Home / Software / Cara Terbaru Membuat Memberi Proteksi Password Pada Program Komputer

Cara Terbaru Membuat Memberi Proteksi Password Pada Program Komputer

Cara Memberi Password Pada Program – Dengan memberi password atau proteksi pada program maka akan meningkatkan sistem keamanan dari program itu sendiri. Apalagi jika komputer yang dipakai oleh banyak orang seperti komputer sekolah, warnet, kantor, dan sebagainya sangat cocok untuk memberi proteksi password pada program. Selain itu komputer pribadipun untuk menghindari serta melindungi program dari mainan anak kecil maka solusinya bisa memberikan proteksi password. Jika program sudah diberi proteksi password maka kita tidak akan khawatir lagi kalau program tersebut akan dibuka sembarangan oleh orang lain.

Baca Juga : Cara Mengintip Untuk Membobol Password WiFi Orang Lain

Dengan memberi proteksi password pada program tertentu maka nanti jika program tersebut dibuka akan meminta kata sandi terlebih dahulu. Dengan begitu selama kata sandi tidak diketahui oleh orang lain maka program atau aplikasi tertentu yang tidak ingin Anda ketahui orang lain akan aman.

Cara Memberi Password Pada Program Komputer (1)

Banyak cara untuk membuat memberi proteksi password pada program komputer, bisa dengan menggunakan aplikasi default Windows dengan trik enkripsi file atau menggunakan software. Lebih mudahnya adalah menggunakan software tertentu yang mempunyai fitur untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga : Aplikasi Ini Bisa Membobol Password WinRAR Dengan Mudah

Dari banyaknya software gratis atau berbayar di internet saya disini hanya akan merekomendasikan software Password Door. Dulu ada dua software yang handal untuk memberi proteksi password pada program yaitu Empathy dan Protect Exe. Kedua software ini memang sangat canggih bahwa walaupun program sudah dipindahkan ke komputer lain maka akan tetap minta password sebelum mengaksesnya. Bahkan walaupun dipindahkan ke OS Windows berbeda masih tetap akan minta password untuk mengaksesnya. Tapi sayangnya kedua software ini oleh tim pembuat/pengembangnya sudah tidak diperbarui lagi sehingga banyak terjadi bugg/error disana-sini.

Baca Juga : Cara Mengunci Data Penting Komputer Dengan Mudah

Sebagai gantinya disini saya akan memberikan alternatif software lain untuk memberi proteksi password pada program yaitu Password Door. Software Password Door tidak kalah canggihnya dengan kedua software seperti yang yang sudah dijelaskan diatas. Namun sayangnya untuk versi full-nya kita harus rela mengeluarkan sedikit budget untuk membelinya.

Berikut Cara Memberi Proteksi Password Pada Program Dengan Password Door

Saat ini atau ketika artikel ini dibuat software Password Door tersedia dalam versi 9 untuk versi terbarunya. Jika kita tertarik ingin mencoba yang versi trial maka kita akan diberikan waktu selama 21 hari, selanjutnya kita akan diminta untuk mengaktivasi serial number dan tentunya hanya akan didapat dengan cara membeli yang full versi (pro).

Anda jangan mengira kalau program yang sudah diproteksi atau diberi password setelah di-uninstall akan hilang. Hebatnya lagi proses uninstall program akan ditolak dan tetap kita akan diminta untuk memasukkan password.

Software Password Door hanya mempunyai ukuran 594KB jadi sangat ringan sekali ketika kita download dan mengoperasikannya nanti. Software ini sudah kompatible untuk semua versi Operasi Sistem Windows baik 86bit/32bit dan 64bit (Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10).

Jika Anda tertarik untuk membeli software Password Door saat ini dibandrol hanya $29.90 atau setara dengan Rp 388.700 untuk single licensi. Selanjutnya nanti Anda akan mendapat gratis update dan upgrade.

Silakan Anda coba dulu yang versi Trial (gratis) 21 hari dan installkan di komputer atau laptop seperti biasa. Ketika diminta untuk memasukkan password, silakan Anda isi dengan password apa saja yang penting mudah untuk diingat kedepannya. Password ini akan berguna jika kedepannya Anda akan mengakses program Password Door.

Cara Memberi Password Pada Program Komputer (2)

Begitu Anda selesai menginstall program Password Door maka ketika Anda pertama kali akan mengakses program ini diminta untuk memasukkan password. Password ini adalah password yang telah Anda masukkan tadi ketika menginstall software Password Door.

Cara Memberi Password Pada Program Komputer (3)

Silakan Anda mencoba untuk memulai memberi proteksi password pada program komputer dengan memilih Protect a Program.

Cara Memberi Password Pada Program Komputer (4)

Anda tidak perlu repot-repot mencari program-program yang sudah diinstall di komputer, karena software Password Door ini akan melakukan scan otomatis pada komputer Anda untuk menemukan file yang berekstensi .exe. Pada intinya kita memberi proteksi password pada program adalah membuat password pada setiap file program berekstensi .exe.

Jika Anda penasaran atau takut ada yang terlewatkan oleh scan otomatis Password Door, maka silakan Anda klik pilih Rescan installed programs. Contoh disini saya akan memberikan proteksi password pada program Nitro Pro 10, maka setelah memilih program Nitro Pro 10 kita pilih Protect.

Cara Memberi Password Pada Program Komputer (5)

Anda bisa menggunakan password default untuk memproteksi password program tertentu dengan password yang telah dibuat tadi ketika menginstall software Password Door. Namun jika Anda ingin mengubahnya, silakan Anda klik pilih Change. Kalau semua pengaturan telah sesuai dengan yang Anda inginkan, silakan klik pilih tombol OK.

Cara Memberi Password Pada Program Komputer (6)

Kini program Anda sudah berhasil diproteksi dengan memberikan password. Dari mulai sekarang setiap Anda akan membuka program yang telah diberi password maka Anda akan diminta untuk memasukkan password terlebih dahulu. Jangan khawatir jika Anda rasa memberikan password pada program ini salah, maka Anda bisa membatalkannya kapan saja.

Bagaimana mudah bukan? Anda tidak takut lagi akan program penting diakses oleh orang lain karena Anda telah Memberi Proteksi Password Pada Program tersebut. Ok semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya, salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Nah, dengan memproteksi program di komputer ini akan mencegah orang-orang jahil yang hendak mengoperasikan komputer kita.. jadinya aman :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *