Home / Photoshop / Cara Paling Cepat Membuat Lipatan Kertas Keren dan Tampak Nyata Di Photoshop

Cara Paling Cepat Membuat Lipatan Kertas Keren dan Tampak Nyata Di Photoshop

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop – Jika kemarin yang saya bahas adalah membuat tulisan (teks) yang diberi efek lipatan kertas, sekarang juga masih seputar lipatan kertas. Bedanya tutorial ini adalah efek lipatan kertas yang dibuat pada objek gambar. Kedua tutorial sama-sama menggunakan program Adobe Photoshop. Memang banyak artikel di internet yang membahas cara membuat lipatan kertas di Photoshop. Namun tutorial yang akan saya sampaikan ini tentunya berbeda dengan tutorial-totorial tersebut, walaupun pada intinya masih sama.

Baca Juga : Cara Sederhana Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas Di Photoshop (Efek Folded)

Berikut adalah contoh gambar yang sudah saya beri efek lipatan kertas pada ujung bawah sebelah kanan :

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop (1)

Jika tertarik silakan ikuti tutorial ini sampai selesai. Dalam tutorial ini saya menggunakan gambar Valentino Rossi. Silakan Anda tentukan dulu gambar yang akan dijadikan praktik dalam tutorial ini.

Berikut Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop

Aktifkan program Adobe Photoshop dan buka gambar yang akan diberi efek lipatan kertas. Jika ada yang ingin tahu Photoshop berapa yang saya gunakan, saya menggunakan Adobe Photoshop CS3.

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop (2)

Setelah Anda menemukan gambar untuk praktik lipatan kertas, selanjutnya ubah Layers Background gambar menjadi Layer dengan cara klik ganda pada Layer kemudian OK. Setelah itu buat Layer baru dan beri background dengan warna #dedede. Posisikan layer baru tersebut dibawah Layer 0 atau Layer gambar.

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop (3)

Buat persegi di sudut kanan bawah menggunakan Rectangular Marquee Tool (M). Ukuran persegi silakan disesuaikan saja dengan keinginan Anda atau bisa juga menyesuaikannya dengan kondisi gambar.

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop (4)

Sekarang buat setengah lingkaran untuk memotong bagian atas persegi menggunakan Ellipse Tool (U). Pastikan kedua ujung lingkaran tersebut sama dengan kedua ujung persegi tadi. Jangan lupa sebelum membuat lingkaran dengan Ellipse Tool, Anda juga harus memilih opsi Paths. Setelah membuat lingkaran, untuk mengubah ukurannya silakan Anda klik kanan disitu dan klik pilih Free Transform Path.

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop (5)

Jika lingkaran tersebut sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, sekarang ubah format lingkaran yang semula Path menjadi Selection dengan cara klik kanan ditengah lingkaran dan klik pilih Make Selection.

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop (6)

Sekarang buat juga setengah lingkaran untuk memotong sisi persegi bagian kiri. Anda bisa lihat contohnya pada gambar dibawah ini yaitu persegi yang sudah dipotong bagian sisi atas dan sisi kirinya. Persegi ini harus berada pada posisi seleksi bukan path.

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop (7)

Bagaimana sampai tahap ini proses membuat lipatan kertasnya lancar? Jika lancar mari kita lanjut ketahap selanjutnya yaitu mengubah warna bagian yang terseleksi tersebut. Dalam pewarnaan disini saya akan menambahkan warna Gradient, dalam keadaan Layer 0 terpilih silakan klik pilih Create new fill or adjusment layer.

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop (8)

Pilih mode Gradient hitam putih dan Style Linear lalu nilai pada Angle silakan tentukan menjadi 135. Untuk pengaturan lainnya biarkan dalam pengaturan default saja.

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop (9)

Sekarang tugas kita adalah memotong bagian objek yang kita rasa bagian tersebut harus dibuang agar efek lipatan kertasnya terlihat nyata. Buat bagian yang akan kita potong menggunakan Polygonal Lasso Tool (L). Yang terpenting titik sudut atas dan bawah (miring) lurus. Kemudian tekan Delete pada keyboard untuk menghapus bagian yang ingin kita buang. Dalam proses penghapusan ini ada dua objek yang harus kita hapus, pertama objek yang kita buat manual tadi yang diberi warna gradient lalu kedua adalah objek gambar. Ketika menghapus objek gambar maka layer yang kita pilih tentunya objek gambar juga.

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop (10)

Setelah proses penghapusan objek sukses, baiknya efek lipatan kertas ini kita beri bayangan agar lebih menarik lagi. Gunakan fitur Blending Options untuk memberikan bayangan (shadow) pada efek lipatan kertas. Klik kanan pada Layer objek lipatan kertas pilih Blending Options dan centang Drop Shadow. Untuk Opacity, Angle, Distance, dan sebagainya silakan Anda sesuaikan saja dengan kondisi gambar.

Cara Membuat Lipatan Kertas Keren Di Photoshop (11)

Akhirnya selesai juga artikel Cara Membuat Lipatan Kertas Di Photoshop. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan jangan ragu untuk berbagi ilmu pengetahuan yang disampaikan pada kotak komentar dibawah. Salam sukses dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *