14. gan kalau wordprees. org gimana caranya?
    ini punyaku ga muncul di wordpress. org.

    Thanks, mampir ya dilapan ane gan.

    • WordPress.org langkah mudahnya tinggal menggunakan plugin Contact Form7 saja mas. Caranya gampang tinggal Install > Aktifkan > Setting > dan selesai …

  15. mas, buat kontaknya kan pake plugin Contact From 7, berarti kalau ada pemberitahuan pembaruan plugin itu berpengaruh nggak sama kontaknya? Maklum, saya masih newbie

    • Tidak akan ada perubahan mas asal mas tidak melakukan perubahan pada script/kode plugin Contact From 7. Kalau ingin melakukan perubahan pada script, silakan mas ubah pada style.css theme saja.

  16. Thanks gan infonya, atas pencerahannya. sangat membantu untuk saya sebagai pemula wordpress

  17. Terima kasih gan infonya sangat bermanfaat,sebetulnya trik ini baru mau ane coba ini baru selesai membaca artikel agan,,doain biar berhasil ya gan hehehehe :)

  18. walah infonya pas untuk website sy gan, langsung praktek nihhhh… pas menarik dan lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *