Home / Microsoft Office / Cara Membuat Kartu Nama Hanya Dengan Menggunakan Microsoft Office Word

Cara Membuat Kartu Nama Hanya Dengan Menggunakan Microsoft Office Word

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word – Kita semua tentunya tidak akan mengira sedikitpun termasuk saya kalau Microsoft Office Word bisa untuk membuat kartu nama. Bahkan menurut saya kartu nama yang dibuat menggunakan Office Word hasilnya tidak kalah keren dengan hasil olahan program khusus desain grafis seperti Photoshop atau CorelDRAW. Program sehari-hari yang sering kita andalkan untuk membuat dokumen seperti membuat surat, membuat laporan administrasi sekolah, dan sebagainya ternyata jika dipaksakan bisa juga kita gunakan untuk membuat kartu nama. Tidak percaya? Silakan baca artikel ini sampai selesai.

Baca Juga : Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik Menggunakan Office Publisher

Walaupun kartu nama hasil olahan Office Word bisa dikatakan keren namun tetap saja jika kita teliti lebih detil lagi maka tidak akan sebagus buatan Photoshop atau CorelDRAW. Ya namanya juga pembuatan bukan dilakukan oleh program khusus pasti hasilnya tidak akan maksimal. Namun jika kita benar-benar dibutuhkan untuk membuat kartu nama dan tidak ada waktu lagi sedangkan komputer tidak ada program Photoshop atau CorelDRAW, maka solusi terbaiknya gunakan ptogram Microsoft Office Word.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (1)

Berikut adalah contoh kartu nama sederhana yang dibuat sepenuhnya menggunakan program Microsoft Office Word :

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (2)

Kelemahan membuat kartu nama dengan Office Word adalah selain fitur terbatas dan juga kita tidak bisa menyimpan kartu nama dalam file format JPG, JPEG, dan PNG. Dengan begitu jika kita ingin mencetak kartu nama yang dibuat di Office Word adalah hanya dengan mencetak file format dokumen (.doc) saja.

Berikut Cara Membuat Kartu Nama Di Microsoft Office Word

Office Word yang saya gunakan dalam tutorial membuat kartu nama ini adalah Office Word 2007. Untuk Office Word versi lainnya silakan menyesuaikan saja.

Baca Juga : 50+ Download Template Kartu Nama Keren Gratis Format PSD Lengkap Siap Pakai

Ok kita mulai saja tutorial membuat kartu nama di Office Wordnya. Silakan Anda buka program Microsoft Office Word yang sudah tersedia di komputer atau laptop Anda. Buat kotak persegi dengan menggunakan Rectangle dari menu Insert > Shapes.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (3)

Tentukan ukuran Width dan Height kartu nama, jika kita ingin menggunakan ukuran kartu nama yang sering dipakai orang-orang adalah Width 9 cm dan Height 5,5 cm.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (4)

Agar kartu nama yang kita buat terlihat lebih menarik lagi silakan beri warna latar belakangnya (background). Kita bisa bebas mencari warna yang tepat di Office Word tidak hanya satu fitur pemberian latar belakang saja. Dalam contoh kali ini saya memberikan warna background menggunakan Shape Styles yang ada di menu Format. Untuk warna silakan Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan atau sesuai selera masing-masing.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (5)

Sampai langkah diatas sebenarnya sudah cukup untuk membuat kartu nama di Office Word. Kita tinggal memberikan identitas saja pada kartu nama tersebut. Namun disini saya ingin menerapkan sentuhan desain lain sekalian menguji fitur-fitur Office Word. Saya ingin menggambar sembarang menggunakan Scribble salah satu fitur Shapes.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (6)

Scribble ini mungkin kalau di CorelDRAW adalah Freehand Tool atau kalau di Photoshop adalah Freeform Pen Tool. Kita buat gambar sembarang menggunakan Scribble pada kartu nama yang sedang dibuat, contoh saya menggambar seperti berikut :

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (7)

Untuk mengubah atau merapikan gambar yang dibuat dengan Scribble silakan klik kanan pada garis gambar dan klik pilih Edit Points.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (8)

Nanti akan muncul points-points berupa titik-titik pada garis. Kita hapus semua points-points tersebut dan yang tersisa hanya empat points saja, yaitu kanan dan kiri bagian atas dan bawah (setiap sudut). Untuk menghapus points-points ini silakan klik kanan pada points yang ingin dihapus dan klik pilih Delete Point.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (9)

Setelah menyisakan hanya empat point saja sekarang mari kita rapihkan lagi gambar tersebut. Untuk meratakan setiap garis sisinya silakan klik pilih satu sudut point dan nanti akan muncul garis bantu untuk menarik antara vertical dan horizontal.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (10)

Jika sudah benar-benar rapih dan sesuai dengan gambar yang kita harapkan, selanjutnya beri warna background lagi. Pemberian warna masih sama dengan langkah pemberian background di atas.

Kartu nama yang kita buat di Office Word bisa kita sisipkan juga logo atau brand perusahaan kita. Namun perlu kita ketahui agar logo terlihat lebih menarik maka silakan sisipkan logo file format PNG. Umumnya logo atau gambar file format PNG backgroundnya akan transfaran. Untuk menyisipkan logo atau gambar silakan klik pilih menu Insert > Picture.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (11)

Sekarang waktunya pemberian identias pada kartu nama (konten). Ini adalah hal yang terpenting karena bagian utama dari pembuatan kartu nama adalah kontennya atau isinya bukan desainnya.

Untuk pemberian identitas pada kartu nama silakan gunakan Text Box. Text Box dapat kita temukan di menu Insert > Shapes atau sama ketika kita membuat Rectangle. Beri warna yang menarik atau warna yang mengikuti terhadap warna desain kartu nama.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (12)

Hampir lupa. Setelah memilih Text Box, kemudian hilangkan warna background dan warna Outline pada Text Box. Caranya dari menu Format silakan Anda pilih Shape Fill > No Fill dan klik pilih lagi di Shape Outline > No Outline.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (13)

Untuk pelengkap kita bisa desain kartu nama dengan gambar-gambar lain, misal saya disini menambahkan dua kotak kecil (rectangle). Yang terpenting asal jangan menerapkan desain berlebihan saja.

Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word (14)

Baca Juga : Download 40+ Kartu Nama Keren Format CorelDRAW Gratis Lengkap

Ok bagaimana mudah bukan? Jika sudah jadi maka kartu nama tinggal Anda cetak saja. Mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Kartu Nama Di Office Word. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk siapa saja yang membutuhkan. Sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya dan samal sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *