Home / WordPress / Cara Membuat Menu Responsive Di WordPress Dengan Bantuan Plugin Gratis

Cara Membuat Menu Responsive Di WordPress Dengan Bantuan Plugin Gratis

Cara Membuat Menu Responsive Di WordPress – Apakah Anda termasuk orang yang suka dengan tampilan blog unik tapi tidak mau dipusingkan dengan pengaturan kode? Beruntung jika blog yang Anda kelola menggunakan CMS WordPress. Karena dengan blog WordPress maka kita dapat dengan bebas desain blog sepuasnya. Walaupun kita tidak paham benar dengan pengaturan kode, namun di WordPress tersedia ratusan plugin yang dapat kita manfaatkan fiturnya. Plugin-plugin WordPress ini umumnya bersifat gratis dan aman kita gunakan. Dengan bantuan plugin maka blog kita dapat disulap seolah-olah hasil desain profesional.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel

Dari banyaknya plugin WordPress gratis salahsatu diantaranya mempunyai fungsi untuk membuat menu blog menjadi responsive. Menu responsive yang saya maksud adalah menu blog yang tampilannya fullscreen. Biasanya menu responsive fullscreen ini akan mempunyai tombol ikon garis-garis (menu hamburger). Begitu ikon garis-garis ini kita klik maka tampilan menu blog akan menutupi semua halaman blog (fullscreen). Kemudian setelah menu ini di klik maka disebelah kanan akan muncul ikon X (close) untuk keluar atau menyembunyikan lagi daftar menu tersebut.

Cara Membuat Menu Responsive Di WordPress Dengan Bantuan Plugin Gratis 1

Bagaimana Anda tertarik ingin mencoba membuat menu responsive fullscreen di blog kesayangannya? Tenang disini saya akan memberikan caranya ….

Berikut Cara Membuat Menu Responsive Fullscreen Di WordPress

Untuk membuat menu responsive fullscreen di blog kali ini saya akan memanfaatkan plugin WordPress gratis. Plugin apakah itu? Menu responsive kita buat dengan bantuan plugin DC Full Screen Responsive. Silakan Anda download dan install di WordPress seperti biasa.

Baca Juga : Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly

Nanti jika plugin DC Full Screen Responsive sudah Anda install dengan sempurna, maka untuk melakukan pengaturan plugin lebih lanjut kita klik pilih Appearance > DC FullScreen Menu. Lakukan pengaturan khusus yang sesuai dengan selera Anda.

Didalam pengaturan plugin DC Full Screen Responsive tidak banyak yang harus kita lakukan. Disini kita bisa memilih menu mana yang akan kita buat menjadi responsive fullscreen didalam Menu List:

Cara Membuat Menu Responsive Di WordPress Dengan Bantuan Plugin Gratis 2

Anda juga dapat dengan bebas memilih efek slide-in menu responsive fullscreen. Efek slide disini dibagi menjadi 5 efek saja, yaitu : No Effect, Top, Bottom, Right dan Left.

Kemudian Anda juga bisa menentukan warna untuk latar (background) dan warna huruf (text color). Selanjutnya Anda juga dapat dengan bebas memilih jenis huruf (font).

Baca Juga : Cara Membuat Sticky Menu Di Blog WordPress Dengan Mudah

Langkah terakhir dan jangan sampai lupa untuk menghilangkan centang pada opsi “Tiny link to Author”. Karena jika kita tidak menghilangkan centang tersebut maka akan menambahkan sebuah link menuju ke blog atau website si pembuat software.

Ok mungkin hanya itulah tulisan singkat tentang artikel tentang Cara Membuat Menu Responsive Fullscreen dengan bantuan plugin WordPress gratis. Semoga tulisan ini ada manfaatnya!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *