Home / Pendidikan / 8 Langkah Jitu Cara Mendapatkan IPK Tinggi Bagi Mahasiswa Baru

8 Langkah Jitu Cara Mendapatkan IPK Tinggi Bagi Mahasiswa Baru

Cara Mendapatkan IPK Tinggi – Mahasiswa baru biasanya masih merasa bingung dengan sistem IPK. Hal ini wajar mengingat semasa sekolah mereka hanya menggunakan sistem penilaian rapor.

Baca Juga : 8 Cara Cerdas Memilih Universitas Yang Tepat Untuk Melanjutkan Studi Anda

Bagi kamu mahasiswa baru, mau tidak mau harus berkenalan dengan IPK. IPK adalah singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif. Melalui IPK ini kemampuan belajar kamu akan dipertanggungjawabkan.

Semakin tinggi IPK berarti kamu dianggap semakin berprestasi. Sebaliknya semakin jelek IPK kamu, maka kamu akan dianggap sebagai mahasiswa bermasalah. Tidak perlu takut kamu akan mendapatkan IPK yang jelek. Sebab ada beberapa cara mendapatkan IPK tinggi.

Cara Mendapatkan IPK Tinggi

Begitu masuk ke dunia kampus, maka bersiaplah dengan pertanyaan seputar berapa IPK kamu. Agar kamu nantinya tidak malu menjawab, usahakan agar kamu mendapatkan IPK setinggi mungkin. IPK tertinggi adalah 4,00. Sedangkan IPK terendah adalah 0. Untuk mendapatkan IPK tinggi, kamu tidak harus sepintar Albert Einstein. Berikut ini cara yang harus dilakukan :

1. Cintai Jurusan Kamu

Untuk mendapatkan IPK tinggi, kamu harus mencintai jurusan kamu. Banyak mahasiswa baru yang menganggap bahwa mereka salah masuk jurusan. Hal ini yang menjadikan cikal bakal IPK mereka anjlok. Mereka hanya belajar dengan setengah hati, sebab merasa tidak cocok di jurusan tersebut. Pastikan kamu tidak seperti itu, jurusan apapun yang kamu pilih, pastikan kamu mencintainya.

2. Belajar Dengan Giat

Ini cara mainstream yang tetap harus dilakukan. Tidak ada IPK tinggi bagi mereka yang malas belajar. Mau tidak mau kamu harus belajar. Tekuni apapun jurusan yang kamu pilih. Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Bila perlu gantungkan foto orangtua kamu di depan meja belajar, agar kamu termotivasi. Orangtua adalah motivasi terbaik, sebab hanya mereka yang paling menginginkan kamu untuk cepat lulus.

3. Kerjakan Semua Tugas

Sistem penilaian yang ada di semua kampus itu sama. Semua dosen pasti mengandalkan tugas sebagai indikator penilaian. Untuk itu jangan sampai ada tugas kamu yang kosong. Selesaikan semua tugas yang diberikan oleh dosen. Semua tugas baik itu individual maupun secara kelompok harus dikerjakan sepenuh hati. Jika tidak, maka jangan berharap IPK tinggi.

4. Jangan Banyak Bolos

Absensi itu juga mempengaruhi nilai yang akan kamu dapatkan. Beberapa dosen menganggap sepintar apapun kamu, namun jika rajin bolos, maka haram nilai A untuk diberikan. Oleh sebab itu, jangan sampai kamu banyak bolos. Hindari juga yang namanya “Titip Absen”. Titip absen adalah semacam cara mahasiswa membohongi dosen. Sebenarnya mahasiswa tersebut tidak hadir, namun dibuat hadir di buku absen oleh temannya.

5. Jadi Pengurus Kelas

Cara mendapatkan IPK tinggi selanjutnya ialah menjadi pengurus kelas.  Fakta di lapangan membuktikan bahwa pengurus kelas biasanya memiliki IPK yang tinggi dan selalu aman. Pengurus kelas ini terdiri dari komisaris kelas atau ketua, sekretaris dan bendahara. Wajar jika pengurus kelas memiliki IPK yang tinggi, sebab mereka selalu dikenal oleh dosen. Selain itu pengurus kelas biasanya juga dianggap mahasiswa yang rajin. Sehingga dosen suka memberi nilai yang tinggi.

6. Ikut Kepengurusan Jurusan

Setiap jurusan pasti memiliki himpunan mahasiswa jurusan. Cobalah untuk mengikuti kepengurusan jurusan ini. Bukan tanpa alasan, biasanya orang-orang yang terlibat aktif di kepengurusan jurusan, IPK yang dimiliki selalu tinggi. Hal ini dikarenakan mereka selalu rajin dan cepat untuk dikenal oleh dosen.

7. Pintar Memilih Teman

Memilih teman juga merupakan salah satu cara mendapatkan IPK Tinggi. Percaya atau tidak, teman akan mempengaruhi IPK kamu. Jika kamu berteman dengan mahasiswa pemalas, maka dijamin IPK kamu juga akan rendah. Tentu saja ini terjadi karena kamu juga akan terpengaruh untuk malas. Carilah teman yang bisa memotivasi kamu untuk bisa terus belajar dan berkarya. Salah masuk pergaulan justru akan menjerumuskan kamu.

8. Hindari Kegiatan Tidak Bermanfaat

Mahasiswa sering melakukan kegiatan tidak bermanfaat. Kegiatan tersebut antara lain, sering hang out , nongkrong di cafe sampai larut malam, sibuk pacaran dan masih banyak lagi. Carilah kegiatan yang bermanfaat seperti ikut organisasi atau kerja paruh waktu. Isi jam kosong kamu untuk meningkatkan IPK.

Meskipun banyak orang yang mengatakan IPK tidak menjamin kesuksesan, namun sebagai mahasiswa kamu harus berjuang mendapatkan IPK tinggi. Saat ini ada banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan pelamarnya harus memiliki IPK cumlaude. Lakukan cara mendapatkan IPK tinggi yang ada di atas dengan senang hati.

Baca Juga : Inilah Tips Trik 5 Contoh Usaha Yang Paling Cocok Dijalankan Di Dekat Kampus

Ok mungkin artikel Cara Mendapatkan IPK Tinggi khusus bagi Mahasiswa baru dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel dunia pendidikan lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *