Home / Photoshop / Cara Sederhana Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas Di Photoshop (Efek Folded)

Cara Sederhana Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas Di Photoshop (Efek Folded)

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas – Sudah lama tidak menulis tutorial Photoshop karena terbentur dengan kesibukan, dan mumpung ada kesempatan baik, kali ini saya akan kembali berbagi tutorial Photoshop keren dan menarik. Tutorial Photoshop yang akan saya bahas pada tutorial ini adalah belajar membuat teks atau tulisan seolah-olah diberi efek lipatan kertas. Artinya tulisan yang dibentuk dan dirangkai dari lipatan-lipatan kertas padahal sebenarnya itu adalah hasil olahan Adobe Photoshop. Efek tulisan lipatan kertas ini sering dikenal juga dengan sebutan efek Folded.

Baca Juga : Cara Membuat Huruf Warna-Warni Efek Pelangi (Rainbow) Di Photoshop

Sebelum dilanjut, mungkin Anda penasaran seperti apakah bentuk tulisan Photoshop efek lipatan kertas itu? Contoh sederhananya saya sudah membuat teks efek folded seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini :

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (0)

Jika Anda tertarik ingin mencoba membuat tulisan efek lipatan kertas (folded) di Photoshop, silakan ikuti tutorial ini sampai selesai. Untuk membuat huruf efek folded di Photoshop persyaratannya cuma program Adobe Photoshop saja, selain itu tidak ada lagi. Untuk versi bebas, dan sayapun dalam membuat huruf efek folded ini menggunakan Adobe Photoshop CS3.

Berikut Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Efek Folded) Di Photoshop

Silakan Anda buka program Adobe Photoshopnya kemudian buatlah canvas baru dengan width 1000 px dan height 500 px. Untuk resolusi disesuaikan saja, kalau saya lebih suka menggunakan resolusi 300 px.

Buat tulisan FOLDED menggunakan jenis Font Futura Bold (cari di Google banyak). Untuk sementara beri warna hitam (#000000) pada tulisannya. Sedangkan untuk latar belakang canvas (background) beri nilai #fefde1.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (1)

Masing-masing huruf beri warna yang berbeda supaya nanti kelihatannya lebih menarik lagi. Anda bebas berkreasi dalam pemilihan warna, namun untuk sementara tidak ada salahnya warna masing-masing hurufnya mengikuti seperti yang sudah saya contohkan.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (2)

Setelah selesai menentukan warna pada masing-masing huruf, sekarang buatlah Guide Lines untuk memberikan skala pada masing-masing huruf. Dengan adanya Guide Lines, maka nanti kita akan mengikuti pola tersebut dalam mengubah bentuk-bentuk tulisan. Membuat Guide Lines cukup mudah, Anda tinggal klik tahan mouse pada Rules kiri dan geser/tarik (Guide Lines Vertical) Rules atas (Guide Lines Horizontal). Silakan Anda buat seperti yang sudah saya contohkan pada gambar di bawah ini :

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (3)

Selesai membuat Guide Lines, sekarang ubah format Layers Text menjadi Resterize Type. Caranya dari Layers Text silakan klik kanan lalu klik pilih Resterize Type. Perubahannya Anda bisa lihat pada contoh gambar di bawah ini :

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (4)

Ok, membuat guide lines dan mengubah format layer text menjadi resterize type sudah kita selesaikan. Sekarang coba Anda perbesar canvas dengan cara menekan Ctrl+Space sambil klik mouse berulang-ulang sampai ukuran maksimal cukup. Sekarang tampak jelas kalau masing-masing huruf ini tidak rapih dan kita perlu merapikannya atau menutupi bagian-bagian yang kosong. Untuk menutupi bagian yang kosong (layers Text aktif) gunakan Rectangular Marquee Tool (M) untuk mengambil sample dan untuk menduplikat sekaligus memindahkannya gunakan Move Tool (V). Ketika Anda selesai membuat seleksi dengan Rectangular Marquee Tool selanjutnya Anda aktifkan Move Tool dan tekan/tahan Alt (keyboard) klik mouse dan drag sampai lokasi yang diinginkan untuk menutupi.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (5)

Ini adalah contoh bagian kosong yang sudah ditutup dengan warna tulisan serupa. Lakukan juga pada bagian-bagian kosong huruf F lainnya sesuai dengan Guide Lines yang Anda buat tadi.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (6)

Contoh huruf F sudah selesai diperbaiki setiap bagian-bagian yang kosongnya menggunakan Rectangular Marquee Tool dan Move Tool. Dengan cara manual juga saya telah membuat garis kedua huruf F menjadi agak menonjol keluar sedikit (sebelah kiri).

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (7)

Lakukan perubahan pada huruf lain yang masih tersisa. Huruf O dibuat persegi saja dan huruf D juga sama dibuat persegi. Huruf O dan huruf D bagian dalamnya Anda buat persegi menggunakan Rectangular Marquee Tool lalu menghapusnya. Kemudian huruf-huruf yang ditambah secara manual garisnya seperti huruf F diatas adalah huruf D dan E.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (8)

Ok sampai langkah ini projek kita di Photoshop membuat tulisan efek lipatan kertas hampir selesai. Sekarang tugas kita adalah agar efek lipatan kertasnya kelihatan lebih nyata lagi maka kita harus menghapus beberapa sudut huruf. Hal ini untuk memanipulasi setiap orang yang melihat bahwa huruf tersebut seolah-olah kertas yang dilipat. Menghapus sudut huruf bisa menggunakan Polygonal Lasso Tool (L). Buat seleksi pada sudut yang ingin dihapus (layer Text aktif) menggunakan Polygonal Lasso Tool dengan mengikuti pola Guide Lines, contoh pertama saya ingin menghapus sudut atas kiri huruf F.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (9)

Tidak semua sudut pada huruf harus dihapus, namun hanya beberapa bagian sudut saja yang sekiranya disana ada lipatan kertas. Huruf F satu sudut, huruf O empat sudut, huruf L satu sudut, huruf D dua sudut, dan huruf E dua sudut. Selengkapnya bisa dilihat pada contoh gambar di bawah ini :

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (10)

Yang namanya kertas lipatan maka tentunya akan terdapat dua bagian warna yang berbeda antara depan dan belakang. Nah agar tugas kita dalam membuat tulisan efek lipatan kertas ini lebih nyata lagi maka kitapun disini akan membuat dua warna berbeda dari masing-masing huruf, atau tepatnya mengubah satu bagian warna huruf. Sebelum diubah warnanya, kita beri efek gradient pada setiap lembar kertas yang kita anggap saling berhadapan. Pertama yang akan saya beri efek gradient adalah huruf F bagian atas, seleksi menggunakan Rectangular Marquee Tool (M) mengikuti Guide Lines.

Aktifkan Gradient Tool (G) lalu tekan huruf D pada keyboard untuk mengembalikan warna default Foreground dan Background. Untuk Gradient Tool silakan pilih mode Foreground to Transparant dan jenis Linear Gradient sedangkan Opacity cukup 50% saja.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (11)

Ini adalah hasil contohnya bagian lipatan kertas yang sudah diberi efek Gradient Tool dengan pengaturan seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (12)

Lakukan juga pemberian efek gradient pada bagian lipatan kertas huruf F lainnya.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (13)

Dan ini adalah hasil akhir pemberian efek gradient pada semua lipatan huruf. Huruf F ada tiga efek gradient, huruf O ada empat efek gradient, huruf L ada satu efek gradient, huruf D ada empat efek gradient, dan huruf E ada empat efek gradient.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (14)

Setelah semua huruf diberi efek gradient, tugas kita sekarang adalah mengubah warna setiap lipatan yang baru saja kita beri efek gradient. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas kalau langkah ini adalah untuk membedakan kedua bagian lipatan kertas.

Silakan Anda seleksi dulu semua lipatan yang tadi telah Anda beri efek gradient menggunakan Rectangular Marquee Tool (M). Trik seleksi hanya beberapa bagian saja adalah dengan menggunakan tombol Shift pada keyboard. Selesai seleksi bagian pertama untuk melanjutkan ke seleksi seterusnya sambil tekan Shift.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (15)

Perubahan warna yang akan saya lakukan adalah dengan menggunakan efek Hue/Saturation. Tekan Ctrl+U untuk mengaktifkan Hue/Saturation dan beri nilai -40 pada Saturation dan 20 pada Lightness. Kedepannya bisa Anda sesuaikan dengan kondisi projek yang sedang dikerjakan.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (16)

Dan berikut adalah hasil finishnya! Sekarang kita bisa lihat kalau masing-masing huruf mempunyai dua bagian warna yang berbeda dan sekilas sepertinya huruf-huruf tersebut adalah hasil lipatan kertas nyata.

Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas (Folded) (17)

Bagaimana mudah bukan? Simpan hasil karya Anda dalam format JPG atau PNG untuk keperluan cetak dan PSD untuk keperluan nanti jika ingin di edit kembali. Mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Tulisan Efek Lipatan Kertas Di Photoshop. Semoga artikel huruf efek folded ini ada manfaatnya bagi siapapun yang membutuhkan. Salam sukses dan sampai bertemu lagi diartikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Wah hasil nya mantap sekali , saya sudah nyoba gan,, tapi ada juga font nya yang langsung sama dengan hasil tutorial di atas mas “acid font” nama nya,, tpi saya lbih tertarik dengan tutorial ini karena lebih menantang dan memacu kreatifitas,, salam salut ,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *