Home / WordPress / Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress Paling Mudah

Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress Paling Mudah

Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress Paling Mudah – Sitemap adalah peta situs yang berisi list konten artikel. Artikel yang dimaksud adalah seperti list posting, kategori, tag, dan halaman. Sitemap dibuat untuk memudahkan mesin pencari dalam mengindex seluruh konten WordPress.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Akismet WordPress Untuk Blog Baru

Pentingkah Membuat Sitemap XML Di WordPress ?

Jika kita membuat blog tujuannya agar bisa keindex sama mesin pencari, maka jawabannya adalah penting. Kenapa ? Karena agar blog menjadi lebih SEO Friendly salah satunya maka perlu dibuat Sitemap. Sitemap untuk keperluan mengoptimalkan WordPress dalam hal SEO, berbeda dengan Sitemap layaknya halaman Daftar Isi. Jika Sitemap dalam membantu pengindexan mesin pencari biasanya basis XML atau Sitemap XML. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat Sitemap XML blog ini.

Dalam membuat Sitemap XML di WordPress kita tidak perlu dipusingkan dengan kode-kode. Semua itu bisa kita lakukan dengan mudah. Kita bisa memanfa’atkan puluhan plugin untuk keperluan tersebut. Hanya dengan beberapa klik, selesailah membuat Sitemap XML di WordPress.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress ?

Seperti yang sudah diterangkan diatas, bahwa dalam hal membuat Sitemap XML di WordPress kita cukup menggunakan plugin saja. Banyak plugin untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bahkan bagi Anda yang menggunakan plugin SEO by Yoast tidak perlu menginstall plugin lagi. Karena didalam plugin SEO by Yoast sudah tersedia fitur untuk membuat Sitemap XML.

Diantara banyak plugin pilihan untuk membuat Sitemap XML di WordPress saya merekomendasikan Google XML Sitemaps. Plugin ini banyak digunakan web-web terkenal. Ketika artikel ini dibuat, yang downloads plugin Google XML Sitemaps sudah mencapai 16.415.100.

Untuk mengaktifkan plugin Google XML Sitemaps di WordPress bisa dicari di menu Plugins WordPress.org. Agar lebih mudah, sebaiknya melalui Dashboard wp-admin saja. Ketik dengan kata kunci “Google XML Sitemaps” di kolom pencarian Plugins > Add New. Setelah ditemukan, langsung saja klik Install Now.

Selesai Install lalu Aktifkan plugin Google XML Sitemapsnya. Selanjutnya kita lakukan pengaturan di Settings > XML-Sitemap. Silakan disesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika saya melakukan pengaturan pada Basic Options seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Membuat Sitemap XML Di WordPress 2

Dan konten yang akan ditampilkan di Sitemap XML, saya hanya mencentang di Include homepage, Include post, Include static pages, Include categories, dan Include tag pages. Lalu pada Further options saya mencentang juga Include the last modification time.

Membuat Sitemap XML Di WordPress 3

Untuk pengaturan lainnya, saya biarkan secara default saja. Artinya saya hanya melakukan perubahan sedikit pada Sitemap Content dan Further options.

Jika semua pengaturan sudah selesai dilakukan sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa klik Update options. Silakan dicoba Sitemap XML yang sudah dibuat dengan URL http://nama-domain/sitemap.xml.

Langkah terakhir, masukkan Sitemap XML ke Google Webmaster Tools > Crawl > Sitemaps > Add/Test Sitemap. Jika semua pengaturannya sudah benar, maka Sitemap XML di Webmaster statusnya akan terindex.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

56 comments

  1. terima kasih berkongsikan info ini..saya cukup menyukainya!

  2. cara membuat Sitemap XML Di WordPress ini keliatan mudah..
    makasih mas tinggal dicoba

  3. terima kasih atas perkongsian. sangat bermanfaat dan sememangnya sitemaps ini memainkan peranan penting untuk para blogger.

    • Iya mas Sitemap basis XML memang sangat membantu dalam hal pengindexan artikel di mata Google.

  4. WP boleh juga dicoba untuk alternatif blog….mesti perkenalan dulu ama WP ni….sekali2 mencoba pengalaman baru

  5. sangat simple sekali yah kang cara membuat sitemap di Wp ini hmmm tak simpan nih kang tutorial nya lumayan nambah pengetahuan :)

  6. ternyata ada plugin ya kalau diwordpress untuk membuat sitemap…kayaknya tertarik juga gan main WP lagi….selain asik ya jadi dapat tantangan baru…ok makasih gan

  7. Terimakasih Mas, atas turotial pembauatan sitemap zml untuk woedpress, sangat bermanfaat sekali, apalgi bagi saya par newbiew. Terimakasih mas.

  8. Kalau setting xml site map dari editor sama menggunakan plug in, kira-kira bagusan yang mana? Terima kasih untuk balasannya nanti yah min

    • Jika memang sudah pintar koding, lebih baik tanpa menggunakan plugin mas. Karena terlalu banyak menggunakan plugin katanya akan memberatkan loading web.

  9. kesimpelan cara membuat sitemap XML di wordpress sangat mudah dan simpel, pemula wordpress seperti saya yang sangat gagap maen WP jadi dimudahkan, terimakasih kang, saya sedang membangun WP nih

  10. Kalau saya suka pakai plugin yoast sekalian untuk membuat xml nya.

  11. Info yang bermanfaat….Ada yang tahu membuat sitemap otomatis dengan php g? tolong di share dong…triiims

  12. Kami mengalami kesalahan saat mencoba mengakses Peta Situs Anda. Pastikan Peta Situs Anda mengikuti pedoman kami dan dapat diakses pada lokasi yang Anda berikan, lalu kirimkan kembali.

    tiap di masukan ke google gini terus gan ada solusi..?

    • Mas menggunakan plugin apa untuk Sitemap.XML-nya? Apakah kode meta tag Google Webmaster Tools sudah mas pasang di header tema yang digunakan?

  13. gimana cara mengatasi ini gan ?
    Warning!

    The Google XML Sitemaps plugin(s) might cause issues when used in conjunction with Yoast SEO.

    Both Yoast SEO and Google XML Sitemaps can create XML sitemaps. Having two XML sitemaps is not beneficial for search engines, yet might slow down your site.

    Configure Yoast SEO’s XML Sitemap settings

    Recommended solution
    We recommend you deactivate Google XML Sitemaps and have another look at your Yoast SEO configuration using the button above.

    Deactivate Google XML Sitemaps

    • Itu hanya bentuk peringatan dari Plugin SEO by Yoast mas. Yoast menyarankan agar mas menggunakan sitemap xml bawaan dari plugin SEO by Yoast. Itu terserah mas, jika tidak ingin muncul peringatan itu maka gunakan sitemap xml dari Yoast. Namun jika dibiarkan juga tidak menjadi masalah.

  14. terima kasih gan untuk ilmunya..
    CARA MEMBUAT SITEMAP XML DI WORDPRESS PALING MUDAH
    itu sangat membantu dalam penyelesaian blok saya obatpenggugur-obattelatbula

  15. artikel yg bagus gan, terimakasih telah membuat artikel ini gan, sangat bermanfaat, sukses terus yaa,, oh ya tapi kenapa xml saya kok keluarnya malah error gitu ya gan ?

    • Bisa diberikan contoh rincinya, error bagaimana gan? Agan sudah mempraktekkan semua cara-cara yang saya intruksikan kan?

  16. permisis saya mau bertanya bagaimana cara membuat menu navigasi menjadi melebar seperti di atas

    terimakasih

    • Mas harus bermain di file style.css dan coba lakukan perubahan pada class main-container dan main-header. Awalnya class tersebut adalah seperti ini :

      .main-container {
          width: 980px;
          margin: 0 auto;
          overflow: hidden;
          padding: 0;
          background: #fff;
          position: relative;
          box-shadow: 0px 0px 10px rgba(50, 50, 50, 0.17);
      }
      .main-header {
          position: relative;
          margin: 0 auto;
          width: 100%;
          z-index: 99;
          max-width: 980px;
          float: none;
          display: block;
          min-height: 115px;
      }

      Anda rubah menjadi begini :

      .main-container {
          margin: 0 auto;
          overflow: hidden;
          padding: 0;
          background: #fff;
          position: relative;
          box-shadow: 0px 0px 10px rgba(50, 50, 50, 0.17);
      }
      .main-header {
          position: relative;
          margin: 0 auto;
          width: 100%;
          z-index: 99;
          float: none;
          display: block;
          min-height: 115px;
      }

      Dan juga hapus css ini .main-container { max-width: 96%; } pada file responsive.css yang ada dalam template. Untuk masuk ke file responsive.css harus dari cPanel Hosting.

      Semoga berhasil dan salam sukses !

  17. Artikelnya informatif ya, oh ya ada sy mw tanya nih gan sy tertarik dgn settingan wig blognya, tpi via email ya, blh ngk gan?

    • Maksudnya apa “wig blog”? Apakah Widget atau apa ya? Jika saya bisa Insya Allah akan saya bantu mas …

  18. makasih infonya gan, ternyata begitu selesai diinstal, aktivasi, terus nggak perlu di oprek-oprek lagi yah, kecuali kalo ada yang mau di rubah sedikit.

  19. Terima Kasih Artikelnya sangat membantu. akan saya coba,sebagai blogger pemula sekali lagi terima kasih.

  20. Sangat menarik gan,tapi uji peta situsnya itu perartikel atau perkelompok ya? baiknya yang mana gan.baru belajar wp nih

    • Untuk mengetahui hasilnya tentang Peta Situs format XML mas bisa lihat Sitemap blog ini dengan mengakses URL http://info-menarik.net/sitemap_index.xml Terima Kasih.

  21. Makasih sob infonya, nanti akan saya terapkan di situs saya, caranya beda sama blpg blog yang lain dan mnurut saya di wp paling susah

  22. artikelnya sangat membantu gan,dan keliling nyari buat sitemap blog ane ketemunya di sini nih pencerahannya,terima kasih gan ilmunya

  23. Terimakasih informasinya ,,, sangat membantu bagi blogger pemula seperti saya … sudah saya coba dan alhamdulilah berhasil ..terimakasih banyak

  24. Mas, mau tanya, saya kan pake plugin google xml sitemap, tapi kenapa ya di webmaster banyak warningnya? jumlahnya sampai 115 warning, padahal pengaturan pluginnya udah benar
    salah satunwarningnya seperti ini:
    When we tested a sample of the URLs from your Sitemap, we found that some URLs were not accessible to Googlebot due to an HTTP status error. All accessible URLs will still be submitted.

    Itu apanya yang salah saya mas?
    Thanks

    • Apakah mas menggunakan plugin SEO by Yoast? Jika benar silakan hapus saja plugin XML Googlenya karena di SEO by Yoast juga sudah ada fitur Sitemap XML.

  25. gan ane pake plugin seo by yoast tpi sitemap nya tidak ane aktifin, Untuk sitemap nya sendiri ane ganti dengan plugin Google XML Sitemaps
    apakah tidak akan mengakibatkan eror ke pencarian google nya ??
    mohon pencerahaan ilmunya gan ane tunggu dan terima kasih sebelum nya

    • Salam. Insya Allah tidak mas, dulu saya juga begitu. Peringatan dari Google tidak ada, namun nanti akan ada peringatan dari plugin SEO by Yoast, menurut saya itu tidak masalah.

  26. Udah muter-muter kesana kesini, akhirnya ketemu juga tutorial yang lengkap dan jelas. Terima kasih infonya ya….

  27. Cocok buat saya yang masih pemula gan. Saya lagi belajar ngeblog di WP dan ternyata banyak sekali tantangannya yang harus dilakukan, salah satunya setting plugin yang sedikit agak ribet….semoga sukses selalu untuk blognya gan…

  28. Mas mau tanya kalo mengatasi kesalahan di google webmaster dan saat ini saya menggunakan plugin XML Sitemap Generator itu cara menanganinya gimna ya???

    mohon pencerahannya mas…!

  29. trims ilmunya gan, sekalian mau tanya. saya bener-bener pemula menggunakan wordpress ada saran gak untuk template yang bagus dan mudah untuk di edit.

  30. bagaimana cara nyetting peta situs wordpres yg gratis, saya nyari dimana – mana website gak ada yg punya artikel itu, saya minta tolong ya update artikel tentang cara setting peta situs yang benar makasih

    • Sepertinya untuk WordPress gratis tidak ada gan, karena Peta Situs (Sitemap) menggunakan Plugin sedangkan wp.com tidak bisa menggunakan Plugin.

  31. yoga prasetiadi

    setelah update option, lalu link apa yang dimasukkan di sitemaps webmaster tool ? kok gak muncul? mohon dibantu

  32. mas mau tanya kalau cara membuat seperti punya sampean itu http://info-menarik.net/daftar-isi/ buatnya bagaimana y? melalui codingnya atau hanya buat page baru dan diisi manual setiap kali post halaman terimkasih

  33. Maaf Min Apa Ada sitempe.xml.gz terus bagaimana cara membuatnya terima kasih atas penjelasannya admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *