Home / Photoshop / Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop Lengkap Gambar Dan Contoh

Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop Lengkap Gambar Dan Contoh

Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop – Sesuai janji saya pada artikel sebelumnya tentang beberapa pengaturan Photoshop yang wajib ditampilkan, yaitu membahas bagaimana cara membuat Keyboard Shortcuts. Karena pada artikel tersebut terlalu panjang jika dibahas semuanya maka saya membuat artikel khusus saja. Mumpung ada kesempatan baik, saya buat artikelnya saja sekarang. Saya pikir membuat keyboard shortcuts di Photoshop sangat penting. Alasannya demi untuk mempercepat proses pengerjaan desain kita di Photoshop.

Baca Juga : 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan Untuk Memudahkan Desain

Sebetulnya apa itu keyboard shortcuts? Setiap program komputer memiliki fitur keyboard shortcuts seperti halnya Adobe Photoshop. Keyboard shortcuts adalah fungsi jalan pintas untuk lebih mempercepat lagi setiap pengerjaan kita di program komputer. Dengan kata lain keyboard shortcuts adalah fungsi alternatif lain dari fungsi mouse. Contoh kecilnya saja jika kita ingin print dokumen di program apapun biasanya perintahnya adalah klik File kemudian Print. Namun dengan keyboard shortcuts bisa lebih cepat lagi yaitu dengan menekan Ctrl dan huruf P pada keyboard. Keyboard shortcuts ini juga bisa dijadikan solusi jika mouse komputer rusak atau tidak bisa dijalankan. Tanpa mouse-pun kita bisa mengoperasikan komputer dengan modal gunakan keyboard shortcuts.

Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop (1)

Lalu kenapa kita harus membuat keyboard shortcuts di Photoshop kalau memang keyboard shortcuts ini sudah ada? Mungkin lebih tepatnya lagi membuat keyboard shortcuts untuk menambah koleksi keyboard shortcuts dari yang sudah ada (default). Tidak semua fungsi di Photoshop yang sudah ada fitur keyboard shortcutsnya, terutama fungsi pihak ketiga atau fungsi yang bukan bawaan Photoshop seperti Plugin.

Berikut Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop Untuk Mempercepat Proses Editing

Agar lebih jelas lagi sebelum dilanjut artikelnya, silakan Anda lihat contoh gambar di bawah ini! Setiap fungsi di Photoshop yang sudah terdapat fitur keyboard shortcutsnya maka akan terlihat seperti gambar di bawah. Untuk membuat canvas baru di Photoshop (New) maka bisa menggunakan keyboard shortcuts Ctrl+N, Open Ctrl+O, dan seterusnya. Adapun fungsi yang belum ada keyboard shortcuts maka tidak akan tertulis disitu. Oleh karena itu jika fungsi tertentu kita rasa penting untuk dibuat keyboard shortcuts, maka caranya akan saya bahas disini.

Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop (2)

Sebagai contoh saya mempunyai plugin Noiseware dari Imagenomic untuk menghilangkan noise pada foto. Plugin tersebut biasanya akan tampil di menu Filter dan karena ini bukan fitur default Photoshop maka tidak keyboard shortcuts. Agar ketika menggunakan plugin ini bisa lebih cepat lagi maka saya akan membuat keyboard shortcutsnya.

Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop (3)

Untuk membuat keyboard shortcuts langkah pertama silakan Anda klik pilih menu Edit kemudian Keyboard Shortcuts. Oh iya pada tutorial ini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3 dan untuk Photoshop versi lain tinggal menyesuaikan saja.

Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop (4)

Posisi tab harus berada pada tab Keyboard Shortcuts bukan Menu. Kita cari menu Filter karena tujuan utama membuat keyboard shortcuts adalah untuk plugin Noiseware tadi yang ada di menu Filter.

Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop (5)

Jika sudah ketemu fungsi Photoshop yang akan dibuat keyboard shortcutsnya, silakan Anda klik disitu. Nanti pada kolom Shortcuts akan muncul sebuah kolom kosong. Silakan Anda ketikkan keyboard shortcuts yang ingin dibuat! Coba kita buat keyboard shortcuts yang sudah ada di Photoshop yaitu Ctrl+P. Apa yang terjadi? Maka akan muncul tanda warning disebelahnya, artinya keyboard shortcuts tersebut sudah ada yaitu fungsi untuk perintah print.

Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop (6)

Kita cari lagi kira-kira keyboard shortcuts apa yang belum ada di Photoshop dengan mencoba beberapa kombinasi tombol keyboard. Dan akhirnya saya menemukan keyboard shortcuts yang belum ada yaitu Alt+Shift+Ctrl+W. Jika sudah ketemu dan Anda cocok dengan keyboard shortcuts tersebut silakan klik OK saja.

Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop (7)

Lihat hasilnya, sekarang plugin Noiseware sudah ada keyboard shortcutsnya yaitu Alt+Shift+Ctrl+W.

Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop (8)

Bagaimana mudah bukan? Silakan Anda praktikkan sendiri pada fungsi-fungsi lain yang Anda rasa cukup penting untuk dibuat keyboard shortcutsnya. Mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Keyboard Shortcuts di Photoshop. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu di artikel menarik lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *