Home / Microsoft Office / Cara Membuat Highlight Di Office Excel Untuk Membedakan Warna Cell Tertentu

Cara Membuat Highlight Di Office Excel Untuk Membedakan Warna Cell Tertentu

Cara Membuat Highlight Di Office Excel – Untuk masalah membuat dan melakukan perubahan pada data kita serahkan saja sepenuhnya kepada Office Excel. Kelengkapan fitur yang dimiliki oleh Office Excel memang tidak bisa diragukan lagi. Maka daripada itu tidak heran kalau Office Excel ini paling banyak digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia sebagai program utama dalam pengolahan data. Cukup satu program inilah maka semua data-data kita yang perlu diolah lagi akan terselesaikan dengan menggunakan Office Excel. Apakah Anda juga suka menggunakan Office Excel ketika dihadapkan harus mengolah data?

Baca Juga : Cara Lengkap Menyembunyikan Sheet Tertentu dan Semua Sheet Di Office Excel

Excel masih satu keluarga dengan Program Office (dulu Microsoft Office). Dengan begitu Office Excel masih satu produk dengan Office Word, Office Power Point, dan Office-Office lainnya. Masing-masing Office ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam bidang dan kebutuhan tertentu. Office Excel sangat berguna untuk pengolahan data, Office Word untuk pengolahan kata, dan Office Power Point untuk pengolahan presentasi.

Semua program yang dibuat oleh perusahaan Office hasilnya memang sangat menakjubkan. Program-program dibuat dengan fitur yang lengkap dan tentunya sangat mudah digunakan. Salah satu contohnya adalah untuk Office Excel ketika kita gunakan sesuai dengan fungsinya yaitu pengolahan data. Dari banyaknya fitur di Office Excel diantaranya terdapat fitur yang dinamakan Conditional Formatting.

Cara Membuat Highlight Di Office Excel (0)

Apa itu Conditional Formatting yang terdapat pada fitur Office Excel? Conditional Formatting adalah fitur Office Excel yang dapat digunakan untuk menganalisa data. Dengan Conditional Formatting setiap kesalahan yang sebelumnya telah kita tentukan maka akan ditampilkan dengan memberikan warna. Tentunya dengan begini maka kecil kemungkinan akan terjadi kesalahan data karena data kita telah diberi Highlight tertentu. Begitu kita melakukan kesalahan sedikitpun maka Conditional Formatting akan memberikan sinyal berupa huruf dan latar belakang (background) warna.

Kemudahan dan kelengkapan Conditional Formatting dibuktikan bahwa tidak hanya satu fasilitas saja yang dapat kita nikmati, namun Conditional Formatting memiliki lima jenis, yaitu : Highlight Cell Rules, Top/Bottom Rules, Data Bars, Color Scales dan Icon Sets.

Saya tidak akan membahas terlalu panjang dari fungsi masing-masing fitur Conditional Formatting ini. Insya Allah pada artikel khusus kedepannya akan saya sampai tuntas.

Kesimpulannya dengan menggunakan Conditional Formatting maka kita bisa menerapkan format tertentu pada cell yang sedang kita kerjakan di Office Excel. Format ini meliputi dari nilai cell yang lebih besar, lebih kecil, sama dengan dari nilai range tertentu. Kita juga mampu mencari cell yang mengandung tulisan teks dan lagi kita dapat dengan bebas membuat dan menentukan warna border, warna dan jenis font, warna latar belakang sesuai dengan selera.

Berikut Cara Membuat Highlight Di Office Excel Untuk Menghindari Kesalahan Ketika Mengolah Data

Lebih jelasnya lagi agar kita semua bisa mengerti lebih cepat tentang penggunaan Conditional Formatting, sekarang mari kita bahas saja langsung. Silakan Anda buka program Office Excel yang sudah terpasang di komputer atau laptop. Contoh dalam tutorial ini saya mempunyai data sederhana seperti berikut :

Cara Membuat Highlight Di Office Excel (1)

Pasti Anda sudah bisa menebak apa tugas kita untuk melengkapi data tersebut? Ya, benar! Kita disini akan mengisi kolom Nilai Mata Pelajaran yang terdiri dari tiga Mata Pelajaran. Jika nilai yang kita input jumlahnya sedikit tentunya bukan perkara yang sulit ketika mengerjakannya. Tapi lain lagi jika pengolahan data nilai ini jumlahnya sangat banyak maka pasti lama-lama akan pusing juga.

Nah untuk menghindari kesalahan ketika input data nilai, sebaiknya kita buat highlight saja. Karena dengan diberi highlight setiap kesalahan yang muncul akan ditampilkan dengan warna. Membuat hightlight di Office Excel bisa dengan menggunakan fitur Conditional Formatting.

Fitur Highlight atau lebih tepatnya lagi adalah Highlight Cells Rules merupakan fitur pertama Conditional Formatting. Kemudian Highlight Cells Rules ini dibagi lagi kedalam tujuh kondisi, yaitu :

  1. Greater Than = Dapat kita gunakan untuk menganalisa data pada cell tertentu berdasarkan nilai lebih besar dari yang sudah kita tentukan. Misal kita mematok nilai 60, maka setiap ditemukan nilai lebih besar dari 60 tulisan atau latar belakangnya akan berwarna.
  2. Less Than = Fasilitas ini adalah kebalikan dari Greater Than yaitu memungkinkan kita untuk menganalisa data pada cell tertentu berdasarkan nilai lebih kecil dari yang sudah kita tentukan. Misal kita mematok nilai 60, maka setiap ditemukan nilai lebih kecil dari 60 tulisan atau latar belakangnya akan berwarna.
  3. Between = Dengan fasilitas Between maka kita bisa menentukan highlight pada kriteria antara. Contohnya kita telah menentukan nilai pada Between angka 4 dan 8, maka setiap pengetikan angka 4 sampai dengan angka 8 (5, 6, dan 7) akan diberi warna pada angka dan juga latar belakangnya. Diluar nilai tersebut (4 sampai dengan 8) tidak akan ada efek apapun baik dalam tulisan dan juga latar belakang.
  4. Equal To = Di Equal To kita bisa memberikan highlight pada nilai yang sama dengan nilai yang telah kita tentukan. Misalnya kita telah menentukan angka 20 pada kolom Equal To, maka nantinya setiap angka 20 akan diberi highlight.
  5. Text that Contains = Disini kita bisa memberikan highlight pada setiap cell yang telah kita tentukan kontennya. Misal kita telah menentukan konten “warna”, maka setiap pengetikan kata “warna” akan berubah huruf dan latar belakangnya (highlight).
  6. A Date Occurring = Dengan fitur A Date Occurring maka kita bisa menentukan highlight berdasarkan tanggal. Setiap tanggal yang sudah kita setting maka akan memberikan highlight. Anda bisa memilih setting tanggal berdasarkan format Yesterday, Today, Tomorrow, In the last 7 days, dan sebagainya.
  7. Duplicate Values = Pada fasilitas Duplicate Values Office Excel memberikan dua pilihan kondisi, yaitu Duplicate dan Unique. Setiap nanti ditemukan tulisan ganda atau duplikat dan unik maka secara otomatis akan diberi highlight.

Pada contoh kasus seperti yang sudah saya tampilkan gambarnya diatas yaitu kita akan mengisikan nilai tiga Mata Pelajaran dari masing-masing Nama Siswa. Untuk menghindari kesalahan pada pengisian nilai maka kita sebaiknya membuat highlight berdasarkan nilai standarnya. Dan untuk memenuhi kebutuhan ini sepertinya kita bisa menggunakan fasilitas Greater Than dan Less Than. Namun saya akan memilih fitur Less Than saja atau saya akan menentukan nilai dan nanti setiap yang diinput lebih kecil dari yang sudah ditentukan maka akan muncul highlight.

Kita blok semua Cell yang nantinya akan diberi highlight, contoh diatas saya blok Cell dari CDE3 sampai dengan CDE12. Kemudian kita klik pilih Conditional Formatting yang ada di menu Home Office Excel lalu Less Than.

Cara Membuat Highlight Di Office Excel (2)

Sebagai contoh saya mengetikkan nilai 60 pada Format cells that are LESS THAN. Artinya nanti setiap nilai dibawah 60 akan diberi highlight. Setelah itu kita bisa memilih warna untuk highlight teks dan latar belakang. Ada 3 warna yang disediakan yaitu Red, Yellow, dan Green. Jika Anda ingin menggunakan warna lain bisa memilih Custom. Saya disini memilih Green Fill with Dark Green Text.

Cara Membuat Highlight Di Office Excel (3)

Ok kita coba sekarang apakah pembuatan highlight ini sukses atau tidak. Anda bisa lihat pada contoh gambar dibawah ini! Setiap saya mengetikkan nilai dibawah 60 maka akan berubah warna tulisan dan juga latar belakangnya. Namun sebaliknya jika nilai tersebut diatas 60 tidak akan terjadi perubahan warna apapun baik pada tulisan dan juga latar belakang.

Cara Membuat Highlight Di Office Excel (4)

Silakan Anda coba lagi fasilitas-fasilitas lain dari Highlight Cells Rules sampai puas. Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu saja tulisan tentang Cara Membuat Highlight Di Office Excel Dengan Conditional Formatting. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapa saja yang membutuhkan. Sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *