Home / Microsoft Office / Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik Tanpa Photoshop Atau CorelDRAW

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik Tanpa Photoshop Atau CorelDRAW

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik – Apakah Anda saat ini bermaksud ingin membuat kartu nama sendiri di rumah? Namun masalahnya Anda tidak mempunyai program khusus untuk membuat kartu nama itu sendiri seperti program Adobe Photoshop atau CorelDRAW. Tenang! Disini saya akan membagikan trik keren bahwa sebenarnya kita sendiri bisa membuat kartu nama menarik tanpa harus menggunakan program pengolah gambar atau desain grafis seperti Photoshop, CorelDRAW, dan yang lainnya. Walalupun hasilnya tidak sekeren dan semenarik kartu nama hasil olahan program khusus, namun saya rasa kartu nama ini tidak jelek-jelek amat.

Baca Juga : 50+ Download Template Kartu Nama Keren Gratis Format PSD Lengkap Siap Pakai

Ko bisa membuat kartu nama tanpa Photoshop atau CorelDRAW? Ya tentu saja bisa sekali. Banyak program alternatif lain yang bisa kita uji kemampuannya untuk sekedar membuat kartu nama, misal program paket kantoran seperti Mocrosoft Office bisa kita gunakan untuk membuat kartu nama keren.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik (0)

Tentunya dibanding dengan menemukan komputer yang terpasang program Adobe Photoshop dan CorelDRAW akan lebih mudah kita temukan komputer yang sudah terinstall program Microsoft Office. Diseluruh pelosok dunia ini saya yakin hampir setiap komputer sudah terpasang program Microsoft Office termasuk komputer Anda.

Microsoft Office tidak hanya dapat kita gunakan untuk mengolah kata (Office Word) dan mengolah data (Office Excel). Namun didalamnya terdapat juga program khusus yang bisa manfaatkan untuk membuat kartu nama. Program apakah yang dimaksud? Ya, benar! Program Microsoft Office Publisher.

Dari versi dulu semenjak saya mengenal Microsoft Office sampai versi terbarunya sekarang, Office Publisher selalu nempel dalam paketan program Microsoft Office. Bahkan Office Publisher ini bukan hanya bisa kita gunakan untuk membuat kartu nama saja, di Office Publisher kita bisa membuat Brosur, Kalender, label, desain website, dan masih banyak lagi.

Berikut Cara Membuat Kartu Nama Keren Tanpa Photoshop dan CorelDRAW

Ok disini saya tidak akan membahas semua fitur Office Publisher berhubung akan kepanjangan artikelnya, namun Insya Allah dilain kesempatan saja akan saya bahas satu persatu. Disini saya hanya akan membahas cara membuat kartu nama di Office Publisher.

Baca Juga : Download 40+ Kartu Nama Keren Format CorelDRAW Gratis Lengkap

Sebelum dimulai siapkan dulu bahan-bahannya! Apa saja? Tidak banyak ko, mungkin jika kartu nama Anda ingin ditempelkan logo atau brand perusahaan, ya cuma logo itu saja. Selebihnya nanti kita bisa desain secara otomatis atau manual di Office Publisher.

Buka program Office Publisher dari Start > Microsoft Office > Microsoft Office Publisher. Disini saya menggunakan OS Windows 7 dan Microsoft Office 2007.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik (1)

Nanti akan tampil pilihan fitur Office Publisher pada Getting Started with Microsoft Office Publisher. Silakan Anda pilih Business Card karena disini ceritanya kita akan membuat kartu nama.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik (2)

Setelah memilih fitur Business Card maka nanti kita akan dihadapkan juga sama pilihan template kartu nama. Model template kartu nama ini disediakan secara otomatis, namun nanti juga jika salah satu desainnya tidak cocok kita bisa mengubahnya secara manual. Jika Anda tidak suka dengan semua template kartu nama tersebut, Anda bisa membuatnya sendiri secara manual dari sebuah kertas kosong (blank). Disini saya akan memilih template yang pertama saja yaitu Arrows kemudian klik Create. Atau langkah cepatnya kita bisa klik ganda pada template yang cocok dengan selera.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik (3)

Setelah memilih template yang cocok dan dalam contoh membuat kartu nama kali ini saya memilih template Arrows, kita bisa harus menentukan ukuran kartu nama yang akan dibuat. Silakan klik pilih Change Page Size untuk menentukan dan mengubah ukuran kartu nama.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik (4)

Secara default ukuran kartu nama yang ditampilkan di Office Publisher adalah Width 8,5 cm (kesamping) dan Height 5,5 cm (kebawah). Silakan Anda tentukan sendiri dengan kebutuhan. Jika mengikuti ukuran standar yang biasa digunakan orang-orang adalah 9 cm x 5 cm. Artinya jika kartu nama yang Anda buat akan dicetak di percetakan maka gunakan ukuran 9 cm x 5 cm saja.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik (5)

Silakan selamat berkreasi membuat kartu nama keren dan menarik di Office Publisher. Saya rasa tidak perlu dibahas secara rinci dalam pembuatan kartu nama ini karena termasuk mudah. Untuk menyisipkan gambar Anda bisa menggunakan drag & drop dan juga memasukkannya dari menu Insert. Semua huruf dikemas dalam fitur Text Box.

Nantinya jika kita sudah selesai membuat kartu nama di Office Publisher, kita bisa menyimpan desain kartu nama dalam berbagai format. Disarankan untuk menyimpan dalam file format yang sering digunakan saja, seperti JPEG dan PNG.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik (6)

Berikut adalah hasil contohnya desain kartu nama hasil olahan Office Publisher 2007 :

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik (7)

Lumayan keren dan menarik bukan? Kalau sudah menjadi seperti itu maka langkah selanjutnya tinggal membawa ke tukang percetakan saja. Atau jika Anda mempunyai perlengkapan cetak seperti kertas dan printer maka silakan dicetak sendiri saja di rumah.

Baca Juga : Download Gratis 20+ Contoh Sertifikat Format CorelDRAW (CDR) Siap Pakai

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Membuat Kartu Nama Keren Menggunakan Office Publisher. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapapun yang membutuhkan. Apakah Anda mempunyai trik lain yang lebih simple cara membuat kartu nama tanpa Photoshop? Silakan sampaikan saja jangan malu-malu di kotak komentar.

 

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Wihh keren tuh conto nya :) tapi ah saya buat apa punya kartu nama juga :p ada juga kartu pelajar :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *