Home / Photoshop / Begini Cara Menambahkan Brush Di Photoshop

Begini Cara Menambahkan Brush Di Photoshop

Begini Cara Menambahkan Brush Di Photoshop – Salah satu kelebihan yang dimiliki Adobe Photoshop untuk mempermudah pengguna didalam melakukan edit atau manipulasi gambar, adanya fasilitas Brush, Pattern, Texture, Actions, Styles, dan lain-lain. Semua failitas tersebut dapat kita tambah dari pihak ketiga untuk melengkapi fasilitas default Photoshop.

Baca Juga : Trik Mudah Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Photoshop

Dalam hal menambahkan Brush di Photoshop kita bisa membuat Brush sendiri. Namun jika Anda belum mahir untuk membuat sendiri Brush Photoshop, Anda bisa mencarinya diinternet.

Dari sekian banyak web penyedia pilihan Brush menarik, adalah [www.brusheezy.com]. Di web brusheezy Anda bisa download sepuasnya Brush Photoshop secara gratis. Selain Brush, tersedia juga Pattern, Texture, Actions, Styles Photoshop. Silakan Anda kunjungi web brusheezy yang saya rekomendasikan.

Seperti yang sudah saya terangkan diatas, bahwa web brusheezy selain menyediakan pilihan Brush menarik ada juga pilihan Pattern, Texture, Actions, Styles format PSD. Artinya jika format .psd maka Anda tinggal siap memakainya langsung di Photoshop.

Kita tidak perlu pusing-pusing harus membuat sendiri Brush, Pattern, Texture, Actions, Styles Photoshop. Karena selain dapat menghabiskan waktu Anda juga meski memiliki keahlian yang matang dalam bidang ini. Tapi dengan bantuan pihak ketiga ini, proses manipulasi dalam hal memperindah sebuah gambar, akan terlihat seperti hasil layaknya seorang design grafic profesional.

Bagaimana Cara Menambah Brush Photoshop Dari Brusheezy

Setelah Anda download file-nya, sekarang Anda Copy ke Photoshop. Sebelum dilanjut, pahami dulu Type File dari masing-masing Brush, Pattern, Texture, Actions, Styles, Shapes, & Gradient milik [www.brusheezy.com].

  1. Brush = Type File ABR
  2. Patterns = Type File PAT
  3. Texture = Type File JPEG/Adobe Photoshop Image
  4. Actions = Type File ATN
  5. Styles = Type File ASL
  6. Shapes = Type File CSH
  7. Gradients = Type File GRD

Berikut cara menambah Brush baru di Photoshop, dari Local Disk (C:) klik Program Files > Adobe > Adobe Photoshop CS3 (disini saya memakai versi CS3) > Presets. Selanjutnya, Paste pada masing-masing folder yang sesuai dengan Type File diatas. Perhatikan gambar dibawah :

Cara Menambahkan Brush Di Photoshop 0

Sebagai contoh, sekarang saya akan coba menambah Brush baru di Photoshop hasil downloads di [www.brusheezy.com]. Nama brush yang saya downloads adalah Water Splash, sebuah brush untuk memberi efek air pada gambar yang kita edit, atau sebuah gambar kosong sekalipun.

Langkah Menggunakan Brush Di Photoshop

Maka langkah yang saya lakukan setelah berhasil downloads brush Water Splash, saya Copy File Brush Water Splash yang memiliki File Type ABR lalu saya Paste pada direktori Local Disk (C:) > Program Files > Adobe > Adobe Photoshop CS3 (disini saya memakai versi CS3) > Presets > Brushes.

Cara Menambahkan Brush Di Photoshop 1

Setelah File Brush Water Splash berada diantara deretan brush lainnya pada folder Brushes. Selanjutnya buka Program Adobe Photoshop yang terinstall pada Komputer/Laptop (disini saya memakai Photoshop versi CS3). Untuk mengaktifkan brush klik Brush Tool pada Tool Box.

Cara Menambahkan Brush Di Photoshop 2

Selanjutnya pada Property Bar pilih Brush Preset Picker untuk membuka/melihat pilihan brush serta menambah brush.

Cara Menambahkan Brush Di Photoshop 3

Maka akan terlihat sebuah brush baru dengan nama Water Splash, klik Water Splash untuk mengaktifkan.

Cara Menambahkan Brush Di Photoshop 4

Klik Append untuk menyetujui atas penambahan brush baru, serta supaya berada dan aktif dengan deretan brush lainnya.

Cara Menambahkan Brush Di Photoshop 5

Sekarang brush Water Splash yang berjumlah 20 brush, telah sukses ditambahkan dan sudah siap untuk dioperasikan. Klik saja pada pilihan brush yang tampil, mulailah menggambar pada image atau photo dengan melakukan setting warna Foregorund dulu untuk menentukan warna brush. Sedangkan untuk memperkecil brush gunakan tanda [ pada keyboard, dan memperbesar brush gunakan tanda ] pada keyboard.

Cara Menambahkan Brush Di Photoshop 6

Berikut contoh kecil gambar hasil brush Water Splash

Cara Menambahkan Brush Di Photoshop 7

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Sama-sama gan, jangan lupa lagi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *