Home / Teknologi / Cara Terbaru Membuat Untuk Mendapatkan Google Plus Api Key Tahun 2016

Cara Terbaru Membuat Untuk Mendapatkan Google Plus Api Key Tahun 2016

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru – Seiring perkembangan teknologi maka dalam hal membuat untuk mendapatkan Google Plus Api Key selalu berubah-ubah. Jujur sayapun sempat bingung juga ketika pertama kali membuat Api Key Google Plus. Saya membutuhkan Api Key Google Plus untuk plugin Arqam Counter salah satu plugin bawaan theme premium Sahifa. Plugin Arqam berfungsi untuk menampilkan jumlah counter fans dan follower sosial media seperti Google Plus, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Anda bisa lihat hasilnya di sidebar kanan.

Baca Juga : Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri Atau Yang Lainnya

Saya coba cari informasi di internet dengan kata kunci “cara membuat API Key Google Plus” dan memang sudah banyak yang membahasnya namun satupun tidak membuahkan hasil. Api Key Google Plus yang saya buat kemudian saya pasang di plugin Arqam Counter tidak bisa berfungsi sehingga jumlah followernya tidak tampil. Akhirnya saya menemukan solusi dari petunjuk yang dijelaskan oleh tim support Theme Sahifa.

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (0)

Agar yang lain bisa tahu juga cara mendapatkan Api Key Google Plus terbaru maka saya simpulkan untuk membuat artikelnya saja.

Baca Juga : Ikuti Hasil Pencarian Terbaik Google Dengan Menggunakan Google Alerts

Sebetulnya apa itu Google Plus Api Key? Sebetulnya bukan hanya Google Plus saja yang mempunyai Api Key. Bahkan seperti Facebook dan Twitter juga mempunyai Api Key. API disini adalah kependekan dari Application Programming Interface yang berisi dari angka dan huruf unik. Api Key ini berfungsi dan sangat berguna bagi pengembang aplikasi online. Api Key adalah kode program yang akan bekerja sebagai antarmuka untuk menghubungkan antara aplikasi yang dibuat dengan fungsi web yang dikerjakan. Contoh Api Key Google Plus, maka fungsinya adalah untuk menampilkan fitur-fitur Google Plus seperti jumlah follower pada aplikasi atau software yang dijalankan. Tadi saya sudah contohkan dengan plugin Arqam Counter, nah plugin ini agar dapat berfungsi sesuai dengan tujuan dibuat yaitu menampilkan counter fans dan follower maka kita membutuhkan Api Key.

Baca Juga : Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen Di Google Docs

Berikut Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Paling Baru Tahun 2016

Apapun tujuannya membuat Api Key Google Plus maka simaklah caranya yang akan saya bahas disini. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi halaman Console Developers Google kemudian Anda harus login dengan akun Google. Buatlah proyek baru disana dengan klik pilih BUAT PROYEK.

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (1)

Silakan Anda tentukan nama proyek yang akan dibuat, misal disini saya membuat proyek dengan nama Info Menarik saja.

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (2)

Setelah Anda membuat proyek baru, nanti halaman web Anda otomatis akan direfresh ke halaman Ringkasan. Disini adalah halaman Api Key seluruh akun Google seperti GMail API, Youtube API, Google+ API, dan masih banyak lagi. Karena tujuan awal kita akan membuat Api Key Google Plus maka silakan Anda klik pilih Google+ API.

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (3)

Memilih Google+ API yang tadi sudah kita lakukan adalah sebuah perintah untuk mengaktifkan Api Key Google Plus pada proyek yang sedang kita buat. Silakan disini kita tinggal memilih Aktifkan saja.

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (4)

Setelah Google+ API diaktifkan ada persyaratan khusus yang harus kita laksanakan agar Api Key dapat digunakan dengan maksimal. Kita harus membuat sebuah Kredensial, caranya silakan klik Buka Kredensial.

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (5)

Pada kolom Jenis Kredensial tidak perlu diubah lagi karena tujuan utama membuat Google API adalah untuk Google Plus. Pada pilihan setelan yang harus dikonfigurasi silakan pilih Browser web (Javascript). Kemudian pada data yang akan diakses pilih saja Data Pengguna dan klik pilih Kredensial apa yang saya butuhkan?

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (6)

Tentukan nama kredensial proyek yang sedang Anda buat, contoh disini saya membuat nama Kredensial Saya. Selanjutnya kita klik Buat ID klien.

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (7)

Disini kita hanya cukup mengisi kolom Nama produk yang ditampilkan kepada pengguna, bebas isi apa saja. Sayapun disini mengisi dengan Excellent Computer, kemudian klik Lanjutkan.

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (8)

Nah proses pembuatan Kredensial sudah selesai kita buat dengan sempurna. Langkah selanjutnya adalah pembuatan API Key Google Plus, caranya silakan dari Kredensial klik pilih Buat kredensial dan Kunci API.

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (9)

Pada pilihan kunci, karena nantinya counter Google Plus akan ditampilkan di web atau blog maka disini kita pilih Kunci Browser. Jika untuk kepentingan lainnya silakan Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (10)

Tentukan nama API Key yang ingin dibuat, disini saya membuat nama API Key Pertama Kali. Kemudian isi juga kolom URL dengan alamat web atau blog Anda.

Berikut contoh API Key Google Plus yang baru saja kita buat :

Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru (12)

Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu saja artikel Cara Mendapatkan Google Plus Api Key Terbaru. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan jika mempunyai pendapat lain silakan sampaikan saja di kotak komentar. Terima kasih.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *