Home / WordPress / Cara Membuat Halaman Penulis Tamu Blog Di WordPress

Cara Membuat Halaman Penulis Tamu Blog Di WordPress

Cara Membuat Halaman Penulis Tamu – Banyak WordPresser dan blogger mempersilakan pengunjung untuk menulis artikel di blognya (penulis tamu). Dengan dibuatnya halaman khusus untuk penulis tamu, maka admin blog akan terbantu dalam mengatur jadwal posting artikel. Sedangkan keuntungan bagi penulis tamu jika mempunyai blog, maka si-penulis akan mendapatkan sebuah backlink. Tentunya hal ini akan saling menguntungkan antara admin blog dan penulis tamu.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Pemberitahuan Cookie Di Blog WordPress

Backlink yang didapat dari blog yang telah kita sumbang tulisan artikel, biasanya bersifat dofollow. Bukankah hal ini sebuah keuntungan bagus bagi kita? Semakin rajin dan sering kita menulis artikel di blog lain, maka akan semakin banyak juga backlink dofollow yang kita peroleh.

Disini saya tidak akan membahas panjang lebar keuntungan menjadi penulis tamu di blog lain. Namun yang akan saya bahas disini adalah bagaimana cara menjadikan blog yang dikelola bisa menerima penulis tamu (guest post) terutama blog CMS WordPress.

Bukan hal yang sulit menjadikan blog kita untuk menerima blogger lain menjadi penulis tamu. Kita tinggal mengundang atau memberitahu blogger lain bahwa blog kita mempersilakan mereka memposting artikel di blog kita. Caranya bisa dengan membuat artikel pemberitahuan atau dengan cara promosi melalui kegiatan blogwalking.

Selanjutnya untuk memudahkan mereka ketika ingin membuat artikel di blog kita, sebaiknya kita menyediakan halaman khusus guest blogger atau guest post. Di halaman tersebut bisa kita isi dengan beberapa aturan-aturan tertentu tentang tata cara menjadi penulis tamu di blog kita. Dan alangkah baiknya, kita juga menyediakan tempat menulis langsung di halaman penulis tamu tersebut.

Sangat beruntung bagi kita yang mempunyai blog WordPress. Karena seperti yang kita tahu WordPress bisa kita pasang plugin untuk memenuhi segala kebutuhan yang hubungannya dengan keperluan ngeblog. Begitupun dengan kebutuhan halaman guest post, demi memudahkan penulis tamu maka kita bisa menambahkan plugin yang fungsinya penulis tamu bisa menulis sendiri artikel dan menerbitkannya langsung.

Dengan memanfa’atkan plugin khusus untuk guest post, maka setiap penulis tamu tidak akan repot ketika ingin mengirimkan artikel melalui email atau yang lainnya. Mereka cukup menulis langsung artikel di halaman khusus yang kita buat layaknya kita posting artikel di forum-forum.

Plugin WordPress Untuk Membuat Halaman Penulis Tamu

Banyak plugin WordPress yang bisa kita gunakan untuk keperluan guest post. Namun saya sangat menyukai salah satu plugin guest post ini, yaitu plugin User Submitted Posts. Plugin ini selain gratis, tidak sulit juga cara menggunakannya. Plugin User Submitted Posts telah banyak digunakan oleh WordPresser terkenal.

Ukuran plugin yang kecil sekitar 181 KB sehingga tidak akan menghabiskan ruang hosting. Jika Anda tertarik ingin mencobanya, silakan download terlebih dahulu Plugin User Submitted Posts.

Jika selesai download, seperti biasa kita upload plugin di menu Plugin > Add New > Upload Plugin. Kemudian kita installkan plugin User Submitted Posts tersebut melalui dashboard WordPress.

Cara menggunakan plugin User Submitted Posts tidaklah sulit karena tidak banyak yang harus setting. Anda bisa menuju menu Settings > User Submitted Posts.

Plugin ini hanya memiliki tiga pengaturan saja, yaitu menu Options, Shortcode Template Tag, dan Restore Default Options. Di menu Options ini kita akan menemukan submenu Show/Hide Form Fields yang berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan form-form tertentu.

Yang perlu kita perhatikan pada menu Options ini adalah, kita sebaiknya mencentang semua kategori yang ada didalam submenu General Form Options. Nanti penulis tamu akan mudah dalam memilih kategori artikel yang mereka tulis sesuai dengan kategori yang kita sediakan.

Kita juga harus menentukan sistem moderasi artikel sebelum diterbitkan. Hal ini untuk mencegah kejadian yang tidak kita inginkan jika artikel yang ditulis guest post tidak sesuai dengan tema blog kita. Untuk membuat sistem moderasi artikel, kita pilih Always moderate masih dalam submenu General Form Options. Dengan begitu kita bebas memeriksa artikel apakah sesuai atau tidaknya dengan tema blog kita. Jika sesuai maka kita setujui kemudian diterbitkan, namun jika sebaliknya kita bisa menghapusnya.

Disubmenu General Form Options jika ingin tampilan posting artikel sama persis dengan tampilan editing post WordPress, kita meski centang pada Enable Rich Text Editor. Untuk pengaturan lainnya, silakan Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.

Masih di menu Options, kita bisa membuat form captcha untuk mencegah sistem mesin robot yang menulis artikel. Aktifkan sistem captcha di submenu Challenge Question (Captcha). Dan juga kita bisa menentukan ukuran maksimal gambar yang diupload penulis tamu pada submenu Image Uploads.

Setelah semua pengaturan yang ada di menu Options selesai kita sesuaikan dengan kebutuhan, selanjutnya kita harus membuat halaman khusus. Seperti biasa untuk membuat halaman baru di WordPress yaitu dari menu Pages > Add New melalui Dashboard. Untuk menampilkan Text Editor plugin User Submitted Posts di halaman yang baru saja kita buat adalah, sisipkan Shortcode yang diberi blok kuning didalamnya. Namun jika ingin menyisipkan kode PHP, Anda tinggal menyisipkan kode Template tag.

Maka hasil akhirnya akan tampil seperti contoh gambar di bawah ini :

Cara-Membuat-Halaman-Penulis-Tamu-Di-Wordpress-2

Kita juga bisa menambahkan kalimat-kalimat lain di dalam halaman penulis tamu ini, misal syarat dan ketentuan menjadi penulis tamu atau yang lainnya. Sekarang Anda sudah mempunyai halaman baru keren yang khusus Anda sediakan untuk penulis tamu.

Mungkin artikel Cara Membuat Halaman Penulis Tamu Di Blog WordPress menggunakan plugin User Submitted Posts ini dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfa’atnya dan rencananya blog ini juga kedepannya akan dibuat halaman khusus untuk guest post atau guest blogger.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

7 comments

  1. kalau blog nya masih sepi kayaknya ngak mungkin ada orang yang mau nulis, saya rasa dengan membuat halaman penulis tamu juga sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak yaitu blog yang kita berikan artikel dan pasti maksud dari seorang penulis tamu ingin mendapatkan backlink jadi bisa menempatkan link artikel tersebut asalkan bukan artikel copas.

    setelah saya ambil kesimpulan ternyata sama-sama untung mungkin pendapat ini juga sama dengan anda. :D

    • Ya mas. Blog sepi pengunjung sebaiknya jangan dulu membuka ruang untuk menerima penulis tamu. Hal ini sedang saya pikirkan juga karena saya berniat ingin membuka guest post namun pengunjung blog ini masih sepi.

  2. Okallen Amba Toding

    mau nanya nich gan!!!!
    klo halaman penulis tamu Di hip wee, Gimna dibkinnya ya!!
    soalx sya penasaran banget soalx!!!
    makasih gan sbelumnya

    • Silakan pertanyaannya diperjelas lagi gan, maksudnya ingin membuat halaman penulis tamu seperti website atau blog mana? Terima kasih sudah mampir.

      • mngkin buku tamu yang kayak di web hipwee mas, aku juga peasaran. coba buka mas terus login liat dashboardnya keren mas.
        fast respon ya mas. makasih..

  3. cukup bagus infonya, tapi untuk platform blogspot, bisa tidak pakai submit post itu. Jangan-jangan tidak bisa sobat

  4. Ternyata artikel ini yang saya cari, lama baru ketemu kata kunci yang pas, makasih. Ternyata teks editor penulis tamu baru dapat plugin yang saya butuhkan. Terima kasih atas informasinya, salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *