Home / Software / Trik Mantab 3 Cara Memperbaiki File RAR Rusak / Corrupt (Diagnostic Messages)

Trik Mantab 3 Cara Memperbaiki File RAR Rusak / Corrupt (Diagnostic Messages)

Cara Memperbaiki File RAR Rusak – Tentunya sangat menyebalkan ketika extract file RAR ternyata file tersebut rusak atau corrupt. Apalagi jika file RAR tersebut kita dapatkan dengan susah payah, seperti didapat dengan cara download di internet. Apakah usaha kita download file RAR itu sia-sia? Dan memang jika file RAR sudah rusak maka otomatis kita tidak bisa mengextractnya. Dengan begitu kita tidak akan bisa menggunakan isi dari file RAR itu. Sebelum kita memutuskan untuk membuang file RAR karena rusak atau corrupt, sebaiknya lakukan dulu beberapa hal yang akan saya bahas disini. Barangkali saja file RAR tersebut masih bisa diselamatkan, artinya masih bisa diextract.

Baca Juga : Terbukti Dengan Aplikasi Ini Bisa Membobol Password WinRAR Dengan Mudah

Mengkompresi file kedalam format RAR atau ZIP memang sering dilakukan oleh situs-situs yang menyediakan link download. Fungsinya selain mampu mengecilkan ukuran file didalamnya, dan juga kita bisa menggabungkan beberapa file dalam satu file RAR atau ZIP. Mengkompresi file menjadi RAR atau ZIP hasilnya file akan menjadi kecil tanpa mengurangi kualitas dari file itu sendiri. Selanjutnya jika kita ingin menggunakan file yang telah dikompres menjadi RAR atau ZIP, maka kita harus mengextractnya dulu.

cara-memperbaiki-file-rar-rusak-1

Lalu sekarang apa penyebabnya file RAR atau ZIP menjadi tidak bisa diextract atau corrupt? Sebetulnya banyak penyebabnya. Jika Anda ketika download file RAR tidak selesai misal pengaruh gangguan koneksi internet, maka jelas sampai kapanpun file RAR ini tidak akan bisa diextract. Kecuali jika Anda melakukan download ulang atau melanjutkan download (resume) dari situs serupa.

Penyebab lainnya jika memang file yang berada didalam file RAR tersebut sudah rusak, maka jelas ketika kita extract akan menolak. Kita meski mencari file lain sebagai penggantinya. Misal kita download file RAR rusak dari situs A, maka silakan cari lagi dari situs B. Sampai kapanpun juga jika memang file dalam kompresi RAR atau ZIP sudah rusak maka ketika diextractpun akan corrupt.

Inilah 3 Cara Memperbaiki File RAR Rusak Atau Corrupt Terbukti Sukses

Bagi Anda yang belum tahu seperti apakah penampakkan file RAR rusak error tidak bisa diextract? Berikut contohnya :

cara-memperbaiki-file-rar-rusak-2

Kemungkinan file RAR rusak atau corrupt masih bisa diperbaiki jika penyebabnya bukan seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Sebaiknya agar lebih jelas silakan coba praktikkan dulu 3 Cara Memperbaiki File RAR Rusak berikut ini :

Cara Pertama silakan Anda klik kanan file yang akan diextract kemudian Anda pilih Extract files… Selanjutnya Anda centang/cheklist pada opsi Keep broken files lalu klik OK. Tutorial khusus bagi Anda yang menggunakan software WinRAR sebagai aplikasi untuk mengextract file RAR atau ZIP.

cara-memperbaiki-file-rar-rusak-3

Jika langkah pertama diatas tidak membuahkan hasil, sekarang Anda lakukan cara Kedua. Klik ganda atau double klik file RAR atau ZIP yang bermasalah kemudian Anda klik pilih menu Tool dan klik juga Repair archive. Anda tunggu hingga proses ini selesai dengan sempurna.

cara-memperbaiki-file-rar-rusak-4

Setelah proses repair selesai, sekarang Anda coba Extract file RAR atau ZIP hasil repair tadi. Masih gagal juga? Solusi lainnya atau cara Ketiga adalah Anda harus menggunakan software khusus untuk memperbaiki file RAR yang corrupt tersebut. Software apakah yang bisa kita andalkan? Anda bisa menggunakan software RAR Recovery Toolbox. Karena artikel ini kepanjangan, untuk menggunakan software RAR Recovery Toolbox Insya Allah akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Meskipun demikian, semoga masalah Anda bisa terselesaikan dengan melakukan kedua cara diatas. Atau mungkin Anda bisa melakukannya sendiri menggunakan software RAR Recovery Toolbox tanpa harus membaca panduannya.

Mungkin hanya itu saja artikel 3 Cara Memperbaiki File RAR Rusak (Corrupt). Semoga artikel ini ada manfaatnya terutama bagi yang membutuhkan. Sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *