Home / Microsoft Office / Belajar Membuat Kalender Otomatis Sendiri Di Office Excel Siap Cetak Tanpa VBA

Belajar Membuat Kalender Otomatis Sendiri Di Office Excel Siap Cetak Tanpa VBA

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel – Bagi Anda yang penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat kalender otomatis di Office Excel maka Anda tidak salah lagi membaca artikel ini. Karena pada kesempatan baik ini saya akan berbagi cara untuk memenuhi keperluan tersebut. Membuat kalender di Office Excel gampang-gampang sulit. Itu semua tergantung dari pemahaman kita masing-masing terhadap cara mengoperasikan program Microsoft Office Excel. Namun asal Anda tahu dalam membuat kalender disini saya tidak menggunakan kode Visual Basic (VBA) seperti pada umumnya. Disini kita cukup mengandalkan rumus-rumus atau fungsi/formula Office Excel saja.

Baca Juga : Cara Mencegah Untuk Menghindari Duplikat Data Ketika Entry Data Di Office Excel

Kenapa sih kalender harus dibuat sendiri? Mencari kalender saat ini banyak tersedia dipasaran sehingga memudahkan kita ketika ingin membelinya. Kalender dapat kita temukan dan ketahui pada handphone atau smartphone, kemudian kalender juga dapat kita lihat di desktop komputer/laptop. Kalau begitu kenapa kita harus repot membuatnya sendiri secara manual kalau ada yang lebih praktis?

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (1)

Walaupun untuk menemukan kalender baik itu versi cetak ataupun versi digital sangat mudah ditemukan tapi tidak ada salahnya kita mencoba praktek sendiri membuat kalender. Banyak program komputer yang dapat kita gunakan untuk membuat kalender, diantaranya adalah Adobe Photoshop, CorelDRAW, Microsoft Office Publisher, Microsoft Office Excel, dan sebagainya. Diantara banyak program komputer yang bisa digunakan untuk membuat kalender, hanya dengan Office Excel sajalah kita bisa membuat kalender sendiri secara otomatis.

Berikut Cara Membuat Kalender Otomatis Menggunakan Office Excel 2007

Ok kita mulai saja sekarang tutorialnya, silakan Anda buka program Office Excel yang sudah terpasang di komputer atau laptop Anda. Disini saya menggunakan Microsoft Office Excel 2007. Untuk Office Excel versi lainnya silakan menyesuaikan saja dan pada intinya pasti masih sama.

Pertama ketik angka 1 pada cell A1. Angka 1 ini adalah nomor urut bulan masehi atau bulan ke-1. Artinya pertama kita akan membuat kalender bulan Januari terlebih dahulu. Kemudian pada cell G1 silakan Anda ketik tahun kalender yang ingin dibuat, misal 2016. Setelah itu ketik nama hari mulai dari hari Minggu sampai dengan hari Sabtu pada cell A2 sampai dengan cell G2. Disini Anda boleh merapikan dulu cell-cell yang baru saja dibuat, misal dibuat rata tengah (center), dan sebagainya. Dari cell B1 sampai dengan cell F1 nantinya akan dibuat nama bulan, sebaiknya sekarang kita Merge & Center (Merge Cell) dulu.

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (2)

Seperti yang sudah saya singgung diatas kalau dari cell B1 sampai dengan cell F1 akan ditulis nama bulan, maka disini sekarang kita tentukan nama bulannya. Untuk mengisi bulan kita isi dengan menggunakan rumus atau formula DATE, tepatnya adalah sebagai berikut :

=DATE(year;month;day)

Kita isi “year” (tahun) berdasarkan data yang diisi pada cell G1 dan “month” (bulan) berdasarkan data yang ditulis di cell A1 dan untuk “day” (hari) kita isi 1 saja. Dengan begitu rumusnya kira-kira jadinya akan menjadi seperti ini : =DATE(G1;A1;1).

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (3)

Setelah di Enter maka akan tampil tanggal dengan format 01/01/2016, namun bukan format tanggal seperti itu yang kita inginkan. Kita ubah format tanggal menjadi yang menampilkan hanya nama bulan dan tahun saja dan itupun format tanggal dalam bahasa Indonesia, misal Januari 2016.

Caranya klik kanan pada cell B1 – F1 klik pilih Format Cells > Custom dan pastekan kode ini pada kolom Type : [$-21]mmmm yyyy. Sekedar pengetahuan saja kode [$-21] adalah untuk menampilkan format tanggal bahasa Indonesia, mmmm menampilkan bulan dan yyyy menampilkan tahun.

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (4)

Sebelum dilanjut coba Anda tes dulu dengan mengetikkan angka sembarang dari angka 1 sampai dengan 12 pada cell A1, misal angka 2 apakah nanti otomatis pada cell B1 akan berubah menjadi bulan Februari atau tidak? Jika sudah berubah berarti pembuatan nama bulan sudah selesai.

Ok langkah selanjutnya adalah membuat tanggal yang merupakan inti dari permasalahan membuat kalender di Office Excel ini. Tanggal di kalender biasanya akan tampil dibawah nama-nama hari. Kita sebelumnya sudah membuat nama-nama hari dari cell A2 sampai dengan cell G2. Dalam mengisi tanggal-pun kita buat dengan rumus atau formula. Karena intinya kita membuat kalender di Office Excel ini adalah kalender otomatis.

Silakan Anda isikan formula berikut : =B1-WEEKDAY(B1)+1 pada cell A3 atau dibawah nama hari Minggu. Setelah di Enter maka yang tampil adalah format tanggal tadi, yaitu yang menampilkan nama bulan dan tahun. Sedangkan yang kita butuhkan disini adalah hanya format tanggalnya saja atau format angka.

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (5)

Solusinya silakan Anda ubah lagi Format Cells pada kolom A3 dengan memilih Custom dan isikan kode dd pada kolom Type.

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (6)

Nah sekarang sudah berubah, sebagai contoh kalender pada bulan Januari 2016 diawali tanggal 27. Itu adalah tanggal 27 Desember tahun 2015 lalu. Rumus induk untuk menampilkan tanggal sudah kita selesaikan dengan sempurna. Sedangkan untuk menampilkan tanggal-tanggal pada hari selanjutnya tinggal menggunakan formula tambah (+) saja. Gunakan metode formula tambah (+) satu dari setiap cell secara berurutan dan terus menerus. Cell B3 kita isi dengan formula =A3+1 kemudian cell C3 diisi dengan =A3+2, cell D3 =A3+3, cell E3 =A3+4, cell F3 =A3+5, cell G3 =A3+6, cell A4 =A3+7, dan seterusnya.

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (7)

Untuk merapikan baris (row) dan kolom (column) silakan gunakan yang otomatis saja yaitu dari menu Home > Format dan pilih apakah kolom atau baris yang akan dirapikan terlebih dahulu.

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (8)

Ini adalah hasil akhir kalender yang baru saja kita buat. Pembuatan formula tambah (+) dari cell A3 selesainya adalah sampai =A3+41. Disini Anda bisa tes kembali apakah kalender sudah otomatis atau belum? Coba ketik angka sembarang lagi pada cell A1, misal angka 3 berarti otomatis akan menampikan data kalender bulan Maret 2016.

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (9)

Agar kalender yang kita buat di Office Excel ini sedikit menarik kelihatannya, kita bisa memberikan garis tabel didalamnya. Atau mungkin kita beri warna pada latar belakangnya, warna merah pada setiap tanggal atau hari Minggu, dan sebagainya.

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (10)

Kita lihat lagi kalender yang baru saja kita buat, menurut Anda apakah ada yang janggal pada tanggal-tanggalnya? Ya benar, diatas kita masih bisa melihat dengan jelas setiap tanggal kelebihan baik itu kelebihan diawal bulan dan akhir bulan. Contoh diatas kelebihan tanggal diawal bulan adalah dari tanggal 27 dampai dengan tanggal 31 kemudian kelebihan diakhir bulan adalah dari tanggal 01 sampai dengan tanggal 06. Sekarang mari kita samarkan saja warna hurufnya atau kita bedakan jangan sampai sama dengan warna huruf tanggal kalender utama.

Kita buat yang otomatis saja caranya silakan Anda blok cell A3 sampai dengan cell G8 kemudian dari menu Home klik pilih Conditional Formating > New Rule.

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (11)

Kemudian klik pilih Use a formula to determine which cells to format dan isikan kode berikut pada kolom Format values where this formula is true.

=Month(A3)<>$A$1

Selanjutnya klik Format untuk mengubah warna huruf setiap tanggal kelebihan secara otomatis. Disini saya memilih warna White, Background 1, Darker 25%.

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (12)

Nah sekarang secara otomatis setiap tanggal kelebihan akan berubah warnanya sesuai dengan warna yang kita tentukan tadi. Sampai langkah ini membuat kalender otomatis di Office Excel sudah kita selesaikan dengan sempurna. Untuk modifikasinya saya serahkan sama kreatifitas Anda masing-masing.

Jika Anda ingin membuat bulan yang lain caranya sangat mudah, Anda tinggal copy paste saja kalender bulan yang sudah jadi. Kemudian diubah cell yang menunjukkan angka bulan maka secara otomatis seluruh data kalender akan berubah mengikuti data bulan yang kita setting.

Mungkin permasalahannya ketika kita melakukan copy paste data kalender untuk menambah bulan adalah ketika cell yang menujukkan angka bulan kita ubah maka warna kelebihan tanggal akan kacau. Solusinya kita bersihkan dulu efek Rulesnya dari Conditional Formatting lalu buat lagi dan kode disesuaikan dengan lokasi cell pertama tanggal dan cell pengubah angka bulan. Misal formula untuk Rules bulan Ferbruari adalah =Month(I3)<>$I$1.

Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel (13)

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel Tanpa VBA. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapapun yang membutuhkan. Sampai bertemu lagi diartikel keren lainnya dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *