Home / WordPress / Cara Membuat Post Meta Di Bawah Judul Postingan WordPress

Cara Membuat Post Meta Di Bawah Judul Postingan WordPress

Cara Membuat Post Meta Di Bawah Judul Postingan WordPress – Post meta atau post info kita butuhkan untuk melengkapi informasi data postingan artikel. Jika suatu postingan blog terdapat post meta atau post info maka pembaca akan mengetahui data-data yang sudah disetting sebelumnya oleh pengelola blog. Biasanya data-data yang terdapat dalam post meta adalah keterangan penulis artikel, waktu artikel dibuat atau diterbitkan, kategori artikel, jumlah komentar, dan catatan jumlah tampilan artikel (post views). Umumnya post meta tampil di bawah judul postingan. Namun ada juga yang menampilkannya di akhir artikel atau mungkin di atas judul postingan. Itu semua tergantung selera pengelola blog masing-masing.

Baca Juga : 3 Hal Penting Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress Di GTMetrix

Cara membuat post meta khusus untuk blog WordPress kita harus sedikit bermain dengan kode php. Kemudian agar tampilan post meta lebih menarik lagi, kita bisa menambahkan selector class div di dalamnya yang kita panggil dari kode css. Langkah praktisnya untuk menampilkan post meta atau post info kita bisa saja dengan menggunakan plugin. Namun tentunya dengan penggunaan plugin akan berakibat buruk terhadap kecepatan loading blog. Kalau hanya sekedar membuat post meta yang akan kita tampilkan di bawah judul postingan WordPress, saya rasa tidak perlu menggunakan plugin.

Sampai disini mungkin Anda masih ada yang bingung bagaimana atau seperti apakah penampakan post meta atau post info itu? Anda bisa lihat contoh gambar di bawah ini :

Cara-Membuat-Post-Meta-Di-Bawah-Judul-Postingan-WordPress

Nah sekarang sudah jelas bukan? Lalu lihat blog WordPress Anda apakah sudah ada post metanya atau belum? Jika belum dan ingin membuat post meta di blog WordPress Anda maka simaklah sampai selesai artikel ini.

Cara Membuat Post Meta Yang Tampil Di Bawah Judul Postingan WordPress Tanpa Plugin

Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan di atas, bahwa disini saya akan membahas cara membuat post meta tanpa menggunakan plugin. Post meta yang akan kita tampilkan di dalam postingan hanya membutuhkan sedikit kode php saja.

Sesuai contoh gambar diatas dan memang itu pengaturan bawannya bahwa post meta isinya terdiri dari info penulis, info waktu, info kategori, info komentar, dan info jumlah tampilan artikel (post views). Biasanya beberapa tema WordPress baik yang gratis ataupun yang berbayar, post meta tidak perlu kita setting lagi. Karena post meta sudah otomatis tampil begitu kita install dan mengaktifkan tema. Tapi diantaranya ada tema yang tidak menampikan post meta atau mungkin post metanya tidak lengkap. Misal hanya ada info penulis dan info waktu artikel diterbitkan saja. Sehingga kita bermaksud ingin melengkapi lagi tampilan post meta tersebut.

Apapun alasannya mari kita lanjut artikel ini. Untuk menampilkan informasi penulis artikel, kode php yang kita butuhkan adalah <?php the_author_posts_link(); ?>. Nanti akan otomatis ketika artikel kita terbitkan maka akan tampil sebuah link info penulis yang sesuai dengan data profil penulis. Menampilkan informasi waktu bisa kita menggunakan kode php <?php the_time( get_option( 'date_format' ) ); ?>. Hal ini akan otomatis tampil informasi waktu pembuatan artikel dengan format tanggal, bulan, dan tahun.

Kemudian biasanya dalam post meta akan terdapat info kategori artikel. Maka kode php untuk menampikan kategori adalah <?php the_category(', ') ?>. Selain kategori bisa juga kita menampilkannya berdasarkan tag artikel. Namun kabarnya lebih SEO Friendly kategori daripada tag. Didalam post meta sering juga kita temukan informasi jumlah komentar. Kode php yang kita butuhkan untuk menampilkan jumlah komentar pada post meta adalah <?php comments_number();?> dan agar jumlah komentar bisa kita klik atau berbentuk link, maka tambahkan kode php ini sebelumnya <a href="<?php comments_link(); ?>">.

Terakhir yang jarang kita temukan namun banyak juga yang memakainya adalah informasi jumlah tampilan artikel (post views). Ketika artikel yang kita terbitkan ada yang membacanya, maka otomatis akan masuk hitungan dalam post views ini. Tentunya hal ini akan membantu kita dalam memprediksi kepopuleran artikel yang dibuat. Semakin banyak jumlah hitungan dalam post views maka kita anggap artikel tersebut sudah populer. Kemudian kita bisa membandingkan jumlah angka dalam post views artikel satu dengan yang lainnya.

Cara Membuat Post Views Yang Kita Temukan Dalam Post Meta WordPress

Cara membuat post views di WordPress langkah mudahnya bisa menggunakan plugin. Namun bukan hal yang mustahil jika tanpa plugin tidak bisa menampilkan informasi post views. Langkah membuat post views tanpa plugin agak berbeda dengan cara menampilkan info penulis, info waktu, info kategori, dan info jumlah komentar. Kita meski menyisipkan kode berikut di dalam file functions.php tema yang kita gunakan.

/*-----------------------------------------------------------*/
/* Menampilkan Post Views Di Artikel WordPress
/*-----------------------------------------------------------*/
function getPostViews($postID){
$count_key = 'post_views_count';
$count = get_post_meta($postID, $count_key, true);
if($count==''){
delete_post_meta($postID, $count_key);
add_post_meta($postID, $count_key, '0');
return "0 View";
}
return $count.' Tampilan';
}
function setPostViews($postID) {
$count_key = 'post_views_count';
$count = get_post_meta($postID, $count_key, true);
if($count==''){
$count = 0;
delete_post_meta($postID, $count_key);
add_post_meta($postID, $count_key, '0');
}else{
$count++;
update_post_meta($postID, $count_key, $count);
}
}
add_filter('manage_posts_columns', 'posts_column_views');
add_action('manage_posts_custom_column', 'posts_custom_column_views',5,2);
function posts_column_views($defaults){
$defaults['post_views'] = __('Views');
return $defaults;
}
function posts_custom_column_views($column_name, $id){
if($column_name === 'post_views'){
echo getPostViews(get_the_ID());
}
}

Alasannya karena CMS WordPress secara default tidak terdapat kode khusus untuk memanggil kode menampilkan jumlah post views di dalam artikel. Berbeda dengan kode php author/penulis, waktu, kategori, dan komentar.

Untuk menjalankan kode post views yang sudah kita sisipkan di dalam file functions.php maka kita harus menyisipkan kode php <?php setPostViews(get_the_ID()); ?> di dalam file single.php tema yang kita gunakan. Dan agar post views bisa tampil di dalam postingan maka kita juga harus menyisipkan kode php <?php echo getPostViews(get_the_ID()); ?> di dalam file single.php juga.

Saatnya kita menggabungkan semua kode php diatas kedalam satu post meta. Kita satukan info penulis, info waktu, info kategori, info jumlah komentar, dan info jumlah tampilan artikel (post views) seperti yang terlihat dalam contoh gambar di atas.

Selain itu agar tampilan post meta tidak acak-acakan, maka kita bisa merapihkannya dengan menambah selector class div di dalam kode php post meta. Contoh disini saya akan menentukan selector div dengan nama post-info. Maka hasil akhirnya akan terlihat seperti ini :

<!-- Start Post Meta -->
<div class="post-info"><span class="theauthor"><?php the_author_posts_link(); ?></span> » <span class="thetime"><?php the_time( get_option( 'date_format' ) ); ?></span> » <span class="thecategory"><?php the_category(', ') ?></span> » <span class="thecomment"><a href="<?php comments_link(); ?>"><?php comments_number();?></a></span> » <span class="thepostviews"><?php echo getPostViews(get_the_ID()); ?></span></div>
<!-- End Post Meta -->

Diatas saya tambahkan juga span class dengan nama dari masing-masing fungsi post meta. Kemudian untuk pemisah dari masing-masing kode php post meta saya menggunakan tanda ». Anda bisa menggunakan tanda pemisah lainnya sesuai dengan keinginan.

Kode php di atas Anda tempatkan di dalam file single.php tepat di bawah kode php <?php the_title(); ?> jika memang kita ingin menampilkan post meta di bawah judul postingan/artikel.

Khusus untuk info jumlah tampilan artikel atau post views, Anda harus menambahkan kode php berikut :

<?php setPostViews(get_the_ID()); ?>

Tempatkan di bawah <?php if (have_posts()) : while (have_posts()) : the_post(); ?> atau <?php if (have_posts()) while (have_posts()) : the_post(); ?> atau <?php while ( have_posts() ) : the_post(); ?> yang berada di dalam file single.php tema WordPress Anda.

Sekarang tambahkan kode css berikut yang berfungsi untuk memanggil selector class div kode php post meta. Ini fungsinya untuk merapihkan tampilan post meta. Anda bisa lebih berkerasi lagi dengan menambahkan background, border, dan sebagainya. Sesuaikan saja dengan layout tema yang Anda gunakan.

.post-info {
 display: block;
 float: left;
 color: #999;
 margin: 5px 0 5px 0;
 width: 100%;
 }
 .post-info span { margin-right: 3px }
 .post-info span { margin-left: 3px }
 .post-info span:first-child { margin-left: 0 }
 .post-info a { color: #287fa3 }
 .post-info a:hover { color: #38B7EE }

Tambahkan kode css di atas didalam file style.css tema yang Anda gunakan. Simpan dan lihat hasilnya.

Mungkin hanya itu saja tutorial tentang Cara Membuat Post Meta Di Bawah Judul Postingan WordPress tanpa harus menggunakan plugin. Semoga tulisan ini bisa bermanfa’at khusus bagi yang membutuhkan. Dan jika menemukan kesulitan, bisa dibicarakan di dalam kotak komentar. Salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. Thanks untuk tutorialnya. Sempat deg degan mau ngedit function.php.. Keseringan erot klu ngedit file itu. Tp kali ini, running smoothly.. (y)

  2. bermanfaat sekali tutorialnya. sangat membantu. tapi saya mau nanya, kalau mau nambahin icon post meta nya gimana ya caranya? yang kayak di blog anda. biar tampilannya lebih menarik hehe. mohon bantuannya suhu. makasi sebelumnya..

  3. Menarik sekali tutorialnya, sudah saya terapkan juga di blog saya yang menggunakan wordpress.. nemunya di sini cara buat Postmeta. sekali lagi terimakasih mas..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *