Home / Microsoft Office / Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word Cepat Dan Mudah Tanpa Kamus

Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word Cepat Dan Mudah Tanpa Kamus

Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word – Salah satu kendala menulis-entah itu dalam mengerjakan tugas atau hanya sekedar menulis untuk konsumsi pribadi adalah terbatasnya kosakata yang kita miliki. Disamping harus memperhatikan pemilihan dan penempatan kata yang pasti akan mempengaruhi makna dari kalimat yang kita tulis. Salah satu contoh kasus yang sering dialami adalah mencari sinonim atau persamaan kata. Apalagi jika kita menulis dalam bahasa asing seperti Bahasa Inggris atau Bahasa Mandarin yang mana penguasaan vocabulary kita masih sangat terbatas.

Baca Juga : 3 Fitur Rahasia Microsoft Office Word Untuk Mempercepat Proses Pekerjaan Anda

Seharusnya bukan hal yang susah ketika kita mampu memanfaatkan teknologi di sekitar secara maksimal seperti komputer atau laptop. Khususnya penggunaan Microsoft Word yang hampir digunakan oleh semua kalangan mulai dari pelajar hingga karyawan.

Pertanyaannya adalah seberapa sering kita menggunakan Microsoft Word? Lalu seberapa efektifkan peran Microsoft Word dalam menunjang kegiatan dan pekerjaan kita? Pertanyaan ini sesuai dengan masalah di atas. Ada beberapa pilihan di Microsoft Word yang sering kita abaikan tetapi justru sangat membantu. Seperti mencari sinonim atau alternatif kata yang memiliki persamaan makna.

Untuk itu, bagi kamu yang sering terkendala dalam mencari sinonim ada baiknya menyimak cara mencari sinonim kata di Microsoft Word berikut ini. Selain simpel, cara ini juga akan menghemat waktumu.

1. Mencari Sinonim dari Menu Shortcut

Pertama, blok kata yang ingin kamu ketahui sinonimnya, lalu klik kanan. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan yang terdiri dari “cut, copy, paste, dll” seperti pada gambar berikut ini :

Selanjutnya arahkan krusor pada pilihan Synonyms, maka secara otomatis akan muncul berberapa alternatif kata pengganti atau sinonim dari kata sebelumnya.

Terakhir, pilih klik salah satu sinonim yang sesuai dengan keinginanmu. Lakukan pada setiap kata yang ingin kamu cari sinonimnya.

2. Mencari Sinonim dari Thesaurus

Masalah lain terjadi apabila pada cara yang pertama kita telah mengklik Synonyms tetapi tidak dapat menemukan daftar alternatif kata/sinonim. Coba perhatikan gambar ini sekali lagi!

Di daftar paling bawah kita akan menemukan pilihan Thesaurus. Thesaurus adalah daftar sinonim atau kata – kata yang mempunyai arti sama yang telah tersedia di Microsoft Word.

Jadi, jika cara mencari sinonim di Microsoft Word yang pertama tidak berhasil, maka pilihan lainnya adalah dengan menggunakan Thesaurus. Caranya hampir sama dengan cara yang pertama. Yaitu dengan cara klik kanan pada kata yang telah diblok, kemudian pilih Synonyms lalu klik pilih Thesaurus.

Masih tentang Thesaurus, tetapi dengan cara yang sedikit berbeda, kamu bisa  langsung mengarah pada tab Review di bagian atas. Kemudian pilih Thesaurus dengan icon buku terbuka. Jangan lupa untuk blok kata yang ingin kamu ganti terlebih dahulu. Maka, beberapa pilihan sinonim dari Thesaurus akan muncul di sisi kanan dan kamu tinggal pilih salah satu.

3. Mengganti Kata dengan Sinonim yang Dipilih

Memang kali ini agak sedikit melenceng dari cara mencari sinonim di Microsoft Word sebelumnya, tetapi cukup membantu jika kata yang ingin kamu ganti lumayan banyak dan kamu telah mengetahui sinonimnya (entah itu dengan cara pertama atau kedua). Misalnya ada 20 kata memakai dalam tulisanmu yang ingin kamu ganti dengan kata mengenakan. Akan sedikit repot jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan Replace agar lebih menghemat waktu. Pilih Replace di pojok kanan bagian atas atau dengan menekan tombol Ctrl+F pada keyboard maka akan muncul seperti ini :

Ketik kata yang ingi kamu ganti di kolom Find what, dan ketikkan kata sinonimnya di kolom Replace with kemudian Klik Replace All.

Cek kembali kalimatmu, sekiranya sinonim tersebut telah sesuai dengan konteks tulisanmu atau justru malah terasa aneh. Memang sinonim sudah pasti memiliki arti yang sama, tetapi tidak semua kata yang memiliki persamaan makna sesuai dengan isi tulisanmu. Salah satu contohnya coba pahami kalimat berikut ini :

seorang begal tewas dikeroyok massa

Beberapa contoh Sinonim dari kata tewas ada mati dan wafat yang mana penggunaan kata tersebut berbeda- beda.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Spasi Berubah Menjadi Titik Di Microsoft Office Word

Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan ke dua cara mencari sinonim kata di Microsoft Word di atas adalah pastikan kamu telah menentukan language atau bahasa yang terdapat di bawah sebelah kiri. Sesuaikan bahasa dengan kalimat atau kata yang kamu ketik agar tidak rancu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *