Home / Android / 5 Cara Memperbaiki HP Android Mati Total Agar Bisa Kembali Seperti Semula

5 Cara Memperbaiki HP Android Mati Total Agar Bisa Kembali Seperti Semula

Cara Memperbaiki HP Android Mati Total – Secanggih dan semahal apapun, handphone Android juga termasuk barang elektronik yang mudah rusak. Apalagi jika penggunaannya terus menerus dan tidak terkontrol, maka masalah dalam handphone akan semakin sering kita temui.

Baca Juga : 7 Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total Agar Bisa Kembali Seperti Semula

Selain itu, kerusakan pada handphone Android juga sering disebabkan karena cacat produksi, kelalaian pengguna saat membawa handphone dan penggunaan handphone yang sudah lama.

Untuk memperbaiki handphone Android yang rusak dapat dilakukan sendiri ataupun dibawa ke service center. Memperbaiki sendiri akan menjadi opsi yang lebih baik apabila kita mengetahui cara memperbaiki hp Android mati total. Karena, kita tidak perlu mengantri dan mengeluarkan uang yang banyak untuk mengembalikan handphone agar bisa berfungsi seperti semula.

5 Cara Memperbaiki HP Android Mati Total Agar Bisa Kembali Seperti Semula

Apabila menghadapi masalah Android yang tiba-tiba tidak bisa dinyalakan atau mati total, maka kita dapat mempelajari cara memperbaiki hp Android mati total. Sehingga, handphone yang rusak bisa kita perbaiki sendiri.

1. Charge Handphone

Bug ataupun banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan handphone kehabisan daya. Hal ini seringkali terjadi ketika kita tidur. Sebelum tidur baterai masih 20%, tetapi ketika bangun handphone sudah dalam keadaan mati. Tindakan yang perlu dilakukan ketika menghadapi hal seperti ini adalah segera melakukan pengisian daya.

Baca Juga : 6 Cara Charge HP Yang Benar Agar Baterai HP Awet Serta Tidak Mudah NgeDrop

Tunggu hingga 15-20 menit agar baterai handphone terisi dahulu. Setelah itu, coba tekan tombol power untuk menyalakan handphone kembali.

2. Lepaskan Baterai

Kadangkala handphone kita juga menghadapi masalah yang sedikit lebih serius daripada baterai lowbat. Dimana handphone terjebak dalam proses booting yang tiada henti. Hal yang bisa dilakukan ketika menghadapi masalah seperti ini adalah dengan melepas baterai.

Untuk handphone dengan tipe baterai yang menempel pada body, biasanya produsen sudah menyediakan tombol khusus. Sebelum baterai dilepas, tekan tombol power agak lama untuk mematikan daya handphone ketika berada dalam keadaan darurat. Setelah itu, pasang kembali baterai dan hidukan handphone untuk mengecek apakah handphone sudah berada pada keadaan normal atau belum.

3. Layar Hitam

Saku celana adalah salah satu tempat favorit untuk menyimpan handphone. Tidak jarang handphone juga tetap terbawa saat tidur. Padahal, kita tidak bisa mengontrol posisi kita saat tidur. Bisa jadi handphone tertekan badan kita. Tekanan inilah yang menjadi salah satu penyebab handphone mati. Ketika ditekan tombol power, handphone bergetar tetapi layarnya tetap gelap.

Hal ini mengindikasikan bahwa telah terjadi masalah pada layar handphone dan harus segera dibawa ke service center. Sehingga, memastikan bahwa handphone tidak berada pada saku celana saat tidur adalah hal yang penting untuk menjaga kualitas handphone.

4. Lakukan Factory Reset dari Recovery Mode

Apabila handphone dalam kondisi kadang nyala, kadang booting dalam waktu yang lama ataupun nyala dan kemudian mati lagi. Maka, mungkin sekali handphone menghadapi masalah terkait dengan perangkat lunaknya. Hal ini biasa terjadi setelah melakukan beberapa tweak system ataupun kita mengupdate Android ke versi baru.

Untuk mengatasi masalah ini, maka lakukan factory reset melalui recovery mode yang akan menghapus seluruh data yang ada di handphone. Tetapi sebelumnya lakukan back up data terlebih dahulu agar data di handphone tidak hilang.

Pada umumnya, untuk melakukan factory reset memerlukan beberapa langkah, yaitu :

  • Matikan posel
  • Nyalakan ponsel dengan kombinasi volume atas + volume bawah + tombol power. Kombinasi tombol tergantung pada jenis handphone.
  • Setelah berada dalam recovery mode, carilah pilihan factory reset.
  • Gunakan tombol power untuk mengeksekusi.

5. Handphone dalam Keadaan Rusak

Apabila cara-cara sebelumnya tidak dapat membuat handphone kembali pada keadaan semula, kemungkinan besar handphone mengalami masalah pada hardwarenya.

Jika handphone masih berada dalam masa waktu garansi, maka segera lakukan klaim garansi ke service center. Tetapi apabila sudah berada diluar garansi, maka langkah yang dapat di ambil adalah membawa handphone ke service center dengan biaya yang cukup mahal atau membeli handphone baru.

Baca Juga : Daftar Kode Rahasia Handphone Android Samsung Lengkap Dengan Fungsinya

Itulah lima cara memperbaiki hp Android mati total. Apabila masalah terjadi pada software, maka kita masih bisa mengotak-atik untuk memperbaikinya. Tetapi jika masalahnya menyangkut hardware, pergi ke service center adalah solusi terbaiknya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.