Home / WordPress / Cara Membuat Website Gratis Dan Mudah Untuk Pemula

Cara Membuat Website Gratis Dan Mudah Untuk Pemula

Cara Membuat Website Gratis Dan Mudah Untuk Pemula – Cara membuat website mungkin sudah banyak yang membahasnya. Namun untuk melengkapi arsip web maka tutorial ini tidak ada salahnya jika dibahas. Cara membuat website yang akan saya bahas adalah membuat website gratis. Karena memang cara membuat website gratis banyak juga peminatnya. Terutama cara membuat website gratis untuk pemula.

Baca Juga : Cara Termudah Install dan Setting Plugin SEO by Yoast

Cara membuat website gratis disini bukan membuat website menggunakan WordPress.com dan Blogspot.com. Namun menggunakan domain dan hosting sendiri tanpa harus membayarnya. Ini sangat cocok bagi Anda yang mau mencoba belajar membuat website domain dan hosting sendiri. Sebelum kedepannya untuk memutuskan membeli domain dan sewa hosting berbayar. CMS yang akan digunakan dalam tutorial ini adalah CMS WordPress. Karena untuk CMS lain, saya belum pernah mencobanya.

Dalam membuat website untuk saat ini banyak jasa yang menawarkan pembuatan website. Baik penawaran secara online dan offline. Tentunya ini tidak gratis, dan harganyapun bervariasi. Namun saya tidak menyarankan untuk membuat website menggunakan jasa orang lain apalagi berbayar. Sebaiknya Anda membuat website sendiri. Dan jika menemui kesulitan, bisa berbagi dengan orang lain yang paham akan hal itu. Dengan aktif di forum, grup, dan lain-lain.

Berikut Langkah Cara Membuat Website Gratis

Dalam membuat website yang diperlukan adalah sebuah domain dan hosting. Bagi yang belum mengerti apa itu domain dan hosting bisa dibaca di WikiPedia. Karena judulnya adalah membuat website gratis, tentunya untuk domain dan hostingnyapun gratis. Diantara layanan domain yang disediakan dengan gratis adalah dot.tk. Maka disini saya akan memberi contoh bagaimana cara mendapatkan domain di layanan domain dot.tk.

Layanan domain gratis dot.tk maksimal bisa kita gunakan selama satu tahun. Selanjutnya jika kita ingin memperpanjang keberlakukan domain, maka harus upgrade ke yang berbayar. Untuk hosting, saya akan memberi contoh sewa hosting gratis di idhostinger. Selain menyediakan hosting gratis, idhostinger juga tersedia sewa hosting yang berbayar.

Cara Daftar di dot.Tk Untuk Mendapatkan Domain Gratis

Untuk mendapatkan domain gratis dari dot.tk pertama Anda harus daftar dulu. Silakan kunjungi alamat “http://my.dot.tk/cgi-bin/login01.taloha”. Jika Anda malas untuk membuat akun, login di dot.tk bisa juga dengan menggunakan akun sosial media. Setelah berhasil login pilih menu DOMAINS dan submenu Register a New Domain.

cara membuat website 1

Silakan Anda ketik nama domain yang diinginkan. Contoh saya akan membuat domain “belajarwebgratis”. Lalu saya cek ketersediaan nama domain tersebut dengan klik Check Availability. Ternyata nama domain tersebut belum pernah ada yang menggunakan.

Selanjutnya saya menentukan keberlakukan domain. Saya pilih yang maksimal saja, yaitu 12 bulan atau 1 tahun. Maka saya memilih 12 Months @ FREE. Terakhir klik Order Now >>.

cara membuat website 2

Pada langkah ini saya pilih Continue. Lalu centang pada kotak I have read and agree to the Terms & Conditions untuk menyetujui segala kebijakannya. Terakhir klik Complete Order.

cara membuat website 3

Kembali ke halaman beranda. Sekarang pendaftaran domain di dot.tk sudah selesai. Namun domain tersebut belum bisa berfungsi apapun. Untuk mengaktifkannya dari halaman beranda pilih menu DOMAINS dan submenu My Domains.

cara membuat website 4

Setelah halaman Domains tampil, untuk melakukan pengaturan agar domain yang baru saja dibuat bisa dijalankan dengan normal maka klik Manage Domain.

cara membuat website 5

Pilih Use custom nameservers (enter below). Maka akan muncul lima kotak isian Nameserver. Karena saya akan sewa hosting gratis di idhostinger, maka saya memasukkan empat Nameserver idhostinger. Nameserver idhostinger adalah :

Nameserver 1 = ns1.idhostinger.com

Nameserver 2 = ns2.idhostinger.com

Nameserver 3 = ns3.idhostinger.com

Nameserver 3 = ns4.idhostinger.com

cara membuat website 6

Jika sudah mengisi semua Nameserver, dalam hal ini kita menggunakan Nameserver idhostinger klik Change Nameserver. Jika sukses, akan tampil laporan Changes Saved Successfully!

Sekarang kita sudah mempunyai satu buah domain dengan nama domain “belajarwebgratis”. Dan domain tersebut sudah bisa diaktifkan. Langkah selanjutnya adalah menyambungkan domain tersebut dengan hosting. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita akan menggunakan jasa hosting gratis dari idhostinger.

Cara Daftar di idhostinger Untuk Mendapatkan Hosting Gratis

Pertama Anda kunjungi web idhostinger dengan alamat “http://www.idhostinger.com/” lalu Login menggunakan Email dan Password yang sudah terdaftar di idhostinger. Jika belum mempunyai akun, Anda klik Buat Akun. Silakan diselesaikan semuanya dalam proses pendaftaran di idhostinger. Jika sudah selesai membuat akun di idhostinger, dari halaman Beranda Anda klik HOSTING BARU.

cara membuat website 7

Maka akan tampil beberapa pilihan paket Hosting. Baik yang gratis dan berbayar. Karena kita akan membuat website serba gratis, Anda klik yang nilai nominalnya Rp. 0,00.

Anda bisa lihat pada gambar dibawah. Layanan hosting di idhostinger walaupun gratis tapi lumayan menarik deskripsinya. Mulai dari menyediakan ruang disk space sebesar 2000 MB atau 2 GB. Bandwidth 100 GB dan lain-lain.

cara membuat website 8

Sekarang Ubah Tipe Domain menjadi Domain. Pada kolom Domain Anda ketik nama domain yang tadi dibuat di dot.tk. Isi password dan isi juga kolom Konfirmasi Password. Sebaiknya catat password yang baru dibuat untuk antisipasi jika suatu saat Anda lupa. Karena password ini akan digunakan ketika Anda akan mengelola cPanel. Terakhir klik Lanjutkan.

cara membuat website 9

Disini Anda hanya harus mengisi kolom Captcha sesuai dengan kode yang tampil. Klik kotak centang Saya setuju dengan ketentuan penggunaan layanan. Lalu klik Order.

cara membuat website 10

Sukses, kalau akun “belajarwebgratis” sudah berhasil dibuat dengan baik. Nah sekarang Anda tinggal melakukan Install CMS yang akan digunakan. Dimana dalam tutorial ini kita akan menggunakan CMS WordPress. Untuk menentukan CMS yang akan dipakai, klik Installer.

cara membuat website 11

Pada kotak dialog Auto Installer Anda pilih akun hosting yang akan diinstall CMS WordPress. Ketika artikel ini dibuat, versi WordPress paling terakhir adalah WordPress 4.1. Jika semua pengaturan sudah selesai ditentukan, klik Mengkonfigurasikan.

cara membuat website 12

Pada halaman Konfigurasi Instalasi Baru silakan diisi datanya dengan benar. Untuk URL tentang lokasi CMS yang akan diinstall, biarkan secara default. Tentukan Username Administrator dengan username yang mudah diingat. Dan juga Anda isi kolom Password Administrator dengan password yang baik. Karena nantinya username dan password ini akan digunakan jika Anda akan melakukan pengeditan di Dashboard WordPress. Judul Website Anda isi dengan singkat dan jelas dan beri keterangan Tagline Website. Jika semua pengaturan sudah cukup, klik Install.

cara membuat website 13

Tunggu beberapa saat karena sekarang idhostinger sedang melakukan Install CMS WordPress. Jika sudah selesai, nanti akan ada pemberitahuan.

Setelah sukses melakukan Install WordPress di hosting idhostinger, silakan cek domain yang sudah Anda buat dengan cara mengetikkan URL di media browser. Langkah selanjutnya adalah modifikasi website yang baru saja dibuat. Silakan modifikasi lagi tampilan websitenya, mulai dari tema, artikel, halaman, dan lain-lain. Untuk masuk ke halaman Dashboard WordPress, Anda ketik http://namadomain.tk/wp-admin di media browser. Gunakan username dan password yang telah ditentukan ketika Install WordPress di idhostinger.

Pada artikel selanjutnya Insya Allah akan saya bahas langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan setelah membuat website.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

51 comments

  1. Spertinya menarik sekali bisa membuat website grtais,apalgi dengan bimbingan tutorial yang sangat jelas sperti di atas tersebut. Bisa di coba nih. Terimaksaih info menariknya kang…. :D

    • Iya kang kalau yang gratis-gratis kita memang hobinya. Tidak ada salahnya untuk dicoba sebagai pembelajaran kang …

  2. sebelum membuat yang berbayar harus coba yang gratis seperti di atas
    terima kasih sharenya mas

    • Ya betul. Kalau memanfa’atkan yang gratis kita lebih leluasa dalam obrak-obrik seluruh websitenya.

  3. lengkap sekali tutorialnya mas, kalau masalah hosting, saya belum paham, sementara pakai blog dulu saja yang diubah ke domain sendiri.

    • Ya mas itu juga lebih baik. Mungkin untuk keamanan paling kuat jika melakukan seperti itu.

  4. Lengkap sekali tutorialnya Mas.
    Kebetulan saya udah beli domain, hehe.

    • Ok mas, bisa diterapkan nanti jika sudah membutuhkan.

    • eehhh ringgo udah beli domain toh…pantesan kemarin sepi aja….agak telat gentayangannya heheheeee….
      kayaknya masih gak telat…bikin aja lagi buat belajar…sapa tau aja bisa menghasilkan suatu yang bisa bermanfaat bagi semua go…gimana agan info menarik? heheheeee

      • Dulu saya juga sempat aktif di domain dot.tk ini mas selama 2 tahun sambil ngeblog di WordPress.com. Waktu itu itu web dot.tknya saya isi dengan posting-posting blogazine. Karena memang intinya saya berpikir kalau blog dot.tk tersebut hanya untuk pembelajaran mengenal koding saja.

  5. menarik juga nih membuat website gratisnya mas.
    tp seperti seperti pada contoh diatas pakai dot.tk itu kan register setahun gitu,apa selanjutnya bayar atau gratis selamanya ya?

    • Ya kang, untuk selanjutnya jika upgrade karena masa berlakunya sudah habis maka kita harus bayar …

  6. nah ini dia trick jitu untuk dapat domain gratis mas….dan cara ini sebenaranya lebih bagus untuk sekalian kita belajar mengenai web dan aplikasi fitur yang kadang membuat pusing. walau tahun berikutnya bayar, lumayan juga kan buat belajar…
    ada cerita menarik mas…saya pernah dengar seorang kawan cerita tentang kawannya punya kawan…kayak lagu iwan fals….
    begini ceritanya…
    kawannya kawan itu bikin .tk lalu pake domain gratis seperti apa yang diterangkan di atas…kalau udah habis satu tahun dia tidak memperpanjang, tapi bikin baru lagi dengan cara yang sama….sekitar 3 atau 4 tahun kawannya kawan itu malah jago desain web mas….akhirnya dia bisa dapat penghasilan yang lumayan dari keahliannya itu…sekarang ish dia udah beli hosting dan domain sendiri…itu kawan saya…terlepas benar atau gaknya…sebenarnya semua fasilitas di internet bisa aja membuat orang biasa menjadi luar biasa dan menguntungkan untuk hidupnya…walau itu masih pake yang gratisan….iya gak agan info menarik?

    ok makasih infonya…saya CTRL + D ya gan….lumayan buat ikutin langkah kawannya kawan itu gan…heheheheee

    • Wah hebat ya dengan modal gratisan tapi bisa sukses mas. Sangat jarang sekali itu mas. Saya juga dengan modal berbayar belum tentu bisa menghasilkan. Tapi jujur sejujurnya mengharap juga sih dengan blog alakadarnya ini kedepannya bisa menghasilkan.

  7. tips ini sangat membantu sekali bagi yang ingin belajar dan membuat website secara gratis/free. Waktu pertama kali membuat website scara gratis saya juga pake idhostinger juga mas :D

  8. Unuk hosting gratis pada idhostinger ada fasilitas Fantastico gag ya mas?? Soalnya biasanya saya pakai hosting gratis di 000webhost.com. Thanks

  9. asiik detil banget ya mempermudah panduannya, saya coba panduanya ya, pake yang dot tk, kalau bagus ya dibayar, kalau ngga pun ga rugi ya pokoknya buat aja dulu kan gratis hehe..

  10. tutornya jelas banget mas, namun sayangnya sesuai pengalaman menggunakan hostinger, saya tidak pernah mendapatkan yang gratisan padahal daftarnya udah gratis..

    • Masa sih? Saya pernah 2 tahun dengan hostinger dan domain dot.tk juga tapi aman-aman saja mba.

  11. sekarang enak ya gan, bikin web sudah ada gratisannya, tanpa modal kita bisa berkreasi dengan mudah

  12. langsung coba deh gan mau buat web gratisan, hehehehe

  13. Friska Nirwana

    Kalau blog gratis saya cuma percaya sama blogspot saja.

  14. Dwi Oetami Satyarini

    Jika saya pindah server hosting , contoh dari idwebhost ke idhostinger , apakah file atau gambar akan hilang ?

  15. Sundul gan… sangat jelas tutorialnya.

  16. kalau saya lagi coba membuat blog di WP org mas, soalnya penasaran mau berpusing-pusing ria ni, sedang dalam proses. Tapi hostingnya masih gratisan tu saya gunakan, ya karena mau coba aja ilmu di WP, nanti kalau sudah biasa, barulah mau membuat yang serius :D

    • Akhirnya mas Ibrahim mau coba WordPress juga ya? Bisa dicoba trik diatas mas kalau untuk pembelajaran. Kan diatas juga menggunakan CMS WordPress.org dengan domain dot.tk.

  17. Terima kasih informasinya, dicoba dulu yaa :)

    Oh iya, visit back ya, terima kasih :)

  18. Wahaha gak kepikiran pake domain gratis :D

  19. tutorial ini sangat lengkap dan detail untuk pemula dalam membuat website pertama terimakasih sangat bermanfaat

    • Iya gan sengaja saya buat tutorialnya seperti ini. Dengan maksud mudah-mudahan ada manfa’atnya.

  20. hosting dan domainnya gratis gan, yang benar aja ni….untuk migrasi blog yang udah ada bisa nggak ni gan?

    • Sekedar untuk coba-coba bisa saja gan menggunakan fasilitas gratis ini. Itung-itung belajar PHP. Tapi untuk blog serius jangan deh. Karena yang namanya gratis, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan kita tidak bisa menuntut apapun.

  21. tutorial menarik nih gan, dari kemarin2 nyari buat ngeblog, pilihannya cuman wp doang ya?
    izin bookmark

  22. gan waktu saya mw log in dgn sosmed,kagak bisa kan,tulisannya Auto.Blank trus bagaimana dgn sign up secara manual di tampilan awalnya ga ada tulisan sign up gan tlong bantuannya egera

    • Sudah saya tes login dengan menggunakan akun Facebook di URL my.dot.tk/cgi-bin/login01.taloha hasilnya tidak ada masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *