Home / Photoshop / Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop (Retouch Foto)

Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop (Retouch Foto)

Info-Menarik.NET – Tata letak gelap terang adalah hal yang perlu diperhatikan dalam dunia pengeditan. Kenapa begitu? Karena jika gelap terang tidak sesuai dengan arah cahaya yang datang, maka akan kelihatan aneh dan janggal. Maka untuk membuat efek realistis, diperlukan tata letak gelap terang yang benar agar foto menjadi berkualitas.

Baca Juga : Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop

Untuk mengatur kontras pada foto agar efek gelap terangnya masuk akal khusus dalam dunia editing gambar maka untuk menyelesaikannya adalah dengan menggunakan program Adobe Photoshop. Memang Photoshop ini adalah jagonya dalam editing gambar seperti memutihkan wajah, menyamakan warna kulit, dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop (1)

Mengatur gelap dan terang pada foto ini wajib kita lakukan jika kita ingin mengolah foto pada background yang memiliki cahaya. Misalnya cahaya pada background datang dari sebelah kanan, sedangkan pada foto datang dari sebelah kiri, tentunya tidak masuk akal bukan? Jika kita biarkan maka akan kelihatan foto tersebut hasil editing.

Berikut Cara Membuat Efek Gelap Terang Dengan Photoshop

Buka Photoshop kalian, lalu masukan objek yang akan digabungkan. Sebagai contoh disini saya menggunakan objek manusia dan background menara eifel.

Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop (2)

Gabungkan objek ke background, lalu sesuaikanlah warna objeck dengan background agar terlihat masuk. Anda bisa memanfaatkan Tools Level (Ctrl + L), Color Balance (Ctrl + B), Hue Suraton (Ctrl + U), dan lain lain. Usahakan warna objek sesuai dengan background.

Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop (3)

Lihatlah posisi datangnya cahaya, hal ini untuk menentukan tata letak gelap terang pada objek. Sebagai contoh cahaya yang datang dari kanan pada background saya.

Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop (4)

Jadi kita sudah tau bahwa cahaya datang dari kanan, anda bisa menggunakan tool Dodge Tool untuk membuat efek sinaran cahaya.

Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop (5)

Lalu gosok-gosoklah dibagian mana yang menurut anda terkena cahaya, sebagai contoh pada editan saya, yang terkena cahaya adalah dari kanan. Kalau bisa serapi mungkin kalian menggosoknya.

Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop (7)

Sekarang giliran kita menentukan letak gelapnya, jika terang di kanan, maka sebaliknya, gelap di kiri. Anda bisa menggunakan Burn Tool.

Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop (6)

Gosok gosoklah untuk membuat efek gelap pada objek.

Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop (8)

Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu saja artikel singkat tentang Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

Artikel ini karya penulis tamu Wawan Kurniawan seorang blogger pemilik blog Bahasan Unik. Ingin menulis artikel di InfoMenarik? Silakan simak pedomannya disini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *