Home / Photoshop / Cara Menentukan Ukuran Photo Di Photoshop

Cara Menentukan Ukuran Photo Di Photoshop

Cara Menentukan Ukuran Photo Di Photoshop – Dalam dunia design grafis khususnya untuk program pengolah gambar seperti Adobe Photoshop, ukuran photo sangat diperlukan. Dan memang dalam menentukan ukuran photo, kita tidak bisa membuat ukuran photo dengan seenaknya. Karena ukuran photo sudah ditentukan berdasarkan standar yang telah disepakati. Untuk itu disini saya akan berbagi ukuran photo standar yang biasa digunakan di Photoshop.

Baca Juga : Cara Desain Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop

Ukuran Photo biasanya menggunakan satuan R. Entah kenapa satuan dalam ukuran photo ini dinamakan R. Mungkin hanya untuk membedakan saja dengan satuan-satuan lainnya. Lalu saya juga tidak tahu siapa yang pertama kali menciptakan satuan R dalam menentukan ukuran photo.

Selanjutnya untuk mempermudah edit photo khususnya dalam menentukan ukuran photo, sebaiknya jenis-jenis ukuran photo kita simpan di Photoshop. Namun sebelum membahas cara menyimpan ukuran photo di Photoshop, sebaiknya Anda simak dulu ukuran-ukuran standar photo dalam satuan R yang biasa digunakan oleh design grafis.

Ukuran Photo Standar Dalam Satuan R Berdasarkan Ukuran Centimeter dan Inchi

Photo Satuan R Photo Satuan cm Photo Satuan inchi
2R 5,6 x 8,9 2,2 x 3,5
 3R 8,89 x 12,7 3,5 x 5
 4R 10,16 x 15,24 4 x 6
 5R  12,7 x 17,78 5 x 7
 8R 20,32 x 25,4 8 x 10
 10R 25,4 x 30,48 10 x 12
 12R  30,48 x 39,37 12 x 15,5
 16R 40,64 x 50,8 16 x 20
 20R  50,8 x 60,96 20 x 24
 24R 60,96 x 80 24 x 31,5
30R 75 x 100  30 x 40

Setelah Anda mengetahui ukuran-ukuran standar yang biasa digunakan dalam ukuran photo, sekarang kita bahas cara menggunakan ukuran photo tersebut dalam program Photoshop. Perlu dicatat juga, selain ukuran photo yang tidak kalah penting juga adalah resolusi photo. Agar hasil kualitas photo maksimal untuk keperluan cetak sebaiknya resolusi photo Anda tentukan menjadi 300 pixels. Kecuali jika photo nantinya untuk ditampilkan di web, cukup Anda tentukan 72 pixels. Dimaksudkan agar loading web tidak lambat.

Berikut Cara Menentukan Ukuran Photo di Photoshop

Pertama buka program Photoshop yang sudah diinstall di Komputer Anda. Disini saya menggunakan Photoshop CS3. Dan untuk photo yang akan dijadikan praktek dalam penentuan ukuran photo bisa menggunakan photo koleksi Anda. Kalau dalam tutorial ini saya menggunakan photo kucing keren seperti yang terlihat dalam gambar dibawah.

Setelah semuanya sudah siap, dalam menentukan ukuran photo di Photoshop biasanya menggunakan Crop Tool. Untuk mengaktifkan Crop Tool tekan huruf C pada keyboard. Setelah mengaktifkan Crop Tool, Anda tentukan ukuran Width (lebar/horizontal) dan Height (tinggi/vertikal) serta Resolusinya.

Dalam contoh kali ini, saya memberi ukuran 3R. Maka pada Weight saya memberi ukuran 8,89 cm dan Height 12,7 sedangkan pada Resolution karena untuk kebutuhan cetak maka saya beri nilai 300 pixels.

menentukan-ukuran-photo-2

Setelah setting ukuran selesai seperti contoh diatas, dimana dalam tutorial menentukan ukuran photo di Photoshop kali ini saya memberi ukuran 3R. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan Crop pada photo. Gunakan mouse dengan menahan klik dan geser secara berlawanan. Jika sudah pas, untuk mengakhiri crop pada photo tekan Enter.

menentukan-ukuran-photo-3

Untuk memudahkan dalam menentukan ukuran photo di Photoshop kedepannya, sebaiknya semua ukuran photo disimpan di Photoshop.

Cara Menyimpan Ukuran Photo di Photoshop

Caranya klik File > New. Setelah kotak dialog New Photoshop aktif, pertama Anda pilih opsi Custom di Preset. Selanjutnya beri nama pada kotak dialog Name, contoh disini saya akan menyimpan ukuran 3R. Tentukan ukurannya sesuai daftar ukuran photo standar diatas. Untuk satuan ukuran, boleh menggunakan satuan centimeter (cm) atau inchi. Jangan sampai lupa Resolution Anda tentukan resolusi 300 pixels saja.

Setelah semua pengaturan diisi dengan benar, untuk menyimpannya klik Save Preset….

menentukan-ukuran-photo-4

Jika muncul kotak dialog seperti dibawah, Anda beri nama sesuai dengan pengaturan yang telah dibuat. Karena disini saya memberi ukuran photo 3R, maka saya memberi nama 3R pada kotak dialog Preset Name.

menentukan-ukuran-photo-5

Sekarang ukuran photo 3R sudah tersimpan otomatis di Photoshop. Cara membukanya, Anda klik menu File > New. Untuk melihat ukuran photo yang baru saja dibuat, klik Preset.

menentukan-ukuran-photo-6

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

20 comments

  1. Terima kasih info menariknya tentang mengubah ukuran foto di Photoshop ini Mas. Kebetulan saya masih awam jika memakai photoshop dalam mengedit gambar. Saya bookmark dulu untuk saya jadikan pedoman mas. :D

    • Iya mas dory disimpan saja jika memang dibutuhkan. Terus terang saya juga masih banyak belajar nih dengan Photoshop.

  2. wah ternyata menarik sekali informasinya gan, jadi sekarang saya sudah bisa membuat foto-foto menarik sesuai ukuran yang sesuai, memang jika kita membuat foto atau editing di photospo kadang bingung menentukan ukuran yang pas, terimakasih infonya gan.

    • Iya gan, terutama jika photo tersebut nantinya akan dipasang difigura/frame. Kecuali jika framenya produksi sendiri kalau ukuran photonya tidak sesuai dengan standar umum.

  3. jadi tambah tau, terima kasih infonya mas

  4. Biasanya saya juga begitu, cuma baru tau ukuran sekian R punya panjang dan lebar sekian cm/in.

  5. kalau untuk ukuran fhoto saya udah tau mas.tp nih ada tapinya ketika menentukan ukuran fhoto diphotosop saya biasanya selalu pakai cara manual.nggak berfikir untuk menyimpan ukurannya nih.

    melalui tips ini jadinya seperti ngingetin saya untuk Menyimpan Ukuran Photo di Photoshop mas.makasih telah ngingetin

  6. Mantabs ilmunya, Kece pisan photonya pake dasi ama kacamata haha

  7. wah ternyata di sini masternya photoshop nih. hehee makasih tutorialnya..

    • Hahaha saya hanya makhluk biasa mas. Justru mas budi adalah master desain grafis … :)

  8. Senang jika pembahasan yang jelas…belajar jadi lebih cepat memahaminya…makasih Bang

  9. Menarik sekali seperti belajar corel…kesemuanya menggunakan ilmu telaten krn berhubungan dengan menggambar & seni pada pribadi masing-masing ya Bang ;D

  10. trip bromo menyediakan paket wisata bromo, ijen, semeru trakking, rafting, wisata batu malang, sewa jeep
    thank’s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *