Home / WordPress / Cara Mudah Membuat Google Custom Search (CSE) Keren Di WordPress

Cara Mudah Membuat Google Custom Search (CSE) Keren Di WordPress

Cara Membuat Google Custom Search Di WordPress – Apakah Anda pernah pergi ke suatu situs dan melihat kolom pencarian Google yang dipasang di situs tersebut? Kemudian mungkin Anda sempat berpikir bagaimana cara membuat kotak pencarian Google tersebut? Tenang, disini saya akan memberikan penjelasan singkat tentang bagaimana untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Dan artikel ini khusus bagi situs/website/blog yang menggunakan CMS WordPress saja, dan tentunya hanya untuk WordPress hosting sendiri.

Baca Juga : Mengatasi Error 522 Conection Time Out CloudFlare (WordPress Shared Hosting)

Membuat kolom pencarian Google di blog istilah lainnya adalah Google Custom Search atau lebih dikenal lagi dengan sebutan CSE. Dan memang untuk menampilkan kotak pencarian di WordPress kita tidak perlu menggunakan pihak ketiga lagi. Alasannya WordPress sendiri sudah menyediakan fiturnya. Masalah desain penampilan kotak pencarian WordPress tergantung pada template yang digunakannya.

Cara Mudah Membuat Google Custom Search (CSE) Keren Di WordPress 0

Selain dapat memanfaatkan fitur default WordPress, dan juga membuat kotak pencarian di WordPress bisa menggunakan plugin. Namun sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan plugin dalam membuat kotak pencarian di WordPress. Banyaknya menggunakan plugin maka akan menambah beban server blog sehingga blog akan lambat ketika diakses.

Baca Juga :  3 Hal Penting Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress Di GTMetrix

Kemudian selain dua cara diatas untuk menampikan kotak pencarian di WordPress, dan juga kita bisa memasang kotak pencarian WordPress dengan Google Custom Search (CSE). Menggunakan Google Custom Search selain penampilan blog akan menjadi lebih menarik kemudian kestabilan kinerja kecepatan blog akan terjaga.

Berikut Cara Membuat Google Custom Search Khusus Untuk Blog WordPress

Tidak sulit membuat Google Custom Search di WordPress. Caranya silakan Anda menuju ke halaman Google Custom Search untuk mendaftar disana. Jika sebelumnya Anda sudah mempunyai akun Google, maka gunakanlah akun Google untuk daftar di Google Custom Search.

Cara Mudah Membuat Google Custom Search (CSE) Keren Di WordPress 1

Setelah Anda memilih Buat mesin telusur khusus maka Anda akan dihadapkan pada halaman untuk membuat mesin telusur Google baru. Tidak banyak langkah yang harus kita lakukan disini. Pada halaman ini Anda cukup mengisikan alamat blog yang akan Anda pasang Google Custom Search (CSE). Kemudian Anda pilih Bahasa Indonesia terakhir klik Buat (Create).

Cara Mudah Membuat Google Custom Search (CSE) Keren Di WordPress 2

Selamat! Pembuatan kotak pencarian Google telah selesai. Disini kita bisa langsung klik pilih Dapatkan kode yang selanjutnya kode tersebut kita pasang di blog. Namun disini saya akan mengarahkan dulu ke halaman untuk merubah tampilan Google Custom Search. Maka disini saya memilih Panel Kontrol.

Cara Mudah Membuat Google Custom Search (CSE) Keren Di WordPress 3

Mungkin saja kita tidak suka dengan tampilan default dari Google Custom Search atau mungkin kita ingin melihat-lihat dulu tampilan lainnya. Silakan Anda klik pilih Tampilan dan nuansa dan tab Tema. Anda coba satu persatu tema yang sudah disediakan disana dan Anda bisa meilihat tampilan preview di sebelah kanan.

Cara Mudah Membuat Google Custom Search (CSE) Keren Di WordPress 4

Jika tema yang tersedia tidak satupun yang cocok dengan selera Anda maka Anda bisa mencoba klik tab Sesuaikan. Disini kita bisa bebas bereksplorasi dari mulai menentukan jenis huruf (Fonts), warna batas, warna latar (background), dan sebagainya. Tentunya pada tab ini kita bisa menyesuaikan warna kotak pencarian Google dengan warna themes/template WordPress yang kita gunakan.

Cara Mudah Membuat Google Custom Search (CSE) Keren Di WordPress 5

Jika semua pengaturan sudah selesai maka langkah selanjutnya Anda klik Simpan & Dapatkan Kode. Anda copy kode yang tampil disana lalu Anda login di dashboard WordPress untuk menuju ke menu Appearance > Editor. Kemudian paste kode di dalam searchform.php template yang Anda gunakan. Jika didalam searchform.php ada kodenya, Anda hapus semua dan gantikan dengan kode yang didapat dari Google Custom Search tadi.

Langkah selanjutnya adalah Anda pergi ke menu Appearance > Widgets dan cari Widget Search kemudian Anda drag and drop ke deratan sidebar yang akan Anda tampilkan.

Bagaimana mudah bukan? Sekarang blog WordPress Anda sudah menggunakan Google Custom Search sebagai kotak pencarinya. Mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Google Custom Search di WordPress. Semoga artikelnya ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Saya sudah mencoba cara bapak share di artikel ini dengan teratur. Tapi kenapa ya pak, sampai sekarang belum bisa juga. Apa ada salah bagian mananya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *