Home / Microsoft Office / Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Office Word Dalam Dokumen Yang Sama

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Office Word Dalam Dokumen Yang Sama

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Office Word – Untuk membuat nomor halaman di Office Word tentunya bukan hal yang sulit. Karena dalam membuat nomor halaman di Office Word tidak banyak langkah yang harus kita tempuh. Namun tentunya beda lagi jika kita ingin membuat nomor halaman yang format berbeda. Misalnya pada halaman satu kita beri format nomor romawi, halaman dua dengan angka, dan halaman ketiga dengan abjad. Mungkin sekilas kita pikir nomor halaman berbeda tersebut dibuat menjadi beberapa dokumen. Padahal sebetulnya tidak begitu. Kita bisa dengan mudah membuat nomor halaman berbeda format meski masih dalam satu dokumen.

Baca Juga : 10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu Untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

Ketika kita membuat nomor halaman di Office Word, misal dengan format angka, maka secara otomatis seluruh halaman pada dokumen yang sama akan menjadi nomor halaman format angka juga. Begitupun ketika kita memberikan nomor halaman dengan format lainnya.

cara-membuat-nomor-halaman-di-office-word-1

Contoh lebih jelasnya coba Anda lihat struktur nomor halaman pada sebuah buku. Biasanya pada halaman Kata Pengantar dan Daftar Isi akan diberi nomor halaman format romawi (i, ii, iii, dan seterusnya). Kemudian pada halaman selanjutnya akan diberi nomor halaman format angka (1, 2, 3, 4, dan seterusnya). Jika kita tidak tahu teknik membuatnya, maka membuat nomor halaman berbeda tersebut akan kita buat dalam dokumen atau file yang berbeda.

Berikut Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Office Word Meski Dokumen Yang Sama

Kita tidak perlu membagi-bagi dokumen Office Word menjadi beberapa file cuma untuk membuat nomor halaman berbeda. Cara tersebut menurut saya tidak efektif atau hanya akan membuang waktu secara percuma saja. Office sudah menyediakan fasilitasnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jika Anda belum tahu caranya, silakan simak artikel ini selesai!

Contoh sederhananya kita sekarang akan memberikan nomor halaman berbeda seperti pada gambar berikut ini :

cara-membuat-nomor-halaman-di-office-word-2

Contoh diatas halaman satu format angka, halaman format romawi, dan halaman tiga format abjad. Saya anggap Anda saat ini sudah mempunyai dokumen Word yang akan diberi nomor halamannya. Office Word yang saya gunakan disini adalah Office Word 2007.

Kita bahas dari awal saja, yaitu cara membuat nomor halamannya. Setelah dokumen yang ingin ditambahkan nomor halaman aktif, Silakan Anda klik pilih Tab Insert > Page Number > Buttom of Page > Plain Number 2. Saya disini akan membuat nomor halaman yang tampilnya ditengah bawah. Makanya saya memilih Buttom of Page dan Plain Number 2.

cara-membuat-nomor-halaman-di-office-word-3

Setelah mempraktikkan cara diatas maka seluruh dokumen Anda otomatis akan ditemukan nomor halaman. Secara default begitu kita mengaktifkan Page Number maka formatnya adalah angka. Jika dokumen Anda berjumlah 50 halaman, maka nomor halamannya akan tampil dari angka 1 sampai dengan angka 50.

cara-membuat-nomor-halaman-di-office-word-4

Ok kita sekarang sudah bisa membuat nomor halaman. Lalu langkah selanjutnya adalah membuat berbeda-beda format nomor halaman sesuai keinginan kita. Misal kita akan mengubah format nomor halaman pada halaman kedua. Silakan tempatkan kursor Word di akhir halaman satu. Kursor itu adalah tanda yang berkedip-kedip di halaman Word.

cara-membuat-nomor-halaman-di-office-word-5

Kemudian Anda klik Tab Page Layout > Breaks > Next Page. Dengan mengaktifkan Breaks, maka kita telah memisahkan halaman satu dengan halaman dua. Artinya jika kita melakukan perubahan format nomor halaman di halaman satu maka halaman kedua tidak akan berubah. Hal ini karena sekarang halaman satu dan dua sudah berpisah.

cara-membuat-nomor-halaman-di-office-word-6

Kemudian tempatkan kursor di halaman dua, karena tugas kita sekarang adalah mengubah format nomor halaman kedua. Sekarang klik Tab Insert > Page Number > Format Page Numbers. Silakan Anda ubah formatnya sesuai dengan yang diinginkan. Misal disini saya akan memberikan format romawi pada halaman kedua. Jangan lupa untuk memilih Start at pada opsi Page numbering. Start at disini adalah untuk mengatur nomor halaman yang tampil di halaman pertama.

cara-membuat-nomor-halaman-di-office-word-7

Klik Ok dan lihat hasilnya, apakah sukses atau tidak? Begitupun untuk halaman selanjutnya, silakan Anda lakukan hal serupa seperti yang sudah di contohkan diatas.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Office Word. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapapun dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *