Home / Microsoft Office / Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel Untuk Mencetak Hasil Kerja Excel

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel Untuk Mencetak Hasil Kerja Excel

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel – Sesuatu hal yang sering kita lupakan ketika ingin mencetak hasil kerja di Office Excel adalah menentukan ukuran kertas. Selain menentukan ukuran kertas, kita juga sering lupa mengatur kerapihan margin kertas. Tanpa diatur ukuran kertas dan batas margin kertas maka bisa menyebabkan hasil cetak tidak sesuai dengan keinginan. Hasil cetak akan jauh dari kata sempurna dalam hal kerapihannya. Maka dari itu mulai sekarang jangan sampai lupa untuk mengatur jenis kertas dulu yang akan digunakan dalam mencetak hasil kerja Excel. Dan disini saya akan berbagi cara membuat ukuran kertas sesuai dengan yang diinginkan dan juga akan menjelaskan bagaimana cara mengatur batas margin kertas agar hasil cetak memuaskan.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Ukuran Kertas F4 Di Komputer Windows

Untuk menentukan jenis kertas yang akan digunakan nanti ketika mencetak hasil kerja Excel bisa dilakukan diawal kerja atau bahkan diakhir. Banyak jenis kertas yang dapat kita gunakan dan umumnya jenis kertas yang paling sering digunakan di lingkungan pendidikan dan pemerintahan adalah jenis kertas A4 dan F4.

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel (0)

Bukan perkara yang sulit dalam menentukan jenis kertas yang akan dipakai di Office Excel. Karena semua itu sudah disediakan fiturnya secara otomatis di Office Excel. Sementara itu kita hanya tinggal memilih saja jenis kertas apa yang mau digunakan untuk keperluan mencetak hasil kerja.

Namun dari sekian banyaknya jenis kertas yang dapat kita gunakan untuk mencetak, ada satu jenis kertas yang tidak terdaftar di list paper size Office Excel. Jenis kertas apa yang tidak ada? Ya, benar! Jenis kertas F4 tidak ada dalam daftar ukuran kertas bawaan di Office Excel. Padahal seperti yang sudah kita tahu khusus di Indonesia yang saya tahu kalau jenis kertas F4 lumayan banyak juga penggunanya seperti di lingkungan Pemerintahan dan Pendidikan.

Berikut Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel Sesuai Dengan Jenis Kertas Yang Diinginkan

Dengan terpaksa kita harus membuat ukuran kertas sendiri secara manual untuk memenuhi kebutuhan mencetak pada jenis kertas F4. Jangan khawatir tidak sulit ko! Mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dan ini hanya kita lakukan sekali saja selama OS Windows tidak diinstall ulang.

Untuk membuat ukuran kertas sendiri secara manual di Office Excel silakan Anda klik pilih menu Page Layout. Disini saya menggunakan Microsoft Office Excel 2007. Kemudian klik pilih tab Size > More Paper Size. Jika seandainya kita tidak akan memilih jenis kertas F4 maka kita tidak perlu memilih More Paper Sizes untuk membuat ukuran kertas. Langsung saja Anda pilih jenis kertas yang sudah terdaftar otomatis disana, seperti A4, Legal, Letter, dan sebagainya.

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel (1)

Disini karena kita tujuan utamanya ingin membuat jenis kertas baru secara manual, maka kita harus memilih Options ….

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel (2)

Nanti Anda akan diarahkan kehalaman pop-up printer default yang terhubung ke komputer atau laptop Anda. Silakan klik pilih Custom …

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel (3)

Sekarang waktunya membuat sendiri ukuran kertas yang kita inginkan. Dalam contoh kali ini kita akan membuat ukuran kertas F4 dan kita meski tahu dulu berapa ukuran jenis kertas F4. Ukuran kertas F4 adalah Width 21,5 cm dan Height 33 cm. Jika dalam satuan mm adalah Width 215,0 mm dan Height 330,0 mm. Beri nama pada kolom Name dengan nama kertas yang sedang dibuat, contoh F4.

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel (4)

Nah sekarang mari kita lihat pada list Size yang berada di menu Page Layout Office Excel apakah jenis kertas F4 sudah ada atau belum. Jika sukses maka jenis kertas yang dibuat secara manual akan bertambah otomatis dan silakan Anda tinggal memilih saja jenis kertas tersebut.

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel (5)

Ok sampai disini kita sudah selesai membuat jenis kertas baru sesuai dengan yang kita inginkan. Selanjutnya agar hasil cetak rata tengah secara otomatis dan supaya terkesan rapih kelihatannya maka setelah memilih jenis kertas yang akan kita gunakan selanjutnya Anda meski mengatur Margin Kertas.

Margin kertas ini masih berada di menu Page Layout, silakan Anda klik pilih tab Margins kemudian Custom Margins.

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel (6)

Agar posisi kertas yang nantinya kita cetak posisinya rata tengah secara otomatis silakan Anda centang/checklist di Horizontally dan Vertically pada opsi Center on page. Setelah itu kita klik pilih tombol Print Preview untuk melihat tampilan kertas apakah sudah sesuai dengan yang kita inginkan atau belum.

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel (7)

Di halaman Print Preview kita bisa menampikan batas margin kertas dengan mencentang Show Margins. Selanjutnya disini Anda bisa mengatur margin kertas secara manual dengan cara menggeserkan semua margin.

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel (8)

Jika semuanya sudah sesuai dengan yang diinginkan, silakan kini saatnya Anda mencetak hasil kerja Office Excel. Bagaimana mudah bukan?

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel sekaligus Cara Mengatur Margins Kertas Sebelum Mencetak. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapa saja membutuhkannya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *