Home / Photoshop / Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop (Lengkap Gambar)

Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop (Lengkap Gambar)

Cara Membuat Watermark – Kembali saya bahas seputar Watermark. Saya disini tidak akan menjelaskan apa yang disebut dengan Watermark. Karena sebelumnya sudah pernah saya bahas dalam tulisan Cara Membuat Watermark Gambar Dengan Cepat Dan Otomatis Jadi silakan Anda simak saja pada artikel tersebut jika seandainya Anda kurang paham dengan Watermark.

Baca Juga : Cara Membuat Efek Long Shadow Di Photoshop Dengan Plugin Dan Action

Pada tutorial kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana cara membuat Watermark menggunakan bantuan program Adobe Photoshop. Cara ini termasuk kategori mudah. Karena tidak banyak langkah dalam praktiknya. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang baru mengenal Adobe Photoshop.

Yang perlu Anda siapkan sebelum dimulai tutorialnya adalah :

  1. Adobe Photoshop CS3 (versi berapapun tetap bisa mempraktikkan cara ini);
  2. Gambar yang akan diberi Watermark format JPG atau PNG;
  3. Logo/Brand format PNG yang akan ditanamkan kedalam Watermark.

Setelah tiga syarat utama diatas sudah Anda persiapkan, mari kita mulai saja tutorialnya.

Berikut Cara Membuat Watermark Dengan Menggunakan Adobe Photoshop CS3

Silakan Anda aktifkan program Adobe Photoshop yang sudah Anda install sebelumnya di komputer atau laptop.

Buka sekaligus antara gambar yang akan diberi Watermark dan logo yang akan ditanamkan kedalam Watermark gambar dengan klik File > Open. Disini saya mempunyai satu gambar atau wallpaper Photoshop dan logo InfoMenarik.

Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop (Lengkap Gambar) 01

Gunakan Move Tool untuk memindahkan logo kedalam gambar Photoshop. Untuk mengaktifkan Move Tool Anda juga bisa dengan menekan huruf V pada keyboard. Cara memindahkannya, setelah Move Tool aktif klik tahan pada logo dan geser kursor mouse sampai ketempat gambar yang akan ditanamkan Watermark.

Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop (Lengkap Gambar) 02

Lihat hasilnya seperti contoh gambar di bawah ini. Logo InfoMenarik sekarang sudah berada atau sudah tertanam di gambar Photoshop.

Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop (Lengkap Gambar) 03

Sampai langkah ini belum selesai, karena biasanya Watermark mempunyai nilai transfaran yang rendah. Sehingga sekilas jika kita lihat, Watermark kelihatannya tidak jelas atau ketajaman warnanya sangat rendah.

Ok untuk membuat Watermark menjadi transfaran sekarang Anda aktifkan layer logo. Disini layer logonya bernama Layer 1. Kemudian Anda rubah atau turunkan nilai Opacity yang semula 100% menjadi lebih rendah lagi. Semakin rendah nilai Opacity, maka logo akan semakin transfaran. Contoh disini saya memberikan nilai 60% saja.

Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop (Lengkap Gambar) 04

Kemudian Anda juga bisa membuat Watermark menggunakan tulisan atau huruf. Seperti biasa kalau membuat tulisan di Photoshop yaitu menggunakan Horizontal Type Tool. Mengaktifkan Horizontal Type Tool bisa juga dengan menekan huruf T pada keyboard.

Silakan Anda buat tulisannya seperti contoh disini saya membuat tulisan #watermark dengan warna putih.

Buat transfaran juga dengan menurunkan nilai Opacity di Pallet Layer seperti langkah menurunkan nilai Opacity pada Watermark logo.

Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop (Lengkap Gambar) 05

Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu tutorial singkat tentang bagaimana Cara Membuat Watermark Di Photoshop. Selain Photoshop, Anda juga bisa membuat Watermark menggunakan program CorelDRAW. Insya Allah kedepannya saya akan membuat tutorialnya juga. Semoga bermanfaat.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. saya masih bingung gan gmana caranya..
    mampir ke artikel baru ane gan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *