Home / Pendidikan / Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah Melalui Simpatika Kemenag

Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah Melalui Simpatika Kemenag

Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah – Apakah Sekolah/Madrasah Anda sudah mempunyai website? Jika belum, layanan SIAP Sekolah menyediakan fasilitas pembuatan website Sekolah/Madrasah secara gratis. Tentunya hal ini sebuah kesempatan baik untuk memperkenalkan Sekolah/Madrasah kita ke dunia publik melalui Web Sekolah/Madrasah.

Baca Juga : Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Cepat Ga Pake Lama

Kita bisa saja membuat Website Sekolah/Madrasah gratis menggunakan layanan Blogger, WordPress, dan sebagainya. Namun satu hal yang harus diperhatikan, bahwa Web Sekolah/Madrasah biasanya berisi beberapa konten penting tentang dokumen Sekolah. Contohnya Web Sekolah/Madrasah didalamnya berisi Profil Sekolah yang mencakup Visi Misi Sekolah dan sebagainya. Dan juga umumnya Web Sekolah/Madrasah berisi konten Akademik seperti Jadwal Pelajaran, Kalender Akademik, dan sebagainya.

Jika kita membuat Website Sekolah/Madrasah gratis menggunakan layanan selain layanan SIAP Sekolah, maka kita harus membuat sendiri secara manual seluruh konten keperluan dokumen sekolah.

Namun jika kita membuat Website Sekolah/Madrasah menggunakan subdomain SIAP Sekolah, kita tidak lagi direpotkan untuk melengkapi konten Web Sekolah. Alasannya karena Web Sekolah/Madrasah terintegrasi dengan akun layanan SIAP Sekolah.

Keuntungan Lain Membuat Website Sekolah/Madrasah Di SIAP Sekolah

Selain penjelasan diatas masih terdapat keuntungan lainnya jika kita membuat Website Sekolah/Madrasah di layanan SIAP Sekolah, diantaranya :

  1. Layanan SIAP Sekolah yang mudah, nyaman, dan lengkap sehingga cocok bagi Anda yang belum paham tentang tata cara mengelola Website;
  2. Pengelolaan Website dilakukan secara mandiri, yaitu melalui akun Sekolah/Madrasah di layanan SIAP Sekolah;
  3. Masyarakat/Orang tua Siswa dapat dengan mudah mengakses secara online seluruh informasi tentang Sekolah/Madrasah Anda;
  4. Fitur layanan SIAP Sekolah selalu mengikuti perkembangan teknologi terkini (UpToDate).

Fitur Gratis Yang Akan Didapat Dari Layanan SIAP Sekolah

1. Hosting dan Domain Gratis

Seperti yang sudah kita tahu bahwa dalam membuat website harus ada Hosting dan Domain. Dengan membuat website di layanan SIAP Sekolah, kita tidak perlu direpotkan dengan pengaturan domain dan hosting. Kemudian kita juga tidak akan dibebankan untuk membayar biaya sewa domain dan hosting. Domain gratis yang diberikan oleh layanan SIAP Sekolah adalah http://(npsn).siap-sekolah.com.

2. Content Management System

CMS yang digunakan oleh layanan SIAP Sekolah adalah menggunakan CMS WordPress. Bagi Anda yang sudah biasa membuat dan mengelola website atau blog di WordPress tentunya hal ini bukan masalah lagi. Namun bagi Anda yang pemulapun atau yang baru mengenal apa itu website tidak perlu takut. Karena CMS WordPress dari layanan SIAP Sekolah sudah dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan Anda dalam melakukan pemutakhiran informasi di Web Sekolah/Madrasah.

3. Desain Elegan serta Menarik

Agar Web banyak disukai pengunjung maka kita harus melakukan desain pada Web semenarik mungkin. Dalam hal ini Admin/Operator Sekolah/Madrasah tidak perlu direpotkan untuk membuat tampilan Web menjadi elegan dan menarik. Karena website yang diberikan oleh SIAP Sekolah memiliki desain yang menarik. Informasi yang ditampilkan di Web Sekolah/Madrasah sudah diatur otomatis dan dirancang sedemikian rupa agar menarik minat pengunjung.

4. Kapasitas (Space) 1GB (Premium)

Sayangnya fasilitas ini sekarang sudah tidak gratis lagi. Jika kita ingin mendapatkan space 1GB harus beralih dari layanan gratis ke layanan berbayar (premium).

5. Domain .sch.id (Premium)

Jika kita beralih ke layanan Web Sekolah/Madrasah berbayar maka kita akan mendapatkan domain .sch.id. Artinya nanti domain Web Sekolah/Madrasah tidak lagi menggunakan subdomain SIAP Sekolah.

Domain sch.id adalah domain resmi Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jika kita ingin beralih ke layanan berbayar, kita cukup mengeluarkan biaya Rp. 55.000/tahun. Ini adalah harga sewa domain yang murah, dibanding kita membeli domain di layanan lain.

6. Email Resmi Sekolah/Madrasah

Email resmi sekolah juga kita dapat jika kita beralih ke layanan Web Sekolah/Madrasah berbayar. Sekolah/Madrasah akan mendapatkan alamat email resmi yang menggunakan domain Sekolah/Madrasah kita. Contoh jika domain Web Sekolah/Madrasah adalah www.sekolahku.sch.id maka emailnya adalah [email protected].

Sekolah/Madrasah akan dibantu untuk didaftarkan ke fasilitas layanan Google Apps for Education. Akun email yang akan kita peroleh adalah sebanyak 200 email serta kapasitas per-emailnya mulai dari 7GB.

Berikut Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah Di SIAP Sekolah Melalui Simpatika

Apa itu Simpatika? Sejak bulan Juni 2015 lalu website Padamu Negeri resmi ditutup. Seluruh Sekolah dibawah kelola Kemendiknas melakukan penjaringan data Sekolah cukup melalui DAPODIK. Sedangkan bagi Madrasah di bawah naungan Kemenag melakukan penjaringan data melalui SIMPATIKA.

Baca Juga : Cara Daftar Dan Login Simpatika Online Kemenag Terbaru Terlengkap

Dengan adanya aplikasi layanan Simpatika Online Kemenag, seluruh data Madrasah yang semula di Padamu Negeri dialihfungsikan menjadi ke layanan Simpatika. Begitupun juga jika Madrasah ingin membuat Website Madrasah maka dilakukan dari layanan Simpatika.

Berbeda ketika masih di Padamu Negeri, seluruh akses akun Madrasah dilakukan dari akun Admin/Operator Madrasah. Namun pada layanan Simpatika, akun Madrasah dikendalikan dan wewenang akun Kepala Madrasah.

Sebelumnya Madrasah juga diwajibkan untuk mengaktifkan Web Madrasah melalui subdomain KKMI. Namun Web Madrasah ini hanya untuk Madrasah anggota KKMI Jawa Barat saja.

Ok sekarang mari kita mulai saja Bagaimana Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah melalui aplikasi layanan Simpatika Online Kemenag?

Pertama silakan Anda akses URL Simpatika Online Kemenag di simpatika.kemenag.go.id dan Login menggunakan akun Kepala Madrasah. Kemudian Anda pilih Layanan Padamu Negeri SEKOLAH.

Membuat Website Sekolah

Kemudian Anda klik pilih menu Publikasi & Dokumen dan klik pilih juga link Lihat semua fitur.

cara-membuat-website-sekolah-madrasah-melalui-simpatika-kemenag-2

Disini Anda cukup klik pilih Aktifkan Web Sekolah.

cara-membuat-website-sekolah-madrasah-melalui-simpatika-kemenag-3

Kemudian Anda centang (cheklist) Dengan ini saya menyetujui Ketentuan Layanan, Keamanan dan Privasi yang berlaku dan klik pilih Aktifkan.

cara-membuat-website-sekolah-madrasah-melalui-simpatika-kemenag-4

Perlu Anda ketahui, bahwa jika kita telah mengaktifkan Web Sekolah/Madrasah tidak akan langsung aktif. Hal ini tergantung antrian server aplikasi layanan Simpatika. Kita harus menunggu maksimal sampai 1 jam untuk mengaktifkan SIAP Website Sekolah hingga Website Sekolah/Madrasah bisa kita gunakan.

Untuk mengetahui proses pengaktifan Web Sekolah/Madrasah hingga bisa digunakan, silakan Anda kembali ke halaman Publikasi & Dokumen atau halaman ketika Anda mengaktifkan Web Sekolah/Madrasah beberapa saat kemudian. Atau bisa juga dengan menekan F5 untuk merefresh halaman.

Jika Web Sekolah/Madrasah sudah bisa digunakan, maka pada list Website Sekolah akan ditemukan link Buka Website Sekolah, Kelola Website Sekolah, dan Lihat Berita Terbaru.

cara-membuat-website-sekolah-madrasah-melalui-simpatika-kemenag-5

Nanti domain Web Sekolah/Madrasah Anda adalah http://(npsn).siap-sekolah.com dan untuk masuk ke halaman Dashboard masuk ke halaman http://(npsn).siap-sekolah.com/wp-admin.

Walaupun banyak fitur serta kelebihan dari layanan Web Madrasah SIAP Sekolah, tapi terkadang ditemukan kelemahannya. Diantaranya karena hosting yang diberikan dibagi dengan Web Sekolah lainnya se-Indonesia, maka server sering kehabisan bandwith. Efeknya Web Sekolah tidak bisa diakses karena padatnya antrian.

Jika kita ingin lebih leluasa lagi, maka sangat disarankan untuk migrasi ke layanan berbayar (premium). Sehingga Web Sekolah/Madrasah dapat diakses dengan cepat dan tentunya akan memberikan kenyamanan terhadap pengunjung.

Mungkin hanya itu saja tutorial Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah melalui aplikasi layanan Simpatika Online Kemenag. Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan salam pendidikan Indonesia.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. saat ini sudah banyak ya mas sekolah-sekolah yang membuat website, tujuannya utamanya adalah untuk mempermudah para siswa dan orang tua wali murid untuk mengetahui informasi terbaru

    • Iya mas untuk mengimbangi kemajuan Teknologi saat ini maka di dunia Pendidikan dituntut untuk senantiasa mengikuti perkembangan IPTEK. Salahsatunya sekolah harus mempunyai Website sendiri.

  2. Mantap Gan. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya. Perlu di kembangkan nih gan.

  3. Masih banyak juga sekolah2 yang belum memiliki website. Padahal sekarang sudah jamannya online. Masyarakat butuh akses yang cepat dan mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *