Home / Microsoft Office / Cara Membuat Atau Memasukkan Simbol Telepon (Faksimile) Di Office Word

Cara Membuat Atau Memasukkan Simbol Telepon (Faksimile) Di Office Word

Cara Membuat Simbol Telepon Di Office Word – Biasanya jika kita ingin membuat simbol tertentu di Office Word maka akan menggunakan keyboard. Namun seperti yang sudah kita ketahui, simbol yang terdapat di keyboard sangatlah terbatas. Artinya simbol yang terdapat di keyboard tidak sebanyak yang kita butuhkan untuk keperluan mengetik di Office Word. Contohnya kita tidak bisa membuat simbol derajat (°), rumus-rumus matematika, simbol mata uang, dan sebagainya hanya dengan mengandalkan keyboard saja. Meskipun sebetulnya untuk melengkapi simbol di keyboard kita bisa menggunakan keyboard shortcut. Tapi itu dia masalahnya kita tidak tahu tombol kombinasi apa untuk membuat simbol tertentu dengan menggunakan keyboard shortcut.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel Di Microsoft Office Word 2007, 2010, 2013 Lengkap Gambar

Untuk mempermudah dalam pembuatan simbol tertentu, sebetulnya ada cara yang lebih praktis. Apalagi jika aplikasi yang kita gunakan adalah Office Word. Karena di Office Word sendiri fitur simbol ini sudah tersedia dan kita tinggal memilih untuk menyisipkan simbol kedalam halaman pengetikan.

cara-membuat-simbol-telepon-di-office-word-0

Saya anggap pengunjung blog IM sudah pada tahu bagaimana cara memasukkan simbol kedalam lembar pengetikan Office Word. Namun apakah Anda tahu bagaimana cara membuat simbol telepon di Office Word? Jika hanya memasukkan simbol-simbol biasa yang terdapat didalam fitur simbol Office Word, mungkin gampang. Tapi untuk menyisipkan simbol telepon kita meski melakukan pengaturan lagi.

Berikut Cara Termudah Membuat Simbol Telepon Di Office Word

Terkadang seorang penulis akan membutuhkan simbol telepon atau faksimile untuk disisipkan didalam lembar pengetikan. Simbol telepon ini biasanya untuk menampilkan atau menunjukkan nomor telepon didalam tulisan agar lebih tersampaikan maksud dari penulis bahwa nomor tersebut adalah nomor telepon. Dan memang jika kita masuk kehalaman simbol di Office Word, sekilas simbol telepon tersebut tidak ada. Padahal sebenarnya simbol tersebut ada, namun kita perlu melakukan sedikit pengaturan lagi.

Seperti yang sudah biasa Anda lakukan ketika ingin menyisipkan simbol di Office Word, untuk hal memasukkan simbol telepon juga cara awalnya masih sama yaitu dari Tab Ribbon Insert. Disini saya memberikan contoh tutorial pada Microsoft Office Word 2007.

cara-membuat-simbol-telepon-di-office-word-1

Selanjutnya dihalaman Tab Ribbon Insert coba Anda arahkan pandangannya kesebelah kanan atas, disitu akan ditemukan fitur Symbol. Nah silakan Anda klik tombol Symbol kemudian klik pilih lagi More Symbols.

cara-membuat-simbol-telepon-di-office-word-2

Agar simbol telepon tampil seperti simbol-simbol lainnya, Anda meski mengatur Font menjadi ke Wingdings. Kemudian character code untuk simbol telepon adalah 40. Nah, bagaimana sudah ditemukan bukan? Jika sudah ditemukan, silakan klik pilih simbol telepon tersebut dan klik Insert untuk memasukkan simbol telepon kedalam halaman pengetikan.

cara-membuat-simbol-telepon-di-office-word-3

Asal Anda tahu saja, bahwa ketika kita selesai memasukkan simbol kedalam halaman pengetikan, maka jendela Symbols ini tidak akan keluar secara otomatis. Anda meski mengeluarkannya secara manual dengan klik pilih Close dikanan bawah atau tombol Close yang berada dipijok kanan atas.

Selanjutnya untuk memudahkan dalam pembuatan simbol telepon kedepannya, maka kita bisa membuat keyboard shortcut. Dengan membuat keyboard shortcut maka nanti jika kita membutuhkan simbol telepon tidak perlu masuk ke jendela Symbols lagi. Kita cukup menekan tombol keyboard sesuai dengan Shortcut Key yang sudah ditentukan sebelumnya.

Untuk membuat keyboard shortcut (masih di jendela Symbols) cara cukup mudah, setelah Anda memilih simbol mana yang akan dibuatkan keyboard shortcut kemudian Anda tinggal klik pilih Shortcut Key.

cara-membuat-simbol-telepon-di-office-word-4

Tempatkan kursor pada kolom Press new shortcut key kemudian Anda buat keyboard shortcutnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda tinggal menekan tombol keyboard mana yang akan dijadikan keyboard shortcut nanti untuk memanggil simbol yang telah ditentukan diawal. Contoh disini saya menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Num 1. Artinya ketika nanti dihalaman pengetikan saya menekan tombol Ctrl dan Num 1 (Nomor 1 yang ada dibarisan Numlock keyboard) maka otomatis akan terbentuk simbol telepon.

Terakhir silakan Anda klik Assign untuk menyimpan keyboard shortcut tersebut, lalu klik Close.

cara-membuat-simbol-telepon-di-office-word-5

Bagi Anda yang masih bingung dengan keyboard shortcut, contoh kecilnya jika kita menekan tombol Ctrl dan huruf P (Ctrl+P) maka otomatis halaman kerja kita akan melakukan perintah print/cetak. Atau jika kita menekan tombol Ctrl dan huruf S (Ctrl+S) maka otomatis akan menyimpan hasil kerja kita di aplikasi Office Word.

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Membuat Simbol Telepon Di Office Word. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *