Home / Pendidikan / 8 Cara Cerdas Memilih Universitas Yang Tepat Untuk Melanjutkan Studi Anda

8 Cara Cerdas Memilih Universitas Yang Tepat Untuk Melanjutkan Studi Anda

Cara Memilih Universitas Yang Tepat – Tak dipungkiri, latar belakang pendidikan memang menjadi syarat wajib dalam mencari suatu pekerjaan.  Dan untuk mendapatkan masa depan yang bagus dalam bekerja tidak cukup hanya mengandalkan ijazah SMA / sederajat. Banyak dari penyedia lapangan pekerjaan menginginkan lulusan S1 atau minimal Diploma. Inilah yang kemudian memotivasi masyarakat untuk melanjutkan studi mereka ke jenjang perguruan tinggi. Anda juga tertarik untuk kuliah?

Baca Juga : 6 Kelebihan Universitas Negeri Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilihnya

Berikut beberapa Cara Memilih Universitas yang Tepat agar Anda senantia semangat untuk mencari ilmu.

Beberapa Cara Memilih Universitas Yang Tepat

Melanjutkan studi ke perguruan tinggi memang menjadi impian bagi banyak orang. Menjadi mahasiswa memang sebuah kebanggaan tersendiri di masyarakat. Sehingga banyak para orang tua yang kemudian memotivasi anak-anaknya untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi yang terkenal. Namun kemudian bingung untuk menentukan pilihan.

Beberapa tips di bawah ini semoga bisa membantu Anda untuk menetapkan pilihan di kampus mana Anda akan melanjutkan studi nantinya.

1. Cari Banyak Universitas

Pertama-tama carilah universitas yang sesuai dengan minat Anda. Baik di dalam kota, luar kota, bahkan mungkin di luar negeri. Anda perlu memiliki banyak pilihan universitas. Karena jika nantinya Anda tidak diterima di salah satu universitas pilihan Anda, Anda masih memiliki opsi lain yang sesuai dengan minat Anda.

2. Galilah Info dan Lakukan Riset

Setelah itu galilah info tentang universitas-universitas yang sudah Anda pilih tadi kemudian telitilah kembali. Telitilah tentang fasilitas yang ada di universitas-universitas tersebut, fakultas dan jurusan yang dimiliki apakah sudah sesuai dengan minat dan keinginan Anda, dan lain sebagainya. Galilah info sebanyak-banyaknya. Bisa dengan datang langsung ke universitas tersebut, melalui website resmi universitas, maupun dari alumni ataupun rekan dan kerabat Anda yang studi disana.

3. Pertimbangkan Lokasi

Setelah menggali informasi, penting bagi Anda untuk mengetahui lokasi kampus untuk dijadikan pertimbangan. Karena nantinya Anda akan menghabiskan waktu setidaknya 3-4 tahun untuk menimba ilmu disini. Jadi pemilihan lokasi yang tepat akan berpengaruh juga pada proses studi Anda. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan keinginan Anda, dimanapun itu.

4. Tentukan Minat Studi

Jangan lupa tentukan minat studi Anda. Apakah Anda ingin mengambil konsentrasi studi di bidang hukum, kedokteran, keguruan, bahasa dan sastra, psikologi, ataupun bidang lainnya. Ini penting Anda lakukan agar kedepan studi Anda tetap terarah sehingga Anda bisa menyelesaikan kuliah dengan cepat. Jangan sampai ada “Salah Jurusan” nantinya yang kemudian akan berpengaruh pada mood belajar Anda sehingga studi Anda dan target masa depan Anda menjadi terbengkalai.

5. Durasi Studi

Yang dimaksud durasi atau lama waktu studi disini adalah pilihan program yag ingin Anda ambil. Jika Anda ingin segara lulus kemudian bekerja dan tak ingin membuang banyak waktu, tenaga dan biaya, sebaiknya Anda mengambil program Diploma. Namun jika Anda ingin memperdalam ilmu dan mengasah kemampuan, lebih baik Anda mengambil program sarjana.

6. Tentukan Universitas Tujuan

Setelah itu tentukan universitas yang sesuai dengan minat program studi yang ingin Anda ambil dan lokasi yang tepat serta kemampuan Anda. Universitas apapun itu. Jangan terpaku pada universitas terkenal maupun harus universitas negeri.

7. Pertimbangkan Biaya

Jika kita memilih program studi sarjana atau memilih untuk kuliah di luar kota maupun di luar negeri misalnya, selain biaya kuliah per semester Anda juga perlu memikirkan tentang estimasi biaya hidup per bulan, biaya tempat tinggal, dan biaya transport. Harus sesuai kemampuan Anda. Jangan memaksakan untuk kuliah di luar kota jika dirasa berat. Hal ini akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

8. Cobalah untuk Realistis

Terakhir, cobalah realistis dalam menentukan pilihan. Jangan memaksakan diri untuk masuk ke kampus yang ujian masuknya sangat susah, meskipun Anda sangat ingin kuliah disana. Atau jangan memaksa masuk di kampus yang biaya kuliahnya mahal, sekalipun Anda sangat pintar da nada kemungkinan mendapatkan beasiswa. Namun, biaya awal kuliah tentunya Anda sendiri yang akan menanggungnya. Cobalah memilih universitas yang lain. Janganlah berkecil hati maupun kecewa, karena di luar sana masih banyak kampus-kampus yang lebih baik untuk Anda.

Baca Juga : Anda Ingin Lolos Tes CPNS? Berikut 9 Tips Lolos CPNS Yang Perlu Dicoba

Nah, demikianlah bebera tips Cara Memilih Universitas Yang Tepat.  Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi maupun sedang bingung menentukan pilihan kampus terbaik untuk melanjutkan pendidikan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *