Home / Software / Cara Memperkecil Ukuran PDF, Kompres PDF Secara Offline Dengan NitroPDF

Cara Memperkecil Ukuran PDF, Kompres PDF Secara Offline Dengan NitroPDF

Cara Memperkecil Ukuran PDF – Pernahkah Anda dituntut untuk upload file PDF namun ukurannya dibatasi? Memang agak menjengkelkan, karena biasanya jika ukuran file PDF diperkecil kualitas file jadi berkurang. Jika format PDF awalnya dari gambar maka gambar akan blur.

Baca Juga : Cara Membuat File PDF Dengan Menambah Ekstensi PDF Di Microsoft Office Word

Jika tuntutannya harus begitu, mau tidak mau kita harus mengikuti aturan mereka. File PDF yang kita punya meski diperkecil ukurannya atau istilah lainnya dikompres. Kompres file PDF sesuai dengan batas maksimal ukuran yang diperbolehkan.

Tidak sulit untuk sekedar memperkecil ukuran PDF. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari cara online sampai cara offline.

Untuk memperkecil file PDF secara online akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Disini saya akan berbagi cara memperkecil PDF secara offline

Berikut Cara Memperkecil Ukuran PDF Secara Offline

Untuk memperkecil ukuran file PDF secara offline dibutuhkan sebuah software. Software yang akan saya gunakan disini adalah Nitro PDF Pro 11. Bagi yang belum punya software Nitro PDF, silakan Anda download dulu di www.gonitro.com/download

Jika semuanya sudah siap, Anda buka file PDF yang akan dikompres ukurannya dengan software Nitro PDF. Kemudian di Nitro PDF Anda klik pilih menu File.

Disini kita cukup memilih submenu Optimize PDF.

Terdapat 3 pilihan untuk kompres file PDF di Nitro PDF, yaitu : Reduced size, Reduced size and print ready, dan Custom.

Contoh pertama saya akan memilih type otomatis Nitro PDF Reduced size. Setelah memilih type kompres selanjutnya kita klik pilih Optimize. Tunggu sebentar, karena Nitro PDF akan melakukan kompres file secara otomatis.

Jika ukuran yang dihasilkan tidak cocok dengan kemauan Anda, Kita bisa memilih model Custom. Dengan memilih model Custom maka kita bisa menentukan sendiri ukuran file yang kita inginkan.

Ketika kita memilih model Custom, maka akan tampil kotak dialog Optimizing Details. Disini yang kita perlukan hanya mencentang Resample images pada Page Content. Untuk lebih leluasa lagi dalam mengatur ukuran file PDF sesuai keinginan, selanjutnya Anda pilih lagi model Custom kemudian klik Settings.

Kita sekarang sudah memilih model kompres file PDF yang akan diatur semau kita. Ada tiga jenis pengaturan disini, yaitu : Color Images, Grayscale Images, dan Monochrome Images.

Agar hasil kompres maksimal, silakan Anda tentukan nilai DPI dari ketiga pengaturan Custom Compression atau tepatnya pada masing-masing Downsample (DPI).

Terakhir klik OK jika semua pengaturan sudah Anda tentukan atau Anda ingin mencoba dulu pengaturan tersebut, tidak masalah …

Bagaimana sangat mudah bukan? Memang dengan menggunakan software Nitro PDF Pro segala kebutuhan file PDF akan terpenuhi. Dengan memiliki satu software ini maka kebutuhan kita terkait file PDF akan bisa diatasi. Nitro PDF bisa mengubah file PDF menjadi gambar, dokumen atau sebaliknya. Software ini juga mampu mengedit file file PDF, menggabungkan, menghapus beberapa halaman, dan masih banyak lagi.

Ok mungkin untuk artikel Cara Memperkecil Ukuran PDF Dengan Nitro PDF dicukupkan sekian. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik selanjutnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. wew this is so great artikelnya sangat bangus-bagus ijin borkmark dapat banyak ilmu dari situs ini. selalu update terus ya min semoga selalu diberkan kesehatan dan bisa terus berbagi ilmunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.