Home / WordPress / 3 Cara Sederhana Ini Dapat Mempercepat Loading Blog Hingga 4 Kali Lipat, Buktikan!

3 Cara Sederhana Ini Dapat Mempercepat Loading Blog Hingga 4 Kali Lipat, Buktikan!

Info-Menarik.NET – Halo blogger, untuk posting kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara meningkatkan loading blog atau website hingga 4x lipat. Pernahkah Anda mengunjungi blog yang loadingnya sangat lambat? Mungkin kita tidak bisa langsung menyalahkan hosting yang kita pakai. Bisa jadi blog kita sendiri yang memang berat tampilannya. Karena lama menunggu, akhirnya pengunjung langsung close dan buka tab lain di browser.

Baca Juga : 3 Hal Penting Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress Di GTMetrix

Kalo di dunia bisnis tentu ini hal yang merugikan, ibarat pengunjung toko yang baru datang, langsung pergi lagi sebelum melihat barang-barang yang kita jual. Kalo di dunia blogging, pagespeed jelas sangat penting untuk user experience.

Mempercepat Loading Blog (1)

Ditambah lagi dengan pengguna internet mobile yang terus meningkat. Pernahkah kita mengecek performa blog ketika diakses secara mobile? Blog yang bagus adalah blog yang cepat performa tampilannya, baik di akses dari desktop maupun secara mobile.

Baca Juga : Optimalkan Kinerja Loading WordPress Dengan Menghapus Post Revisi

Ada banyak faktor yang bisa membuat blog menjadi lambat. Misalnya themes/template yang berat, koneksi internet lambat, processor perangkat yang lambat, ataupun gangguan teknis pada hosting.

Bagaimana cara mudah untuk mengetahui performa blog yang Anda miliki? Caranya bisa dengan cek di Pagespeed Insight Google. Untuk mengetahui apakah blog Anda mobile friendly atau tidak, bisa di cek di Google Mobile Friendly Test.

Mempercepat Loading Blog (2)

Membuat blog yang mobile friendly tentunya sangat penting, apalagi ketika kita share tulisan via media social ataupun grup chatting di handphone. Tentunya link posting yang kita share juga akan banyak di akses melalui mobile device. Ada tiga cara sederhana yang bisa lakukan untuk mempercepat loading blog :

1. Memilih Template/Themes Yang Ringan

Mempercepat loading blog bisa dilakukan dengan memilih Themes yang ringan. Template atau themes yang ringan membuat loading blog lebih cepat sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama. Lebih bagus bila kita memilih themes atau template yang responsive, sehingga nyaman diakses baik itu dari desktop, tablet, maupun smartphone.

Berikut contoh hasil test loading speed blog saya www.elfaviona.xyz di GTmetrix.com, antara sebelum dan sesudah mengganti themes :

Mempercepat Loading Blog (3)

Menurut GTmetrix, score pagespeed  saya  adalah C (70%). Disini terlihat bahwa, loading blog cukup berat, dengan page load time 27.9s dan total page size 2.15 MB. Lalu kemudian saya ganti template dengan themes yang responsive, dan ternyata hasilnya cukup mengejutkan!

Mempercepat Loading Blog (4)

Disini terlihat bahwa pagespeed score saya meningkat menjadi A(90%). Page load time meningkat menjadi 6.6s saja dan total page size 474 KB. Bayangkan, loading web meningkat 4X lipat dari 27.9s menjadi 6.6s, hanya dengan mengganti themes saja.

Baca Juga : Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly

2. Resize Ukuran Gambar Ilustrasi Posting

Menambahkan foto atau gambar sebagai ilustrasi memang akan membuat posting semakin menarik. Namun kita juga harus barhati-hati, mungkin tanpa di sadari kita bisa mengupload file gambar 1-3 MB ketika transfer hasil jepretan kamera handphone.

Selain membuat space usage hosting membengkak, juga membuat loading blog menjadi lambat, dan ketika di akses dari handphone akan memakan kuota data pengguna lebih besar. Ada baiknya kita resize terlebih dahulu, menjadi beberapa kiloByte saja.

Baca Juga : Cara Kompres Gambar Hingga 98% (Resize) Dengan Modal Software Gratis

3. Singkirkan Widget & Plugin Yang Tidak Penting

Terlalu banyak widget plugin yang tidak penting bisa membuat loading blog menjadi lambat.  Karena pada saat loading blog, semua elemen dari blog akan diproses berurutan mulai dari header, artikel, widget dan plugin. Cukup pasang widget yang penting saja seperti, Popular post, Recent post, ataupun social profile, sehingga performa blog bisa lebih ringan.

Aktivitas blogging memang menyenangkan, namun kita juga harus mengerti kondisi pembaca blog. Tidak semua orang memiliki koneksi internet cepat ataupun kuota data yang melimpah. Dengan meningkatkan pagespeed blog, maka kita memudahkan membaca untuk mengakses blog kita. Semoga bermanfaat.

Artikel ini karya penulis tamu Elfa Viona seorang blogger pemula yang memiliki passion dalam hal fotografi dan blogging. Memiliki semangat yang tinggi untuk mempelajari SEO, Content Writing, dan Internet Marketing. Jangan lupa berkunjung ke blog pribadi saya di elfaviona.com dan elfaviona.xyz. Salam Blogger Indonesia! Ingin menulis artikel di InfoMenarik? Silakan simak pedomannya disini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Bener banget itu, apalagi nomer 1 dan 2, sekarang memang jamannya template blog yg responsive,simple dan fast loading. Selain itu juga plugin-plugin juga pengaruh bgt, apalagi klo pengguna wordpress yg biasa pake banyak plugin yg bisa juga bikin berat loading, sama nambahin juga bisa jadi karna hosting yg dipake ngaruh juga, karna saya pernah juga membandingkan pemakaian hosting terhadap kecepatan akses sebuah web.
    CMIIW

  2. Saya beberapa kali ganti theme. Dari yg free sampai premium.
    Tapi akhirnya kembali ke theme default karena lebih speed up.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *