Home / Teknologi / Cara Terbaru Membuat Shortcut Restart, Sleep, dan Shutdown Windows 7, 8, dan 10

Cara Terbaru Membuat Shortcut Restart, Sleep, dan Shutdown Windows 7, 8, dan 10

Cara Terbaru Membuat Shortcut Windows – Walaupun secara default Windows menyediakan fitur untuk Restart, Sleep, dan Shutdown namun adakalnya kita menginginkan hal yang lain lagi. Ketiga fungsi tersebut dapat kita temukan secara sembunyi yaitu berada di tombol Start Windows. Tentunya walaupun dapat dengan mudah menemukan tombol Start tapi menurut saya akan kalah cepat jika menampilkan fitur-fitur penting tersebut di layar desktop. Contohnya jika kita menampikan tombol Shutdown dilayar desktop maka dapat dengan mudah ketika kita akan mematikan komputer. Atau dengan kata lain kita tidak perlu pergi dahulu ke tombol Start. Begitupun tombol-tombol lainnya lagi yang kita rasa sangat penting dan sering digunakan seperti tombol Start, Sleep, Lock, Hibernate, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Mudah Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD

Terlebih jika Anda pengguna komputer atau laptop Operasi Sistem Windows 8, dan Windows 10. Seperti yang sudah kita tahu bahwa kedua OS Windows terbaru ini menyembunyikan tombol Start dari yang biasa kita temukan di versi OS Windows sebelumnya. Bagi pemula saya yakin akan kesulitan untuk menemukan tombol Start. Dengan begitu ketika ingin Shutdown, Restart, Sleep komputer atau laptop kita akan kesulitan juga karena semua fitur itu adanya di tombol Start. Berbeda jauh dengan OS Windows 7 kebawah seperti Windows Vista dan Windows XP tombol Startnya akan terlihat jelas berada di sudut kiri bawah Taskbar.

Cara Membuat Shortcut Restart Sleep dan Shutdown Windows (0)

Solusi terbaiknya agar ketika ingin mematikan komputer atau laptop bisa lebih cepat lagi maka kita meski membuat shortcut yang nantinya semua tombol-tombol tersebut kita tampilkan di layar desktop. Jika Anda malas membuat shortcut Restrat, Sleep, dan Shutdown komputer atau laptop, cara cepatnya ketika ingin mematikan komputer bisa dengan menekan At+F4 dan Enter pada keyboard. Dengan memberikan perintah keyboard shortcut tersebut maka komputer atau laptop akan mati dengan sendirinya.

Baca Juga : Cara Membuat Keyboard Shortcuts Di Photoshop Lengkap Gambar Dan Contoh

Berikut Cara Paling Baru Membuat Shortcut Restart, Sleep, dan Shutdown Windows

Tidak sulit untuk menampilkan tombol Log Off, Lock, Restart, Sleep, dan Hibernate di layar desktop. Caranya adalah silakan Anda klik kanan pada layar desktop kemudian klik pilih New > Shortcut.

Cara Membuat Shortcut Restart Sleep dan Shutdown Windows (1)

Contoh disini saya akan membuat tombol Shutdown yang akan ditampilkan di layar desktop komputer. Anda juga mungkin sudah tahu kalau tombol Shutdown ini berfungsi utnuk mematikan komputer dengan prosedur yang benar. Tanpa perintah Shutdown maka komputer atau laptop terkadang akan mati secara terpaksa dan sangat beresiko.

Setelah kita tadi memilih Shortcut nanti akan tampil sebuah kotak dialog baru, karena awalnya saya akan membuat tombol shortcut Shutdown, maka saya tempelkan kode ini pada kolom yang disediakan :

Shutdown.exe -s -t 00

Cara Membuat Shortcut Restart Sleep dan Shutdown Windows (2)

Klik Next dan terus ikuti saja prosedurnya sampai selesai. Nanti jika semua langkah Anda dalam membuat shortcut Shutdown sukses maka tombol Shutdown akan tampil pada layar desktop komputer seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Cara Membuat Shortcut Restart Sleep dan Shutdown Windows (3)

Kedepannya jika Anda akan mematikan komputer atau laptop maka tinggal menekan tombol Shutdown tersebut, praktis bukan? Jika Anda kurang suka dengan ikon Shutdown tersebut, Anda dapat mengubahnya sendiri dengan cara klik kanan pada ikon pilih Properties > Change Icon.

Baca Juga : Cara Mudah Mempercepat Proses Shutdown Komputer Windows Ga Pake Lama

Berikut adalah kumpulan kode perintah selain kode perintah Shutdown seperti yang sudah dijelaskan diatas. Silakan Anda coba satu persatu kode-kode tersebut demi untuk lebih memudahkan lagi ketika menjalankan komputer atau laptop.

  1. Untuk Restart : Shutdown.exe -r -t 00
  2. Untuk Mode Sleep : rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0
  3. Untuk Lock : Rundll32.exe User32.dll,LockWorkStation
  4. Untuk Hibernate : rundll32.exe PowrProf.dll,SetSuspendState

Ok mungkin hanya sekian saja artikel tentang Cara Membuat Shortcut Restart, Sleep, dan Shutdown Windows 7, 8, dan 10. Semoga artikel ini ada manfaatnya khusus bagi yang membutuhkan. Terima kasih dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Ternyata bisa dimunculkan fitur-fitur yang unik ya kang bila menggunakan fitur tersebut yang dimunculkan di dasbord layar PC ? Saya pernah coba loadingnya agak lambat kenapa ya Kang ? Terimakasih atas jawabannya.

    • Kalau loading komputer agak lambat coba dengan trik ini kang. Semoga bisa membantu. Oh iya saya sendiri juga kurang suka kang dengan menampilkan shortcut tombol-tombol pintas ini, lebih baik menggunakan fitur bawaan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *