Home / Teknologi / 5 Cara Ini Terbukti 100 Persen Dapat Mempercepat Download File Torrent

5 Cara Ini Terbukti 100 Persen Dapat Mempercepat Download File Torrent

Cara Mempercepat Download File Torrent – Banyak orang yang lebih suka download menggunakan file Torrent dibanding download melalui HTTP/FTP. Alasannya download file melalui Torrent karena koneksi download stabil dan lebih cepat progressnya sehingga kecepatan download menjadi lebih maksimal. Download file melalui Torrent merupakan solusi tepat apalagi jika file tersebut mempunyai ukuran sangat besar. Namun jika kurang tepat dalam melakukan settingan pada Torrent Downloader, maka bukan kecepatan maksimal yang kita dapat. Malah mungkin sebaliknya yaitu mendapatkan kecepatan download yang lambat.

Baca Juga : Cara Membuat File Torrent Menggunakan uTorrent Dengan Mudah

Dalam artikel ini saya akan berbagi trik untuk mempercepat download file Torrent agar dapat bekerja dengan maksimal. Disini saya menggunakan software BitTorrent terkenal yaitu uTorrent. Jadi sebelum melakukan cara ini, sebaiknya Anda sudah mempunyai software uTorrent dan tentunya sudah terinstall di Komputer atau Laptop.

5 Cara Ini Terbukti 100 Persen Dapat Mempercepat Download File Torrent 0

Cara ini memang sudah terbukti 100 persen kalau kinerja download file Torrent bisa meningkat. Cara untuk meningkatkan kecepatan download file Torrent cukup melakukan 5 trik saja.

Berikut 5 Cara Jitu Mempercepat Download File Torrent Terbukti 100 Persen Berhasil

Siapkan file Torrent yang akan Anda download untuk mempraktikkan cara ini. Disini saya praktik download file Torrent DriverPack Solution.

1. Periksa Kecepatan Internet Anda

Cara pertama yang memungkinkan download file Torrent menjadi maksimal adalah Anda harus memeriksa kecepatan internet download dan upload yang Anda gunakan. Cara ini wajib Anda lakukan karena percuma saja Anda menggunakan trik jitu apapun kalau kecepatan download dan upload internet Anda sangat lambat.

Umumnya Internet Services Provider (ISP) tidak akan memberikan keterangan rinci tentang spesifikasi kecepatan download dan upload. Jalan keluarnya untuk memeriksa kecepatan internet yang Anda dapatkan dari ISP adalah dengan mengakses situs SpeedTest.

5 Cara Ini Terbukti 100 Persen Dapat Mempercepat Download File Torrent 1

2. Selalu Perhatikan Seeder dan Leecher

Jika Anda sudah lama berkecimpung dalam hal download file Torrent mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Seeder dan Leecher. Namun sebaliknya jika Anda baru saja mengenal file Torrent tentu saja akan kebingungan. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan istilah Seeder dan Leecher itu sendiri?

Baca Juga : Terbukti Download File Torrent Bisa Menggunakan IDM (Tanpa Software)

Seeder adalah orang yang telah sukses download file Torrent kemudian orang tersebut membagikan lagi file Torrent untuk di download oleh orang lain. Sedangkan Leecher adalah orang yang download file Torrent tapi belum selesai downloadnya. Namun Leecher ini ikut bergabung ke dalam jaringan download Torrent. Dengan begitu si Leecher nantinya akan menjadi Seeder jika download file Torrentnya sudah selesai.

Nah jika sudah paham apa itu Seeder dan Leecher maka sekarang Anda harus selalu memperhatikan jumlah Seeder dan Leecher dari file Torrent yang akan Anda download. Karena dengan memperhatikan jumlah Seeder dan Leecher ini terbukti dapat meningkatkan kecepatan download file Torrent itu sendiri.

Agar download file Torrent menjadi lebih maksimal adalah Anda harus memilih file Torrent yang jumlah Seedernya lebih besar daripada jumlah Leecher. Artinya Anda harus memilih file Torrent yang sudah banyak berhasil di download oleh orang lain.

5 Cara Ini Terbukti 100 Persen Dapat Mempercepat Download File Torrent 2

3. Tambahkan Trackers Untuk Menemukan Lebih Banyak Seeder

Cara selanjutnya agar kecepatan download file Torrent dapat bekerja dengan maksimal adalah dengan cara menambahkan lebih banyak Trackers. Trik ini kita lakukan demi untuk menemukan jumlah Seeder lebih banyak. Artinya jika kita tidak menemukan file Torrent yang mempunyai kualitas bagus (Seeder lebih kecil ketimbang Leecher) maka praktikkan cara menambahkan Trackers ini.

Caranya sangat mudah, Anda copy Info Hash dari file Torrent yang sedang Anda download.

5 Cara Ini Terbukti 100 Persen Dapat Mempercepat Download File Torrent 3

Kemudian paste di mesin pencari seperti Google dan temukan file Torrent lain dari situs berbeda berdasarkan info Hast. Ketika Anda sudah menemukan file Torrent yang sama maka ketika Anda melakukan download file Torrent akan menampikan pesan di uTorrent bahwa file tersebut sudah berada di daftar Torrent Anda, Anda klik Yes untuk melanjutkan.

5 Cara Ini Terbukti 100 Persen Dapat Mempercepat Download File Torrent 4

Dengan menggunakan trik ini maka jumlah Peer Torrent Anda akan meningkat jumlahnya. Namun jika belum, silakan Anda cari lagi file Torrent lain seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

4. Set Upload Limit ke Angka Terkecil

Sistem download file melalui Torrent adalah Peer to Peer (P2P). Artinya kita download file dari komputer orang lain yang telah selesai download kemudian orang tersebut melakukan sharing file. Selanjutnya jika kita sudah selesai download file maka nanti juga kita akan melakukan berbagi file untuk di download orang lain yang memerlukan. Nah untuk mempercepat proses download file Torrent maka sebaiknya sisa bandwidth yang kita miliki dialokasikan hanya untuk proses download saja.

Silakan Anda rubah angka Upload Limit menjadi ke angka terkecil dengan cara klik kanan pada file Torrent yang sedang di download dan klik pilih Bandwidth Allocation > Set Upload Limit > pilih yang terkecil.

5 Cara Ini Terbukti 100 Persen Dapat Mempercepat Download File Torrent 5

5. Tentukan Prioritas Bandwidth Menjadi Tinggi

Kemudian sebaliknya untuk bandwidth download file Torrent Anda rubah menjadi kualitas tinggi. Dengan melakukan hal ini maka kuota bandwidth file yang sedang Anda download akan memperoleh jatah download yang tinggi. Caranya adalah klik kanan pada file Torrent yang sedang di download dan klik pilih Bandwidth Allocation > High.

5 Cara Ini Terbukti 100 Persen Dapat Mempercepat Download File Torrent 6

Ok mungkin hanya itu saja 5 Cara Mempercepat Download File Torrent ini. Apakah Anda menemukan cara yang lain dan lebih ampuh? Silakan berbagi dengan saya di kotak komentar. Semoga tulisan ini sangat bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. Thanks gan Artikel nya membatu dan menambah pengetahuan saya tentang torent , request gan bagaimana cara kecepatan Torent lebih kenceng ketimbang IDM dan stabil , Tks

    • Download file Torrent memang lebih kencang daripada IDM mas. Asal itu dia kita harus pintar dalam memilih Seeder dan Leechernya, serta silakan terapkan metode diatas!

      • kalo uploadnya bsa kenceng gmna ya gan ??
        ane udah selesai download, skrg mau ngeseed nih :)
        bls ya kalo sempet :D

  2. tolong dibantu saya mendonlod pake touren sialnya cuma sampai 99.7%. abis tuh berhenti dan yg didonlod tdk bisa dibuka.
    yang saya donlod tuh garmin blue chart tentang peta laut indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *