Home / WordPress / Cara Menampilkan Deskripsi Kategori WordPress Lebih Menarik

Cara Menampilkan Deskripsi Kategori WordPress Lebih Menarik

Cara Menampilkan Deskripsi Kategori WordPress Lebih Menarik – Secara default biasanya deskripsi kategori WordPress itu tidak akan ditampilkan. Namun bukan berarti itu adalah peraturan yang tidak bisa dirubah. Walaupun banyak kasus deskripsi kategori WordPress tidak tampil, tapi kita masih bisa mengakalinya agar deskripsi kategori tersebut bisa ditampilkan. Penyebab utamanya bahwa deskripsi kategori WordPress tidak tampil terletak pada tema yang digunakan. Rata-rata tema WordPress tidak menyertakan fitur untuk menampilkan deskripsi kategori. Maka dari itu jika kita menginginkan agar deskripsi kategori yang telah kita buat bisa tampil di blog, maka kita harus menambahkan kode khusus.

Baca Juga : Cara Membuat Form Kontak Tanpa Plugin Di WordPress

Kenapa kita harus mengisi sebuah deskripsi pada kategori WordPress yang telah kita buat ? Percaya atau tidak, kekuatan deskripsi kategori WordPress ini memiliki kekuatan SEO Friendly jika kita mengolahnya lagi. Bahkan bukan hanya deskripsi kategori saja, deskripsi tag WordPress juga mampu menambah nilai baik bagi SEO WordPress kita.

Kemudian jika kita telah menentukan sebuah deskripsi unik di kategori WordPress lalu ingin menampilkannya, maka kita perlu sedikit bersusah payah. Walaupun dengan ditampilkannya deskripsi kategori tersebut tidak akan mempengaruhi apapun pada SEO. Tapi dengan ditampilkannya deskripsi kategori, maka akan membantu penjelasan singkat tentang isi seluruh kategori WordPress terhadap pembaca. Sekilas jika pengunjung membaca deskripsi kategori, maka dia akan mengetahui ringkasan materi dari kategori yang akan mereka baca artikelnya.

Cara Menampilkan Deskripsi Kategori WordPress Lebih Menarik 1

Berikut Cara Menampilkan Deskripsi Kategori di CMS WordPress

Biasanya deskripsi kategori WordPress ini akan tampil di bagian atas pada halaman kategori. Karena deskripsi kategori WordPress dibuat sebagai keterangan yang menjadi perwakilan isi materi seluruh artikel yang ada dalam kategori yang dimaksud. Agar lebih jelas lagi pemahamannya, silakan Anda klik salah satu kategori blog Info Menarik ini, misal kategori Photoshop. Nah seperti itulah yang dimaksud dengan deskripsi kategori.

Kemudian untuk membuat deskripsi kategori itu tidaklah sulit. Karena ruang untuk mengisi deskripsi kategori sendiri sudah disediakan fasilitasnya oleh WordPress, baik WordPress.com (gratisan) atau WordPress.org (berbayar). Kita sebagai pengguna hanya tinggal mengisi ruang deskripsi kategori tersebut dengan kalimat-kalimat ringkasan penting yang mencakup dari keseluruhan artikel.

Untuk mengisi deskripsi kategori di CMS WordPress, dari dashboard wp-admin tinggal klik Pos > Kategori. Kemudian Anda pilih kategori yang akan dibuat deskripsinya. Atau jika blog Anda belum memiliki kategori (blog baru) maka buatlah dulu kategorinya.

Ketika halaman kategori sudah aktif, maka akan terdapat kolom Nama, Slug, Induk, dan Deskripsi. Nah pada kolom deskripsi tersebut untuk mengisi kalimat ringkasan yang mencakup keseluruhan artikel yang ada dalam kategori.

Cara Menampilkan Deskripsi Kategori WordPress Lebih Menarik 2

Ketika deskripsi kategori yang sudah kita tulis disimpan, sebagian tema tidak menampilkannya deskripsi kategori tersebut. Sehingga kita harus menggunakan kode berikut ini agar bisa menampilkan deskripsi kategori :

<?php echo category_description( $category_id ); ?>

Tempatkan kode PHP diatas didalam file archive.php tema yang Anda gunakan. Lokasi penyimpanan kode PHP didalam archive.php tergantung selera masing-masing. Kalau saya menempatkannya dibawah kode <?php get_header(); ?>. Maka nanti deskrpisi kategori akan tampil di sebelah atas artikel.

Kemudian kita bisa lebih mempercantik lagi tampilan deskripsi kategori tersebut agar lebih menarik dilihatnya. Misal diberi warna latar belakang, diberi border, diberi gambar, dan lain-lain. Kita tinggal menambahkan kode selector sebelum dan sesudah kode PHP diatas. Misal disini saya akan membuat lebih menarik lagi tampilan deskripsi kategori dengan menambahkan gambar gravatar didalamnya. Maka kodenya kira-kira akan seperti ini :

<div class="deskripsi-kategori"><?php if(function_exists('get_avatar')) { echo get_avatar( get_the_author_meta('email'), '100' );  } ?> <?php echo category_description( $category_id ); ?></div>

Dan untuk mengatur posisi deskripsi kategori agar terlihat lebih rapih lagi, maka saya menambahkan style berikut di dalam style.css tema yang saya gunakan. Kodenya kira-kira seperti ini :

/*-[ Deskripsi Kategori ]---------------------------*/
.deskripsi-kategori p {
 padding-top: 0px;
 font-size: 15px;
 margin-bottom: 0;
}
.deskripsi-kategori {
 min-height: 125px;
 float: left;
 clear: both;
 padding: 15px 2.4% 0 2.4%;
 background: #EEEEEE;
 border: 1px solid #E1E1E1;
 width: 94.8%;
 margin-bottom: 30px;
}
.deskripsi-kategori img {
 float: left;
 margin: 5px 20px 15px 0;
}

Mungkin hanya itu saja tutorial Cara Menampilkan Deskripsi Kategori WordPress Agar Lebih Menarik. Selamat mencoba dan semoga sukses mempraktekkannya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. bengkel blogger

    kayaknya perlu banyak belajar php nih…biar bisa nambah cepat ilmunya dalam bidang WP. makasih mas ilmunya….saya sampai sekarang masih juga belum khatam masalah wordpress….tapi tetap mas saya belajar…penasaran juga….

    • Sayapun masih banyak belajar mbah. Jika terus dipelajari asal kita dasarnya suka ternyata menyenangkan ya mbah. Malahan saya untuk blogspot benar-benar gelap mbah.

  2. Sudah alam tidak kemari, dan sepertinya tutorial untuk menampilkan deskripsi katagori di wordpres ini bisa juga diterpakan mas. Biar lebih bagus. Tapi saya coba ko gambar avataranya tidak nongol ya mas, saya baru coba di beberapa catagory sih.

    • Selamat datang kembali mas Indra. Mungkin struktur kode avatar blog mas Indra tidak sesuai dengan kode avatar script ini. Dicek saja dulu mas kode avatar template yang digunakan!

  3. Artikel yang sangat menarik, sayangnya ane masih rada kaku kalau udah main editor wp, salah simpan script web jadi error wkwkw. akan saya terapkan ke blog saya yang satunya :)

  4. Terimakasih, artikel artikelnya bagus untuk tutorial bagi pemula seperti saya, sebagian contoh script sudah saya terapkan di web saya, bisa berfungsi sebagaimana yang di inginkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *