Home / Microsoft Office / Cara Mudah Membuat Spin Button Dan Memunculkan Tab Developer Di Office Excel

Cara Mudah Membuat Spin Button Dan Memunculkan Tab Developer Di Office Excel

Cara Membuat Spin Button Di Office Excel – Dengan menggunakan Spin Button maka bisa meningkatkan produktivitas kerja Anda di Office Excel. Fitur Spin Button ini biasa kita manfaatkan seperti ketika membuat aplikasi raport, kartu peserta ujian, kartu pelajar, dan sebagainya. Fungsi Spin Button di Office Excel adalah untuk menampilkan atau mengubah data yang telah kita atur sebelumnya dimana format data tersebut semuanya sama. Artinya misal kita sedang membuat aplikasi raport, tentunya format raport seluruh siswa adalah sama. Namun yang membedakan dalam aplikasi raport adalah isinya seperti identitas siswa, nilai, dan sebagainya. Maka untuk mempercepat proses terutama dalam proses pencetakan (print) kita gunakan saja Spin Button.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi File Office Excel Tidak Bisa Dibuka File Rusak

Agar Spin Button dapat bekerja dengan maksimal, tentunya harus digabungkan dengan fungsi-fungsi Office Excel lainnya, seperti fungsi Hlookup, Vlookup, If, dan sebagainya. Bingung ya? Silakan simak saja artikel ini selesai!

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-0

Contoh sederhanya sebelum artikel ini dilanjutkan, silakan Anda lihat gambar contoh di bawah ini :

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-1

Untuk memindahkan data pada gambar yang saya contohkan diatas, kita cukup klik tombol Up dan Down saja. Nah tombol tersebut namanya adalah Spin Button. Coba Anda bayangkan ketika kita membuat aplikasi di Office Excel yang dalam pembuatannya kita kerjakan secara manual. Seperti contoh gambar diatas sebetulnya kita dengan mudah mengetikkan angka pada masing-masing nilai mata pelajaran. Jika jumlah siswanya sedikit tentunya sesuatu hal yang gampang, lalu bagaimana jika jumlah siswanya ratusan?

Berikut Cara Membuat Spin Button Di Office Excel Sekaligus Memunculkan Tab Developer

Apa itu Tab Developer? Tab ini yang akan kita perlukan untuk membuat atau menampilkan Spin Button. Secara default Office Excel tidak akan menampilkan Tab Developer, karena tab ini khusus untuk kalangan tertentu saja.

Untuk memunculkan Tab Developer caranya sangat mudah. Disini saya akan memberi contoh pada Office Excel 2007. Silakan Anda klik Office Button (kiri atas) kemudian klik Excel Options.

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-2

Pada tab Popular silakan Anda centang/checklist Show Developer tab in the Ribbon. Klik Ok dan lihat hasilnya, sekarang tab Office Excel Anda sudah bertambah satu tab lagi yaitu Tab Developer.

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-3

Setelah sukses menampilkan Tab Developer, kini saatnya praktik membuat Spin Button. Agar mudah dipahami, silakan Anda ikuti saja semua yang saya contohkan dalam artikel ini. Selanjutnya jika Anda sudah paham cara kerja Spin Button, maka bisa berkreasi sendiri sesuai kebutuhan.

Langkah pertama silakan Anda buat projek di Office Excel seperti yang saya contohkan di bawah ini. Untuk jumlah nilai dan rata-rata nilai, langkah cepatnya silakan gunakan rumus. Fungsi untuk menjumlahkan nilai adalah =SUM(number1;[number2];….) dan fungsi rata-rata adalah =AVERAGE(number1;[number2];….). Saya anggap Anda sudah bisa bagaimana cara menggunakan fungsi SUM dan AVERAGE. Oh iya jangan sampai lupa untuk mengubah nama Sheet1 menjadi Nilai.

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-4

Selesai membuat Sheet1 sekarang Anda klik Sheet2 dan ubah namanya menjadi Hasil. Lalu buat lagi projek seperti yang saya contohkan dalam gambar di bawah ini :

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-5

Membuat data untuk uji coba Spin Button sudah selesai. Sekarang tiba waktunya untuk menampilkan Spin Button. Cara kerja dari projek yang kita buat di Office Excel adalah, kita akan mencetak Kartu Laporan Nilai Ujian Nasional atau data yang ada di Worksheet Hasil dimana formatnya tetap seperti yang saya contohkan diatas. Kita akan mengubah isi dari format tersebut yaitu, Nama Siswa, Nilai Mata Pelajaran (IDN, MTK, dan IPA), Jumlah Nilai, dan Rata-rata.

Untuk menampilkan Spin Button silakan Anda klik Tab Developer yang tadi sudah Anda munculkan. Kemudian klik Insert dan pilih Spin Button (Form Control).

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-6

Drag di layar kerja Office Excel. Rapikan Spin Button dengan mengubah ukuran Height dan Widthnya. Untuk mengubah ukuran dan memindahkan Spin Button ke lokasi yang kita inginkan, silakan klik kanan pada Spin Button dan atur agar terlihat bagus. Minimal Spin Button yang Anda buat akan terlihat seperti yang saya contohkan dalam gambar di bawah ini :

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-7

Pada Cell G5 silakan Anda buat Border dan beri warna menggunakan Fill Color.

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-8

Langkah selanjutnya adalah mengatur Spin Button agar bisa berfungsi sesuai dengan yang kita inginkan. Untuk mengatur Spin Button, silakan klik kanan Spin Button dan klik pilih Format Control.

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-9

  1. Current value : adalah angka yang akan ditampilkan sebagai default pada Cell G5;
  2. Minimum value : adalah angka minimum yang ingin Anda tampilkan dengan Spin Button;
  3. Maximum value : adalah angka maksimal yang ingin Anda tampilkan dengan Spin Button;
  4. Incremental change : adalah kelipatan kenaikan sebanyak angka yang kita Misalnya jika di isi 2 maka pada Cell tujuan akan menampilkan angka 2, 4, 6, 8 dan seterusnya;
  5. Cell link : adalah Cell tujuan hasil eksekusi Spin Button. Dalam contoh kali ini Cell eksekusi adalah Cell G5.

Untuk lebih jelasnya, silakan Anda atur jendela Format Control seperti yang saya contohkan di bawah ini :

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-10

Sekarang tiba pada langkah yang menyenangkan, yaitu pembuatan fungsi. Tenang, karena dalam pembuatan fungsi agar Spin Button bisa kita gunakan tidak terlalu banyak fungsi. Dalam contoh kali ini kita akan menggabungkan Spin Button dengan fungsi Vlookup. Layar kerja Anda masih di Worksheet Hasil dan tempatkan cursor pada Cell C4 atau atau pada baris Nama Siswa. Ketikkan fungsi berikut di dalamnya :

=VLOOKUP($G$5;Nilai!$A$5:$G$11;2;0)

Keterangan Fungsi :

  1. $G$5 atau G5 adalah lookup_value merupakan Cell eksekusi Spin Button;
  2. Nilai!$A$5:$G$11 atau Nilai!A5:G11 adalah table_array dimana dalam hal ini kita akan mengambil data dari Sheet Nilai. Data yang akan kita ambil dari Sheet Nilai yaitu dari Cell A5 dampai dengan G11;
  3. 2 adalah col_index_num yang dalam hal ini Nama Siswa pada Sheet Nilai berada pada kolom ke-2;
  4. 0 adalah [range_lookup].

cara-membuat-spin-button-di-office-excel-11

Setelah sukses mengisi fungsi pada baris Nama Siswa, selanjutnya Anda isi juga pada baris Mata Pelajaran (Cell C6, D6, dan E6), Jumlah Nilai (Cell C7), dan Rata-rata (Cell C8). Semua fungsi tersebut adalah sama, yang membedakannya adalah hanya pada col_index_num saja. Contoh disini col_index_num Mata Pelajaran IDN = 3, MTK = 4, IPA = 5, Jumlah Nilai = 6, Rata-rata = 7. Dengan begitu Anda bisa copy paste Fungsi Vlookup dari baris Nama Siswa.

Coba Anda tes Spin Button apakah sudah dapat berfungsi dengan baik atau tidak? Jika gagal, mungkin ada yang salah dalam mengisi Fungsi Vlookup. Intinya data yang akan kita eksekusi dari Sheet Hasil kita ambil dari Sheet Nilai.

Download Projek Excel

Ok mungkin artikel Cara Membuat Spin Button Di Office Excel dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi pada artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *