Home / Teknologi / Cara Memperbaiki RAM (Memori) Komputer / Laptop Yang Rusak / Error / Mati Total

Cara Memperbaiki RAM (Memori) Komputer / Laptop Yang Rusak / Error / Mati Total

Cara Memperbaiki RAM Komputer –  RAM atau Random Access Memory (Bahasa Inggris) adalah salah satu perangkat keras (hardware) komputer atau laptop. Perangkat keras ini sering kita sebut juga dengan istilah Memori. Adapun fungsi RAM komputer/laptop adalah untuk menyimpan data secara sementara yang selanjutnya data disimpan secara permanen didalam hardisk. Dengan begitu peranan RAM sangat penting demi untuk membantu kinerja komputer/laptop. Contoh jelasnya bila kita mengetik di Office Word dan kita belum menyimpannya ke komputer maka data tersebut akan tersimpan pada RAM kemudian kita lakukan penyimpanan (Save) maka data akan tersimpan kedalam hardisk.

Baca Juga : Cara Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard

Fungsi lain dari RAM selain sebagai penyimpanan data sementara adalah untuk membantu proses kinerja CPU atau Processor. RAM berperan sebagai pembantu CPU untuk menyiapkan data-data yang nantinya akan diproses oleh CPU. Untuk mengakses hardisk agar kinerjanya lebih cepat lagi maka CPU memerlukan bantuan komponen, nah disinilah RAM akan berperan.

Cara Memperbaiki RAM Komputer 0

Walaupun RAM atau memori komputer/laptop sangat jarang sekali bermasalah, namun ketika RAM bermasalah maka kinerja komputer sama sekali tidak bisa dijalankan. Jika RAM komputer rusak atau bahkan mati total maka komputer/laptop akan error. Disini kita akan belajar cara memperbaiki RAM atau memori. Karena atas dasar RAM jarang bermasalah, mungkin saja anggapan kita kalau RAM mati total atau rusak ternyata masih bisa diselamatkan.

Berikut Cara Memperbaiki RAM Komputer/Laptop Yang Rusak/Error Atau Bahkan Mati Total

Sebelum dilanjut perlu diketahui kalau RAM/Memori komputer/laptop saat ini terdapat 3 jenis, yaitu : DDR, DDR2, dan DDR3. Perbedaan dari ketiga jenis RAM ini jika dilihat dari fisiknya adalah terletak pada notch yang ada pada motherboard dibagian golden finger atau konektor slot memori. Jenis RAM jenis DDR, notchnya berada di sebelah kanan sedikit sedangkan jenis RAM DDR2 notchnya lebih ketengah sedikit. Untuk RAM jenis DDR3 notchnya berada disebelah kiri atau berlawanan dengan letak notch RAM jenis DDR.

Cara Memperbaiki RAM Komputer 1

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer & Laptop Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba

Sebetulnya bagaimana sih tanda-tanda RAM/Memori komputer/laptop sedang bermasalah? Karena mungkin saja komputer/laptop error yang lain dari biasanya namun kita tidak tahu bahwa penyebab utamanya adalah RAM. Dari banyaknya kasus dan yang paling sering terjadi kalau masalahnya adalah RAM adalah sebagai berikut :

  1. Komputer atau laptop tidak bisa dinyalakan serta terdengar bunyi beep panjang secara berulan-ulang. Kasus ini sudah bisa dipastikan kalau masalah utamanya terletak pada RAM/Memori.
  2. Komputer atau laptop sering mengalami blue screen ketika dihidupkan atau ketika sedang dijalankan/digunakan. Walaupun blue screen ini bukan faktor utama penyebabnya adalah RAM/Memori. Namun Anda bisa saja mengambil kesimpulan untuk curiga kalau kasus blue screen atau BSOD ini penyebab utamanya terletak pada RAM;

Baca Juga : Kenali Segera 5 Ciri-Ciri Hardisk Komputer Bermasalah Atau Rusak Bad Sector

Setelah mengetahui tanda-tanda RAM/Memori sedang bermasalah lalu apa sebabnya kalau RAM bisa bermasalah? Selain akan belajar penyebab RAM bermasalah kita juga akan langsung mempelajari cara memperbaiki RAM.

  1. Supply arus listrik yang terlalu tinggi akan menyebabkan RAM/Memori overheat. Ujung-ujung jika supply arus listrik terlalu tinggi maka RAM bisa error atau bahkan rusak. Kasus ini biasanya akan menyebabkan fisik RAM bermasalah dan rusak. Jika hal itu terjadi maka tidak ada solusi lain jika Anda harus menggantinya dengan RAM yang baru;
  2. Kemudian penyebab yang paling umum adalah CPU kotor dan banyak tumpukkan debu didalamnya. Masalah debu yang melekat pada RAM bisa menyebabkan distorsi dan merupakan pemicu utama RAM tidak dapat berjalan dengan normal. Untuk mengatasi masalah ini caranya sangatlah mudah, Anda cukup mengambil blower serta kuas. Bersihkan CPU dari debu-debu yang melekat pada seluruh komponen CPU termasuk pada RAM. Anda buka (keluarkan) RAM/Memori dari tempatnya kemudian bersihkan RAM terutama pada bagian PIN-nya. Untuk memberishkan PIN RAM bisa menggunakan penghapus pensil atau kain yang halus secara perlahan;
  3. Masalah selanjutnya yang dapat menyebabkan RAM bermasalah adalah pemasangannya yang tidak benar. Anda perhatikan apakah pemasangan RAM sudah benar atau belum. Jika kurang yakin silakan Anda keluarkan dulu dan kembali pasang dengan benar. Pastikan kalau RAM/Memori tertancap kuat pada slot memori yang sudah disediakan;
  4. Slot memori yang sudah tidak benar juga bisa menyebabkan RAM/Memori komputer bermasalah dan komputer tidak akan bisa menyala. Jika slot memori yang terdapat di motherboard ternyata akar masalahnya maka percuma saja Anda gonta-ganti RAM meskipun RAM yang baru. Slot memori rusak secara fisik maka akan menyebabkan RAM tidak tertancap dengan benar. Solusinya coba Anda pindahkan RAM ke slot yang lain karena biasanya slot memori ini akan tersedia lebih dari satu slot.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Memperbaiki RAM atau Memori komputer/laptop. Coba Anda lakukan beberapa trik diatas jika menemukan masalah seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jangan dulu Anda bawa CPU ke tukang service. Selain bisa menghemat budget dan juga tentunya ilmu serta pengalaman Anda akan bertambah.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

5 comments

  1. gan, blognya keren banget.. btw udah berapa tahun umurnya nih? ada gak tutorial pindahan dari blogger ke wordpress? Soalhya sne pengen bikin wordpress self hosted..

    • Entahlah tidak menghitungnya gan … hehehe Blog ini lahir bulan Nopember 2014 gan. Tutorial migrasi dari Blogger ke WordPress tidak ada gan, karena saya sendiri belum pernah melakukannya.

  2. menarik bos. kemaren juga pas pasang ram, sempet ga mau nyala. ternyata juga cuman kurang tepat aja. setelah di pasang ulang n restart ternyata jg bisa.

  3. sama bos, dulu pernah kejadi punya ram ddr1 seharusnya ddr2 , salah beli aj cuma pada slotnya yang beda. sehinga jadi beli dua deh, salam kenal bos

  4. Ram ane rusak bro..
    kayaknya ga bsa diperbaiki..

    harus beli ram baru deh.. lain ngga ada cara..
    rusak karna laptop ngga ada batre, jd saat mati lampu laptop ikutan mati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *