Home / Microsoft Office / 3 Solusi Jitu Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Semua Microsoft Office Word

3 Solusi Jitu Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Semua Microsoft Office Word

Cara Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Word – Pernahkah Anda mengalami ketika membuka file dokumen Office Word lalu jarak spasinya renggang berantakan? Padahal Anda yakin ketika membuat dokumen tersebut satupun tidak ada yang terlewat membuat spasinya. Lalu apa yang terjadi, kenapa bisa begitu? Ada viruskah atau mungkin komputernya rusak? Anda bisa bayangkan jika ternyata file dokumen tersebut jumlahnya sangat banyak, misal skripsi lalu semua spasinya renggang berantakan. Apakah kita harus memperbaiki secara manual satu-persatu? Kapan mau selesainya kalau cara tersebut kita gunakan? Tenang disini saya mempunyai 3 solusi jitu untuk mengatasi permasalahan spasi yang berantakan. Dengan catatan spasi berantakan ini bukan disengaja dibuatnya atau dengan kata lain kita yakin sebelumnya spasi file dokumen tersebut sudah rapi dan bagus.

Baca Juga : Cara Mengatur Auto Save Office Word Agar File Lebih Cepat Tersimpan Secara Otomatis

Sebelum kita temukan solusi jitunya, mari kita bahas dulu sebenarnya apa sih penyebab utama file dokumen spasinya bisa berantakan begitu? Anda tentunya tahu kalau Microsoft Office itu tersedia dalam beberapa versi. Yang saya tahu dan saya ingat pertama kali mengenal Mocrosoft Office adalah versi 2003. Walaupun sebenarnya masih banyak versi dibawahnya namun maaf saya lupa.

Cara Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Word (0)

Dari setiap versi Microsoft Office tentunya akan ada beberapa fitur diantaranya yang dibuat lebih sempurna atau bahkan dibuat baru. Artinya akan banyak fitur baru yang tidak akan ditemukan di Microsoft Office versi sebelumnya.

Mungkin Anda pernah mengalami kasus file dokumen Office yang tidak bisa dibuka meski dibuka oleh program Microsoft Office sendiri. Ketika kita membuat file dokumen di Office Word 2007 maka pastinya file dokumen tersebut tidak akan bisa dibuka di Office Word 2003. Padahal file dokumen tersebut sama-sama berkekstensi .doc atau .docx. Ya memang benar, file dokumen yang kita kerjakan di Office Word 2007 tidak akan bisa dibuka di Office versi sebelumnya kecuali menggunakan trik khusus ketika penyimpanan data (Save).

Nah kasus spasi yang berantakan inipun akar masalahnya adalah terletak pada versi Microsoft Office. Jika kita membuat file dokumen di Office versi 2010 dan 2013 maka ketika dibuka di Office versi 2007 spasinya akan berantakan. File dokumen masih bisa dibuka tidak seperti kasus pembuatan di Office 2007 dan dibuka di Office 2003, namun masalahnya adalah semua spasi menjadi renggang berantakan.

Lebih jelasnya Anda bisa lihat contoh gambar spasi yang terlalu lebar sehingga terkesan berantakan pada gambar di bawah ini :

Cara Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Word (1)

Mungkin kalau membuat file dokumen seperti contoh gambar diatas adalah sangat menyalahi aturan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Tulisan jadi sulit untuk dibaca dan dipahami tentunya.

Berikut Cara Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Pada File Dokumen Office Word

Untuk mengatasi masalah serius spasi yang acak-acakan tersebut disini saya mempunyai 3 solusi. Cara ini sudah saya praktikkan dan memang mantab hasilnya. Silakan Anda pilih langkah mana yang paling mudah.

1. Melakukan Perubahan Pada Save As Type

Cara ini sama persis ketika kita membuat file dokumen di Office 2007 dan tujuannya file tersebut agar bisa dibuka di Office 2003. Lalu untuk mencegah agar spasi file dokumen tidak berantakan juga lakukan cara ini. Ketika kita membuat dokumen di Office terbaru misal 2010 atau 2013, maka lakukan perubahan tipe penyimpanan. Silakan Anda pilih Word 97-2003 Document sebelum Anda menyimpan file dokumen pada opsi Save as type.

Cara Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Word (2)

Walaupun dengan cara ini masalah spasi bisa teratasi, namun ada juga kekurangannya. Kelemahannya adalah fitur-fitur terbaru yang kita buat di Office terbaru akan tidak bisa tersimpan di versi Office lama.

2. Menginstall Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3)

Solusi kedua jika Anda tidak suka melakukan solusi pertama diatas maka Anda bisa melakukan install The 2007 Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3). Maksudnya dengan menginstall Suite SP3 di Office 2007 adalah agar Office 2007 Anda bisa membaca semua fitur Office 2010 dan 2013 termasuk spasi yang berantakan. Suite SP3 ini memiliki ukuran 351 MB dan Anda bisa download di situs resmi Microsoft Office.

Cara Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Word (3)

3. Melakukan Sedikit Pengaturan Di Office 2010 Atau Office 2013

Langkah ketiga adalah termasuk cara termudah yaitu dengan melakukan sedikit perubahan pengaturan pada Office 2010 atau Office 2013 yang Anda miliki. Silakan Anda buka Office 2010 atau Office 2013 lalu klik pilih menu File > Info > Prepare for Sharing > Check Compatibilty.

Cara Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Word (4)

Kemudian checklist atau centang pada Check compatibility when saving documents. Dengan mencentang pengaturan ini maka semua fitur Office Word 2010 dan Office Word 2013 akan bisa dibuka dengan normal di Office Word 2007 termasuk masalah spasi yang renggang berantakan.

Cara Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Word (5)

Anda bisa lihat sendiri file dokumen yang sebelumnya berantakan pada spasinya setelah saya melakukan pengaturan tertentu menjadi rapi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Cara Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Word (6)

Bagaimana mudah bukan? Silakan Anda pilih cara mana yang paling Anda anggap mudah untuk melakukannya. Mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Memperbaiki Spasi Yang Berantakan Di Office Word 2007. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi pada artikel keren lainnya. Salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *