Home / Microsoft Office / Cara Membuat Halaman Landscape Portrait Sekaligus Dalam Satu File Office Word

Cara Membuat Halaman Landscape Portrait Sekaligus Dalam Satu File Office Word

Cara Membuat Halaman Landscape Portrait Di Word – Bagi Anda yang sudah terbiasa mengoperasikan Microsoft Office Word tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Landscape dan Portrait. Landscape adalah posisi kertas berbaring atau pengaturan kertas secara mendatar (horizontal). Sedangkan Portrait adalah pengaturan kertas secara tegak (vertikal) atau berdiri. Bukan hanya program Office Word saja yang mempunyai pengaturan posisi kertas (orientasi) Landscape dan Portrait, hampir semua program komputer mempunyai pengaturan posisi kertas ini. Karena kedua pengaturan kertas ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pencetakan (print).

Baca Juga : Cara Membuat Tabel Di Microsoft Office Word 2007, 2010, 2013 Lengkap Gambar

Untuk menentukan posisi (orientasi) kertas Landscape dan Portrait secara terpisah di Microsoft Office Word saya yakin sudah banyak orang yang mengetahuinya. Namun bagaimana kalau posisi kertas Landscape dan Portrait kita satukan dalam satu file sekaligus, apakah bisa? Karena ketika kita membuat dokumen di Office Word kemudian kita atur halamannya menjadi Landscape maka secara otomatis seluruh halaman dalam satu file akan Landscape juga. Begitu juga sebaliknya, jika posisi kertas kita atur Portrait maka seluruh halaman akan Portrait.

Cara Membuat Halaman Landscape Portrait Di Word (0)

Sebetulnya bisa saja kita membuat dua file secara terpisah, satu posisi kertasnya Landscape dan yang satunya lagi adalah Portrait. Menurut saya itu bukan cara yang efektif kalau memang kita bisa membuat halaman Landscape Portrait sekaligus dalam satu file.

Berikut Cara Membuat Halaman Landscape Portrait Dalam Satu File Di Office Word

Biasanya halaman dokumen yang harus dibuat Landscape adalah format tabel yang datanya memanjang secara mendatar (horizontal). Jika kita tidak tahu cara membuat Landscape dan Portrait dapat disatukan dalam satu file, maka tentunya kita akan membuat file dokumen berbeda untuk memisahkan antara pengaturan kertas Landscape dan Portrait.

Mulai sekarang Anda harus membuang jauh-jauh kebiasaan tersebut, karena disini saya akan memberikan triknya untuk membuat pengaturan kertas Landscape dan Portrait dalam satu file.

Untuk membuat pengaturan kertas (orientasi) Landscape dan Portrait di Office Word adalah dari menu Page Layout > Page Setup.

Cara Membuat Halaman Landscape Portrait Di Word (1)

Yang biasa kita lakukan untuk mengatur posisi kertas menjadi berdiri tegak (vertical) maka pada Orientation kita memilih Portrait. Kemudian jika kita menginginkan posisi kertas berbaring mendatar (horizontal) maka yang dipilih adalah Landscape.

Cara Membuat Halaman Landscape Portrait Di Word (2)

Untuk membuat dua pengaturan posisi kertas dalam satu file sekaligus caranya adalah, sebagai contoh silakan Anda buat dua halaman di Office Word. Misal disini saya akan memposisikan halaman kedua menjadi Landscape, maka kursor saya letakkan di halaman dua.

Cara Membuat Halaman Landscape Portrait Di Word (3)

Kemudian pada kotak dialog Page Setup setelah memilih Orientation Landscape Anda perhatikan pada pilihan Apply to (dibawah). Disana terdapat dua pilihan, yaitu Whole document dan This point forward. Jika Anda memilih Whole document maka efek Orientation (Portrait atau Landscape) akan berpengaruh pada semua halaman. Namun jika Anda memilih This point forward maka hanya halaman yang kita tempatkan kursor saja yang terpengaruh oleh efek Orientation.

Dalam hal ini saya akan mengubah posisi halaman dua menjadi Landscape, maka setelah tadi saya menempatkan kursor di halaman dua kemudian saya pilih Landscape kemudian This point forward pada Apply to.

Cara Membuat Halaman Landscape Portrait Di Word (4)

Dengan begitu maka halaman dua akan berubah otomatis posisinya menjadi Landscape. Halaman-halaman selanjutnya setelah halaman dua posisi kertasnya akan mengikuti halaman dua saja yaitu Landscape.

Cara Membuat Halaman Landscape Portrait Di Word (5)

Jika Anda ingin mengubah posisi kertas Landscape setelah halaman dua menjadi Portrait, maka tinggal mengulangi langkah-langkah tadi. Yang terpenting adalah posisi kursor harus berada di halaman yang akan ubah posisi kertasnya.

Ternyata mudah bukan membuat dua pengaturan posisi kertas dalam satu file ini? Ok silakan selamat mencoba dan mungkin artikel Cara Membuat Halaman Landscape Portrait Dalam Satu File Di Word ini dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk siapa saja yang membutuhkan. Salam sukses dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *