Home / Android / Cara Mencari Android Yang Hilang Cukup Dengan Melakukan 4 Pilihan Berikut

Cara Mencari Android Yang Hilang Cukup Dengan Melakukan 4 Pilihan Berikut

Cara Mencari Android Yang Hilang – Bagi sebagian orang tentunya pernah mengalami kehilangan handphone Android. Mungkin karena dicuri, lupa meletakkan ataupun terjatuh. Jika didalam handphone Android Anda ada data-data penting pribadi seperi foto dan video , nomer kontak, file pekerjaan dan sebagainya, mungkin Anda akan merasa kebingungan.

Baca Juga : Jangan Panik! Berikut Cara Mudah Lacak Android Yang Hilang Tanpa Aplikasi

Namun jangan khawatir, teknologi Android begitu canggih tidak hanya memudahkan aktifitas keseharian saja, tetapi juga ketika Android hilang masih bisa dicari keberadaannya. Artikel berikut ini akan membahas terkait cara mencari Android yang hilang.

Cara Mencari Android Yang Hilang

Handphone Android didukung secara penuh oleh Google. Setiap pengguna Android diwajibkan mengaktifkan fitur dari aplikasi Google setting. Jadi bagi yang belum mengaktifkan fitur akun Googlenya  maka mustahil bisa menemukan Androidnya yang hilang. Maka dari itu sebaiknya bagi yang belum terlanjur kehilangan segera aktifkan Google setting handphone Android Anda. Dan berikut ini beberapa cara mencari Android yang hilang :

1. Menggunakan Google Maps

Google Maps merupakan fitur yang digunakan untuk melacak setiap pergerakan handphone menggunakan GPS yang disebut location history. Location history akan menunjukkan kepada Anda lokasi terakhir Android Anda saat masih terhubung dengan koneksi internet. Fitur ini memberikan informasi yang sangat detail. Mulai dari jam, tanggal, hingga jalan yang pernah Anda lalui. Namun catatan pentingnya adalah sebelum Anda kehilangan Android ini, Anda sudah memberi izin Google untuk mengakses fitur ini. Apabila belum, maka mustahil Anda bisa menemukan Android yang hilang dengan Google Maps.

Untuk mencari Android hilang menggunakan Google Maps caranya silakan Anda akses https://www.google.com/maps/timeline. Kemudian Anda Login menggunakan akun Google yang sudah terdaftar.

2. Menggunakan Google ADM

ADM atau Android Device Manager merupakan fitur resmi dari Google untuk melacak keberadaan Android. Android Device Manager gratis dan mudah digunakan. Syaratnya yaitu handphone Android Anda yang hilang  masih terkoneksi dengan internet atau tidak dalam keadaan mati. Anda bisa menggunakan fitur ini dengan memakai handphone lain atau komputer. Langkah-langkahnya sangat mudah dilakukan :

Pertama kunjungi situs https://www.google.com/android/find.

Kedua lakukan registrasi menggunakan akun gmail yang Anda gunakan pada Google setting Android yang hilang.

Ketiga pilih tulisan “Temukan Perangkat Saya” dan tunggu proses pelacakan handphone Android Anda selesai.

Setelah terdeteksi keberadaan Android Anda, segera dekati lokasi alamat yang ditunjukkan Android Device Manager. Fitur ini juga memberikan tiga fungsi hebat yang bisa Anda lakukan terhadap Android Anda yang hilang dari jarak jauh. Fungsi ini antara lain menderingkan handphone walau dalam keadaan silent, mengunci dengan pasword dan menghapus data yang ada di dalam Android melalui PC lain. Sebaiknya Anda menggunakan ketiga fungsi tersebut setelah Anda dekat dengan lokasi yang ditunjukkan oleh Android Device Manager agar si pencuri tidak curiga.

3. Menggunakan DropBox

Sebagian produsen Android sudah menjadikan DropBox sebagai aplikasi bawaan dari produk mereka. Namun Anda juga bisa menginstalnya secara manual dari Google Play Store. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur Camera Upload. Foto ataupun video yang kita ambil melalui Android akan secara otomatis tersimpan dalam camera upload. Dengan menggunakan PC lain, Anda bisa membuka aplikasi ini dan mencari tahu foto atau video yang diambil si pencuri handphone yang otomatis terupload. Dari trik ini Anda bisa mencari informasi tambahan mengenai keberadaan Android Anda. Sekali lagi dengan catatan Anda sudah mengaktifkan fitur ini pada Android Anda yang hilang.

Sebelum terlambat, silakan aktifkan dulu fitur Camera Upload DropBox. Jika aplikasi DropBox belum ada, silakan Anda download dulu.

Untuk mengaktifkan Camera Upload caranya sangat mudah, Anda Tap Menu pada DropBox.

Lalu Anda tap Settings (Pengaturan). Biasanya menu Settings ini ada di posisi paling bawah.

Terakhir silakan tap Turn on camera uploads maka sekarang Anda telah selesai mengaktifkan fitur canggih DropBox ini. Kedepannya jika Anda ingin menonaktifkan fitur Camera Upload Dropbox, tinggal mengulangi langkah ini saja.

4. Menggunakan Samsung Kendali Jarak Jauh

Bagi Anda pengguna Samsung Android, Anda bisa memanfaatkan fiture remote control yang dinamakan Find My Mobile. Dimana Anda bisa mengendalikan Android Anda dari jarak jauh seperti melacak, mengunci, menyembunyikan data dan mengirimi sms walaupun kartu SIM telah diganti. Asalkan Android Anda belum di reset oleh si pencuri dan Anda memang sebelumnya sudah  mengaktifkan fitur ini.

Untuk mengakses halaman Find My Mobile Samsung, silakan Anda buka  https://findmymobile.samsung.com/ dari HP atau komputer lain. Silakan Anda login pada halaman Find My Mobile Samsung dan jika lupa akun, disini Anda bisa meresetnya.

Baca Juga : Cara Melacak HP Yang Hilang Hanya Dengan Mengandalkan Aplikasi Gratis

Itulah beberapa cara menemukan handphone Android yang hilang yang bisa Anda coba lakukan. Dengan catatan handphone Anda dalam keadaan aktif dan terkoneksi dengan internet. Namun bila handphone Anda dalam keadaan mati bukan tidak mungkin bisa menemukannya kembali. Selain itu, Anda bisa mengeceknya setiap hari melalui cara-cara di atas jika sewaktu-waktu Android Anda dihidupkan oleh si pencuri.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *