Home / Android / 7 Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total Agar Bisa Kembali Seperti Semula

7 Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total Agar Bisa Kembali Seperti Semula

Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total – Tiada gading yang tak retak. Mungkin pepatah itulah yang sangat cocok bagi handphone yang satu ini. Walaupun termasuk dalam jajaran merk terkenal, canggih dan cukup mahal, handphone Samsung juga memiliki kekurangan. Handphone ini juga termasuk barang elektronik yang mudah rusak. Apalagi jika penggunaannya terus menerus dan tidak terkontrol, maka masalah dalam handphone akan semakin sering kita temui.

Baca Juga : Punya Android Cepat Panas (Overheat)? Segera Dinginkan Dengan Clean Master!

Kerusakan pada handphone Samsung juga sering disebabkan karena adanya cacat produksi, kelalaian pengguna saat membawa handphone dan juga penggunaan handphone yang sudah lama. Untuk memperbaiki handphone Samsung yang rusak dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu memperbaiki sendiri atau dibawa ke service center. Untuk bisa melakukan perbaikan sendiri, pemilik hp Samsung perlu mengetahui cara memperbaiki hp Samsung mati total. Dengan begitu, pengguna tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk mengembalikan handphone agar dapat berfungsi seperti semula.

Berikut 7 Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total

Untuk menghadapi masalah handphone Samsung yang tiba-tiba tidak bisa dinyalakan atau mati total, maka kita harus mempelajaricara memperbaiki hpSamsung mati total. Sehingga, handphone yang rusak bisa segera kita perbaiki sendiri.

1. Charge handphone

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang hp Samsung dapat menyebabkan handphone ini kehabisan daya. Tindakan yang perlu dilakukan ketika menghadapi hal seperti ini adalah segera melakukan pengisian daya. Tunggu hingga 20 menit agar baterai handphone Samsung kembali terisi. Setelah itu, coba tekan tombol power untuk menyalakan handphone kembali.

2. Lepaskan baterai selama 10 menit

Kadangkala handphone Samsung juga menghadapi masalah yang sedikit lebih serius daripada baterai lowbat. Dimana handphone terjebak dalam proses booting yang tiada henti. Langkah pertama yang mudah untuk dilakukan adalah dengan melepaskan baterai selama 10 menit. Lepas pula kartu sim dan kartu memori. Apabila sudah 10 menit, maka handphone bisa coba kembali dinyalakan. Jika cara ini berhasil, lanjutkan dengan memasuki download mode untuk melakukan flash pada handphone Samsung.

3. Gunakan bantuan komputer

Apabila cara diatas masih belum berhasil, maka selanjutnya gunakan bantuan komputer dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Lepaskan baterai dengan keadaan kartu sim dan kartu memori tidak terpasang.
  • Gunakan bantuan kabel USB untuk menghubungkan handphone pada komputer.
  • Tekan tombol dan tahan volume up, volume down dan tombol power secara bersamaan hingga terdengar bunyi “bip” pada komputer.
  • Apabila tidak terdengar bunyi, maka tahan tombol tersebut hingga sekitar 5 menit.
  • Lepaskan kabel USB
  • Masukkan kembali baterai yang tadi dilepas dan masuk ke dalam mode download.

4. Gunakan bantuan software

Ketika menggunakan bantuan komputer masih gagal, maka cobalah dengan menggunakan software One-click Unbrick Tools. Software ini dapat diunduh gratis dan panduannya sudah banyak tersedia di internet.

5. Istirahatkan handphone

Jika keempat cara di atas belum juga berhasil, selanjutnya cobalah untuk mengistirahatkan handphone selama tiga hari. Lepas baterai, kartu sim, dan kartu memori selama tiga hari. Setelah itu, coba pasangkan kembali baterai dan menyalakannya. Apabila berhasil, segera masuk ke mode download untuk melakukan flashing.

6. Menghubungi service center

Apabila semua cara di atas tidak berhasil, maka langkah selanjutnya adalah membawa handphone ke service center. Karena kemungkinan besar handphone mengalami masalah pada hardwarenya.

7. Layar Hitam

Salah satu masalah yangseringkali berujung pada servicecenter adalah layar hitam. Hal ini biasanya terjadi karena handphone diletakkan di saku celana dan terbawa saat tidur. Padahal, kita tidak bisa mengontrol posisi kita saat tidur. Bisa jadi handphone tertekan badan kita. Tekanan inilah yang menjadi salah satu penyebab handphone mati. Ketika ditekan tombol power, handphone bergetar tetapi layarnya tetap gelap. Hal ini mengindikasikan bahwa telah terjadi masalah pada layar handphone dan harus segera dibawa ke servicecenter.

Baca Juga : Kenapa HP Cepat Panas Padahal Jarang Digunakan, Bagaimana Solusinya?

Itulah tujuh cara memperbaiki hpSamsung mati total. Apabila masalah terjadi pada software, maka kita masih bisa mengotak-atik untuk memperbaikinya. Tetapi jika masalahnya menyangkut hardware, pergi ke service center adalah solusi terbaiknya. Menjaga kondisi handphonesangatlah penting dilakukan. Selain untuk memudahkan dalam berkomunikasi, juga dapat menjaga keuangan kita. Karena, biaya reparasi handphone yang harus dikeluarkan ketika sudah masuk service center cukup mahal.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *