Home / Photoshop / Cara Membuat & Membuka Gambar Index Layer (Gambar Terkunci) Di Photoshop

Cara Membuat & Membuka Gambar Index Layer (Gambar Terkunci) Di Photoshop

Cara Membuat & Membuka Gambar Index Layer – Apakah Anda pernah menemukan gambar di internet atau dimana saja yang kemudian gambar tersebut tidak bisa di edit di Photoshop? Nah pada tutorial Photoshop kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat gambar tidak bisa di edit oleh orang lain menggunakan Adobe Photoshop. Bahkan bukan hanya cara membuatnya saja, disini saya juga akan berbagi cara membuka gambar tersebut agar nantinya bisa di edit sepuasnya oleh kita.

Baca Juga : Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop (Lengkap Gambar)

Gambar tidak bisa di edit di Photoshop biasanya status Index Layer atau ketika kita lihat di Layers Photoshop ada tulisan Index dan kunci (lock). Gambar index layer seperti ini biasanya tidak akan bisa kita edit atau dilakukan perubahan sedikitpun. Sama sekali kita tidak bisa untuk mengubah gambar tersebut bahkan sekedar menggunakan Move Tools Photoshop juga tidak bisa.

Cara Membuat & Membuka Gambar Index Layer (0)

Biasanya orang membuat gambar dengan status index layer ini adalah untuk menjaga privasi gambar agar tidak sembarangan di edit oleh orang lain. Maka dari itu bagi Anda yang suka berbagi file gambar baik itu di share di blog atau yang lainnya sebaiknya gambar-gambar dibuat kedalam status index layer. Walaupun sebenarnya kita bisa dengan mudah membuka file gambar index layer atau menghilangkan status kuncinya, namun tidak semua orang yang tahu mempraktikkan cara ini.

Baca Juga : Cara Membuat Watermark Gambar Dengan Cepat Dan Otomatis

Lebih jelasnya lagi seperti apakah gambar status index layer tersebut? Anda bisa lihat contoh gambar dibawah ini :

Cara Membuat & Membuka Gambar Index Layer (1)

Diatas terlihat jelas kalau tulisan pada Layers Photoshop adalah Index. Jika kita tidak tahu bagaimana cara menghilangkan status tersebut maka walaupun dan bagaimanapun caranya maka gambar tidak akan bisa diedit.

Berikut Cara Membuat Gambar Index Layer Atau Gambar Tidak Bisa Di Edit Di Photoshop

Untuk membuat gambar terkunci di Photoshop caranya sangat mudah. Silakan Anda siapkan sebuah gambar yang akan kita ubah statusnya menjadi index layer. Pastikan gambar adalah gambar yang sudah selesai Anda edit atau Anda tinggal menyimpan gambar tersebut karena nanti kita tidak bisa mengubahnya lagi.

Jika sudah siap silakan Anda klik pilih menu Image > Mode > Indexed Color. Biasanya secara default mode gambar di Photoshop adalah mode RGB dan mode CMYK.

Cara Membuat & Membuka Gambar Index Layer (2)

Kemudian pada jendela pop-up Indexed Color Anda pilih Local (Percetual) pada opsi pilihan Pallete. Untuk setinggan lainnya biarkan secara default saja.

Cara Membuat & Membuka Gambar Index Layer (3)

Setelah melakukan dua langkah diatas, maka kini gambar Anda sudah berubah statusnya menjadi Index Layer. Langkah selanjutnya Anda tinggal menyimpan gambar tersebut kedalam format JPG, PNG, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Agar Gambar Tidak Dicuri Blog Lain (Hotlinking)

Lalu bagaimana untuk membuka gambar Index Layer agar bisa di edit? Artinya bagaimana cara menghilangkan status index layer tersebut? Sangat mudah juga untuk menghilangkan proteksi gambar. Sama seperti langkah membuat index layer yaitu dari menu Image > Mode > dan hilangkan centang pada Indexed Color atau pilih mode RGB atau CMYK.

Cara Membuat & Membuka Gambar Index Layer (4)

Ok kini Anda sudah bisa membuat gambar terkunci dan juga membuka gambar terkunci di Photoshop. Mungkin hanya itu saja artikel singkat tentang Cara Membuat & Membuka Gambar Index Layer Di Photoshop. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *