Home / Photoshop / Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil Di Photoshop

Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil Di Photoshop

Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil Di Photoshop  Gambar sketsa pensil adalah gambar seolah-olah hasil lukisan pensil. Biasanya sketsa pensil sering kita temui di sebuah kartu nama dan undangan. Gambar sketsa tidak pernah ditemui didalam photo resmi. Sebelumnya saya sudah pernah membuat tutorial tentang efek sketsa pada photo. Pada tutorial tersebut, melakukan efek sketsa menggunakan Charcoal. Dan seperti biasa, untuk mengolah gambar saya menggunakan program Photoshop.

Baca Juga : Cara Menentukan Ukuran Photo Di Photoshop

Belajar sketsa pensil dengan Photoshop ini sangat cocok untuk pemula. Karena hanya menggunakan beberapa langkah saja. Tidak banyak tool yang digunakan. Mungkin Anda akan selesai mengerjakannya dalam hitungan menit saja.

Photoshop yang saya gunakan dalam tutorial kali ini adalah Photoshop CS3. Namun pada intinya Photoshop versi berapun tetap kita bisa melakukan tutorial ini. Mungkin hanya akan mengalami beberapa perbedaan penempatan tool saja.

Berikut contoh photo yang sudah dimanipulasi dengan Photoshop seperti seolah-olah gambar hasil sketsa tulisan pensil :

Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil 0

Jika Anda ingin menggunakan photo seperti gambar diatas, silakan unduh dulu photonya pada link berikut :

Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil

Sekarang langsung kita praktekkan. Setelah semuanya sudah siap (photo dan program photoshopnya) langsung saja kita mulai.

Berikut photo yang akan saya jadikan praktek dalam tutorial belajar membuat gambar efek sketsa seperti tulisan pensil :

Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil 1

Saya melakukan penerangan sedikit karena photo diatas agak gelap. Saya menggunakan tool Curves dari menu Image > Adjustments > Curves…. Atau bisa juga dengan menekan Ctrl+M pada keyboard.

Dikotak dialog Curves saya membuat pengaturan Output menjadi 150 dan Input menjadi 112. Dalam hal ini, disesuaikan saja dengan kondisi photo. Usahakan jangan terlalu gelap dan jangan terlalu terang.

Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil 2

Sekarang beri efek hitam putih pada photo menggunakan tool Desaturate dari menu Image > Adjustments > Desaturate…. Untuk mempercepat proses, bisa juga dengan menekan Ctrl+Shift+U pada keyborad.

Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil 3

Nah sekarang warna photonya sudah berubah menjadi hitam putih. Selanjutnya lakukan duplikat layer dengan cara pilih menu Layer > Duplicate Layer…. Atau bisa juga dengan menekan Ctrl+J pada keyboard. Otomatis di palet layers akan terbentuk sebuah layer baru hasil duplikat tadi dengan nama Layer 1.

Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil 4

Rubah efek photo yang semula sudah dirubah menjadi hitam putih, sekarang menjadi efek negatif (klise). Caranya klik menu Image > Adjustments > Invert. Atau bisa juga dengan menekan Ctrl+I pada keyborad. Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil 5

Pada posisi Layer 1 aktif (terpilih), Layer yang tadi diduplikat Anda rubah setting Blending Modenya. Yang semula mode Normal menjadi Color Dodge. Maka akan otomatis photo yang semula seperti efek negatif menjadi putih.

Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil 6

Nah sekarang adalah langkah terakhir dalam membuat gambar sketsa pensil ini. Anda klik menu Filter > Other > Minimum…

Sesuaikan parameter Radius kotak dialog Minimum dengan keadaan photo. Disini saya memberi nilai Radius 15 pixels. Jika sudah cukup, klik OK.

Cara Membuat Gambar Sketsa Pensil 7

Lihat hasilnya, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan? Jika belum, bisa Anda ulangi langkah-langkahnya dari awal lagi. Dan jangan sampai lupa setiap selesai edit photo di Photoshop Anda simpan hasilnya. Opsi simpan yang penting Anda ketahui hanya dua file format saja. Pertama format JPG, artinya format untuk keperluan cetak. Kedua format PSD, adalah format jika kedepannya Anda bermaksud akan melakukan pengeditan lagi pada photo tersebut tanpa harus mengulang setiap langkah-langkah yang sudah dilakukan sebelumnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

12 comments

  1. Wahhh… memang terbaik aaa perkongsian nih Admin… Dedulu mmg mintak tolong kawan jerk buat cenggini… la nihleh aaa wat sendirik… besh2…

  2. saya cobain dulu caranya gan,sepertinya tidak susah ini

  3. pas ini caranya utk yg baru belajar teknik sketsa di photoshop
    thanks tutorialnya mas..
    kunjungi balik ya :)

  4. sepertinya sangat menarik mas, sayangnya aku kurang begitu faham memakai aplikasi photoshop, mungkin kedepannya bisa yah.. trims..

  5. Udah lama tidak otak atik PS, jd penasaran dgn tutornya mas… saya coba dlu…

  6. Hasilnyaa, keren… terima kasih tutorialnya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *