Home / Photoshop / Cara Mudah Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop Bermain Dengan Brush

Cara Mudah Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop Bermain Dengan Brush

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop – Terkadang desain garis putus-putus kita perlukan baik itu pada program Photoshop atau CorelDRAW. Garis putus-putus dapat memberikan kesan bagus pada sebuah desain jika tepat dalam penggunaannya. Langkah dasar dalam membuat desain efek jahitan adalah dengan membuat garis putus-putus juga kemudian diberi efek khusus lagi. Selain itu masih banyak lagi desain-desain dimana pola dasarnya adalah dengan membuat garis putus-putus. Lalu bagaimana cara membuat garis putus-putus pada program Adobe Photoshop? Apakah sulit, atau sebaliknya?

Baca Juga : Cara Membuat Dua Garis Pada Kop Surat Di Office Word 2007

Menurut saya dalam membuat garis putus-putus di Photoshop itu tergolong mudah. Karena disini kita akan bermain dengan brush Photoshop. Seperti yang sudah kita tahu untuk memainkan brush Photoshop kita cukup menyapukan brush ke canvas saja.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (1)

Jika Anda pengguna Adobe Photoshop CS6 dan versi diatasnya, maka tidak perlu mempraktikkan cara ini. Karena efek garis putus-putus sudah ada dalam fitur Stroke Photoshop. Namun jika sebaliknya, atau pengguna Adobe Photoshop dibawah CS6 seperti CS5, CS4, CS3, dan seterusnya silakan ikuti tutorial ini sampai selesai.

Berikut Cara Membuat Garis Putus-Putus (Titik-Titik) Di Adobe Photoshop

Sebelum dilanjut alangkah baiknya Anda melihat dulu artikel Cara Membuat Brush, karena dala pembuatan garis putus-putus ini kita akan bermain dengan brush juga.

Ok kita mulai saja artikelnya. Langkah pertama karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa garis putus-putus ini kita buat dari efek brush, maka kita buat dulu brushnya. Buat canvas baru dengan ukuran Width 4 pixels dan Height 2 pixels. Sedangkan untuk Resolution kita cukup memberikan nilai 72 pixels saja. Oh iya dalam tutorial ini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3 dan Sistem Operasi Windows 7.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (2)

Kemudian Anda beri background warna hitam menggunakan Paint Bucket Tool (G). Untuk memberi background hitam silakan Anda tentukan warna Foreground menjadi hitam atau dengan langkah cepatnya menekan huruf D pada keyboard.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (3)

Selanjutnya kita simpan menjadi brush dengan cara dari menu Edit klik pilih Define Brush Preset. Beri nama sesuka Anda, misal Garis Putus Putus dan klik OK.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (4)

Selesai sudah membuat brush untuk bahan efek garis putus-putus di Photoshop, dan kita tinggal mempraktikkannya saja. Silakan aktifkan dulu Brush Tool (B) pada Toolbox.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (5)

Kemudian Anda tampilkan jendela Brush untuk melakukan pengeditan lebih lanjut dari menu Windows > Brushes (F5). Aktifkan Brush Presets dan Anda pilih tipe Brush yang tadi telah kita buat. Biasanya Brush baru akan tersimpan di paling akhir. Untuk Master Diameter biarkan secara default saja, karena nanti juga diameter ini bisa kita atur dengan mudah.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (6)

Sekarang kita pilih Brush Tip Shape dan Anda ubah nilai persen pada Spacing hingga menemukan garis putus-putus. Disini saya memberikan nilai 400% dan kita bisa melihat tampilan contohnya (preview) di bawahnya.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (7)

Setelah itu kita aktifkan atau centang/checklist pada Shape Dynamics dan buat pengaturan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Size Jitter, Angle Jitter, dan Roundness Jitter kita buat 0%. Kemudian untuk Control kita setting off kecuali Control pada Angle Jitter kita pilih Direction.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (8)

Waktunya beraksi. Setelah sekian lama membuat dan mengatur brush seperlunya, kini saatnya kita membuat garis putus-putus. Silakan Anda buat canvas baru dan Anda sapukan brush sesuka hati untuk mencoba apakah membuat efek garis putus-putus ini berhasil atau tidak. Sebagai contoh saya membuat efek garis putus-putus seperti berikut :

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (9)

Tidak hanya itu saja, kita bisa membuat garis putus-putus yang efeknya menjadi lingkaran, segi empat, segi tiga, lurus, dan sebagainya. Untuk membuat garis putus-putus yang lurus caranya ketika menyapukan brush Anda tekan Shift pada keyboard.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (10)

Kita coba lagi membuat garis putus-putus dengan efek lainnya, misal kita ingin membuat garis putus-putus efek segi lima. Namun sebelumnya silakan Anda klik pilih dulu atau aktifkan Path pada Toolbar. Disini saya akan mencoba membuat garis putus-putus dengan Polygon Tool.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (11)

Setelah membuat canvas baru, silakan coba dulu membuat segi lima seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (12)

Sekarang agar garis pada segi lima tersebut berubah menjadi garis putus-putus silakan Anda klik kanan dan pilih Stroke Path.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (13)

Kemudian Anda pilih tipe Brush dan ingat efek brush garis putus-putus hanya akan aktif jika tadi sebelumnya Anda sudah memilih jenis brush seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (14)

Berikut adalah hasil akhirnya. Begitupun untuk efek-efek lainnya, Anda buat dulu objeknya (lingkaran, segi empat, segi tiga, dan lain-lain) kemudian ubah menjadi tipe brush seperti yang sudah dijelaskan.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop (15)

Efek garis putus-putus ini bisa kita terapkan juga dalam pembuatan style css, atau istilahnya efek dashed. Caranya silakan Anda lihat pada artikel Cara Mengubah Tampilan Blockquote.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Garis Putus-Putus Di Photoshop bermain dengan efek Brush. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. maaf, saya mau tanya. say sudah mengikuti langkah-langkah seperti di atas. tapi kenapa punya saya garis yang muncul malah dots ya? cara menggantinya ke dash gimana ya?

  2. arisandisekar

    Gan kalo udah di klik kanan tapi stroke path nya gak bisa diselect atau di klik itu gimana ya caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *