Home / Software / Cara Menambah Font Ke Komputer Tanpa Harus Menginstall Ke Sistem Windows

Cara Menambah Font Ke Komputer Tanpa Harus Menginstall Ke Sistem Windows

Cara Menambah Font Ke Komputer Tanpa Install – Font bawaan (default) Windows memang sedikit, sehingga salat sulit bagi kita untuk lebih berkreasi lagi dalam hal mengolah font. Terutama bagi kita yang mempunyai hoby dalam bidang desain grafis. Untuk lebih leluasa lagi dalam mengotak-atik font, maka tentunya kita meski menambah koleksi font untuk melengkapi kumpulan font bawaan Windows.

Baca Juga : Cara Agar Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain

Bukan perkara yang sulit untuk menambah koleksi font di komputer OS Windows. Namun perlu diperhatikan juga kinerja kecepatan komputer. Karena jika terlalu banyak menambah koleksi font apalagi jika spesifikasi komputer rendah, maka bisa mengakibatkan kinerja komputer menurun. Hal ini akan terasa ketika kita membuat tulisan di Program pengolah gambar seperti Adobe Photoshop atau CorelDRAW.

cara-menambah-font-ke-komputer-tanpa-install-1

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa untuk menambah font ke komputer caranya sangat mudah. Pertama kita cari font yang ingin ditambahkan, kemudian copy font tersebut kemudian paste pada halaman Local Disk (C:) > Windows > Fonts. Dengan begitu koleksi font komputer kita akan bertambah dan selanjutnya secara otomatis font tersebut akan bisa digunakan diseluruh program komputer.

cara-menambah-font-ke-komputer-tanpa-install-2

Namun perlu Anda perhatikan juga kinerja kecepatan komputer, karena dengan terus-menerus menambah koleksi font kedalam komputer bisa mengakibatkan kinerja komputer memburuk. Kecepatan komputer akan menurun. Bahkan jika tidak seimbang dengan spesifikasi komputer, ketika kita membuka program Microsoft Office juga akan terasa lambat. Lalu bagaimana solusi tepatnya?

Berikut Cara Menambah Font Ke Komputer Tanpa Install Ke Sistem

Untuk menambahkan font kedalam komputer sebetulnya kita tidak perlu menginstallnya secara langsung seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Kita bisa menggunakan pihak ketiga, atau dengan pertolongan software. Dengan cara ini kinerja komputer tidak akan terganggu. Karena font-font tersebut kita simpan diluar sistem atau didalam software.

Baca Juga : 5 Website Keren Untuk Mencari Jenis Font Secara Otomatis Dari Gambar

Software yang dapat kita gunakan untuk menyimpan font adalah Font Load Unload. Dengan aplikasi Font Load Unload memungkinkan kita menambahkan font ke komputer tanpa harus menginstallnya ke sistem Windows. Semua font-font kita akan tersimpan otomatis didalam Font Load Unload.

Aplikasi Font Load Unload bisa kita dapatkan secara gratis bahkan tanpa harus menginstallnya kedalam komputer, karena sifatnya portable. Aplikasi ini sangat ringan, hanya mempunyai ukuran sekitar 220 KB saja.

Download Software

Setelah Anda download Font Load Unload, silakan ekstrak dan gunakan aplikasi ekstensi .exe. Untuk menggunakannya sangat mudah, setelah aplikasi Font Load Unload tampil dilayar komputer Anda cukup klik pilih tombol Load dan tambahkan koleksi font kedalamnya.

cara-menambah-font-ke-komputer-tanpa-install-3

Atau cara lain untuk menambahkan font kedalam kotak dialog Font Load Unload adalah dengan melakukan drag font ke halaman konsol aplikasinya. Nanti secara otomatis ketika kita menggunakan program apapun maka koleksi font akan bertambah layaknya kita menginstall font kedalam sistem Windows.

Baca Juga : 200+ Download Gratis Fonts Arabic Tanpa Ribet Langsung Pakai

Fungsi tombol Unload adalah untuk mengubah atau memuat (refresh) halaman menjadi naik turun. Kelebihan aplikasi ini adalah mampu menyimpan daftar semua font yang sebelumnya telah Anda gunakan. Dengan begitu pada waktu lain kita bisa kembali mempergunakannya kembali font tersebut.

Ok mungkin artikel Cara Menambah Font Ke Komputer Tanpa Install dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi pada artikel keren lainnya. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *