Home / Pendidikan / Beberapa Cara Mendaftar CPNS Lengkap Dengan Persyaratan Umum CPNS

Beberapa Cara Mendaftar CPNS Lengkap Dengan Persyaratan Umum CPNS

Cara Mendaftar CPNS – Topik pendaftaran CPNS selalu saja menjadi topik perbincangan yang cukup digemari. Bukan tanpa sebab karena masih banyak sebagian orang yang menginginkan untuk menjadi PNS. Kabarnya pada tahun 2018 ini akan banyak penerimaan CPNS daripada gelombang-gelombang sebelumnya yakni sekitar 120 ribu CPNS.

Baca Juga : Anda Ingin Lolos Tes CPNS? Berikut 9 Tips Lolos CPNS Yang Perlu Dicoba

Selain itu kabar baiknya lagi, jika Anda tidak lolos pada gelombang 1 dan 2 Anda masih dapat mengikuti gelombang ketiga.

Lalu bagaimana cara mendaftar CPNS? Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa informasi terkait dengan hal tersebut.

Cara Caftar CPNS Tahun 2018

Tahun baru merupakan tahun yang akan menjadi harapan baru dalam mendapatkan pekerjaan dan kesempatan yang ada. Salah satu hal yang dinanti-nanti dalam satu tahun sekali adalah tes CPNS 2018. Tidak bisa dipungkiri dengan adanya lowongan CPNS akan ada banyak peserta yang berlomba-lomba mengikuti tes. Informasi yang berkaitan dengan pendaftaran dan jadwal penerimaan CPNS 2018 berupa jadwal pendaftaran online maupun offline. Berikut ini akan dijelaskan cara mendaftar CPNS secara online :

Jika sudah terdapat informasi terkait dengan jadwal pelaksanaan tes maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah pendaftaran online. Cara pendaftaran online yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Buka web bkn.go.id kemudian akses formulir pendaftaran CPNS 2018;
  2. Isilah formulir regristrasi yang tertera sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Ketika Anda mengisi formulir perhatikan dengan seksama apa-apa yang telah Anda isi. Pastikan Anda mengisi formulir tersebut dengan teliti, benar dan cermat sebelum melakukan konfirmasi. Karena jika Anda telah mengkonfirmasikan data tersebut, Anda tidak dapat melakukan pendaftaran ulang jika terjadi kesalahan pengisian.

  1. Setelah pengisian formulir sudah lengkap, maka print out hasil pendaftaran online. Hasil print out ini digunakan sebagai syarat untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS.

Beberapa Persyaratan Umum Bagi Pendaftar CPNS

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Berkelakuan baik dan tidak pernah berurusan dengan hukum serta kurungan penjara;
  3. Tidak memiliki latar belakang diberhentikan dari jabatan dengan tidak hormat sebagai PNS, Anggota Polri, maupun Anggota TNI. Serta juga tidak diberhentikan secara tidak hormat dalam instansi swasta;
  4. Tidak terikat kontrak kerja dengan pihak manapun.

Beberapa Hal Yang Perlu Kalian Ketahui Terkait Seleksi Pendaftaran CPNS 2018

  1. Akan ada sejumlah lowongan CPNS yang akan dibuka yaitu sekitar 110 Ribu lowongan. Untuk itu Anda harus berjuang keras dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk menjadi salah satu CPNS yang keterima menjadi PNS.
  2. Pembukaan Lowongan CPNS direncanakan pada awal tahun 2018. Hal ini disebabkan karena pada akhir tahun 2017 terdapat banyak PNS yang pensiun. Sehingga untuk mengisi kekosongan yang ada, maka lowongan CPNS mulai dilakukan di awal-awal bulan. Agar terhindar dari penumpukan tugas akibat kekosongan jabatan.
  3. Adanya lowongan pengisian PNS pada posisi yang kosong.
  4. Lowongan CPNS di prioritaskan pada sektor pembangunan daerah selain keperluan pemerintahan pusat. Sehingga untuk penerimaan CPNS diwilayah daerah tertentu hanya akan dilakukan berdasarkan usulan bupati atau pimpinan daerah. Karena dengan sistem ini, kekosongan yang ada dapat diisi oleh orang yang benar-benar tepat. Serta memang memiliki bidang keahlian dibagian tersebut.
  5. Masih menunggu usulan dari pemerintah daerah. Karena pendaftaran CPNS begitu berkaitan dengan pemerintah daerah, maka tidak heran jika pemerintah pusat masih menunggu informasi dari pemerintah daerah. Informasi tersebut terkait dengan kekosongan tenaga kerja diwilayah daerah. Sehingga dari informasi tersebut nantinya akan dijadikan patokan dalam melakukan perekrutan profesi PNS sesuai kebutuhan daerah.

Demikianlah beberapa informasi terkait dengan cara mendaftar CPNS yang perlu Anda ketahui. Bagaimana? Apakah Anda sekarang sudah mengerti hal-hal yang terkait dengan CPNS?

Baca Juga : Perbandingan Gaji Guru PNS Tertinggi Indonesia Dengan Gaji Guru Di ASEAN

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang ingin mencoba mendaftarkan diri sebagai PNS. Dengan rencananya dibuka lowongan CPNS pada tahun 2018 secara besar-besaran ini ternyata kondisi keuangan negara masih belum mendukung. Entah bagaimana nantinya lowongan perekrutan CPNS akan berlangsung, dengan mengetahui informasi demikian Anda dapat mulai mempersiapkan sedini mungkin. Agar peluang Anda terpilih menjadi PNS semakin terbuka lebar. Karena segala sesuatunya butuh usaha dan persiapan yang matang tentunya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.