Home / WordPress / Cara Mengaktifkan Akismet WordPress Untuk Blog Baru

Cara Mengaktifkan Akismet WordPress Untuk Blog Baru

Cara Mengaktifkan Akismet WordPress Untuk Blog BaruPlugin Akismet bagi pengguna WordPress mungkin sudah tidak asing lagi. Jasa Akismet mempunyai peranan besar bagi blog CMS WordPress.com dan WordPress.org. Karena dengan diaktifkannya plugin Akismet maka setiap komentar di WordPress akan difilter oleh Akismet. Akismet adalah security WordPress dalam hal penyaringan komentar. Selanjutnya jika menurut Akismet komentar tersebut tidak pantas untuk ditayangkan, maka Akismet akan memindahkan otomatis ke folder Spam/Sampah. Namun Akismet ini tidak aktif otomatis begitu WordPress dibuat. Kita perlu mengaktifkan Akismet WordPress terutama untuk blog baru lahir.

Baca Juga : Tambah Koleksi Ping Update Artikel Otomatis WordPress

Plugin Akismet menurut saya adalah plugin wajib hukumnya untuk dipasang di WordPress. Tanpa Akismet, tentu saja kita harus mempunyai waktu banyak dalam mengecek satu-persatu setiap komentar yang masuk. Kecuali jika kita mengaktifkan perintah moderasi pada kotak komentar. Namun saya meyarankan untuk install plugin Akismet saja. Karena demi meningkatkan keamanan WordPress yang kita kelola.

Seperti yang saya terangkan diatas, bahwa Plugin Akismet ini tidak langsung otomatis aktif begitu WordPress selesai dibuat. Kita harus mengaktifkan Akismet WordPress menggunakan API Key. API Key adalah kode registrasi rahasia untuk memverifikasi plugin Akismet. Dengan melakukan verifikasi API Key ke plugin Akismet, maka Akismet baru bisa bekerja dengan normal.

Cara Mengaktifkan Akismet WordPress Dengan API Key

Baik kita mulai saja cara mengaktifkan Akismet WordPress ini. Setelah login di WordPress melalui wp-admin langsung saja klik menu Plugins. Di kotak dialog Plugin terlihat jelas plugin Akismet berada pada posisi paling atas. Silakan klik Activate untuk mengaktifkan Akismet tahap awal.

Kita akan dibawa ketampilan seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Klik Activate your Akismet account.

cara-mengaktifkan-akismet-wordpress-2

Selanjutnya Anda klik Get your API Key. Maka Anda akan dibawa ke halaman baru web Akismet.

cara-mengaktifkan-akismet-wordpress-3

Disini Anda klik GET AN AKISMET API KEY

cara-mengaktifkan-akismet-wordpress-4

Setelah itu akan tersedia tiga pilihan tipe Akismet untuk mendapatkan API Key. Kita pilih yang Personal saja.

cara-mengaktifkan-akismet-wordpress-5

Silakan Anda isi semua form yang disediakan dengan data Anda untuk mendapatkan akun baru di WordPress. Jika email Anda sudah terdaftar di WordPress, tentunya halaman ini tidak akan tampil. Setelah semua data pada form diisi dengan benar, klik Sign Up.

cara-mengaktifkan-akismet-wordpress-6

Karena kita akan memilih versi gratis untuk mendapatkan API Key Akismet ini, maka kita klik or use Akismet for free. Selanjutnya Anda isi form FIRST NAME dan LAST NAME dengan nama lengkap Anda. Terakhir klik SUBMIT.

cara-mengaktifkan-akismet-wordpress-7

Jika semua pengaturan sesuai dengan prosedur, setelah klik SUBMIT seharusnya akan tampil halaman seperti gambar dibawah. Halaman ini berisi kode API Key dari Akismet. Simpan API Key tersebut atau langsung saja copy API Keynya.

cara-mengaktifkan-akismet-wordpress-8

Dan paste di kolom Awal (wp-admin Dashboard > Settings > Akismet). Setelah menempatkan API Key klik Use this key.

cara-mengaktifkan-akismet-wordpress-9

Selamat, verifikasi API Key Akismet sukses Anda lakukan. Dan kini plugin Akismet bisa berfungsi dengan normal. Happy Blogging!

Bagaimana mudah bukan? Sekarang Anda tidak khawatir lagi dengan komentar-komentar Spam. Karena sekarang Anda sudah mempunyai security handal yaitu plugin Akismet. Akismet akan senantiasa menjaga WordPress Anda dengan setia tanpa menuntut imbalan apapun. Karena plugin Akismet bisa kita fungsikan dengan gratis.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

26 comments

  1. saya kurang begitu paham tentang WP mas, saat ini masih betah diblogcepot,
    untuk kedepannya mungkin akan buat blog pake WP, ijin bookmark dlu ya mas

  2. menambah wawasan saya tentang tutorial wp nih mas.
    terutama cara menggunakan Plugin Akismet

  3. saya kurang tahu nih masalah wordpress gan, baru dengar juga untuk plugin akismet ini, ternyata fungsi utama nya adalah untuk memantau komentar ya, menarik sekali untuk di pelajari kapan2 pengen belajar wordpress juga ah, mohon bimbingannya

  4. mungkin karena belum memahami dengan benar tentang WP, jadi kurang paham, cuma sering melihat link ini pada blog WP tetangga yang bertuliskan 36 spam diblok oleh akismet,

    berarti ini semacam plugin untuk menghapus link spam gitu ya mas.?
    maklum masih baru, hehe..!!

    • Iya mba benar sekali. Tugas Akismet ini untuk ngeblok komentar yang dianggap spam oleh Akismet.

  5. API Key ini bisa digunakan dibanyak blog wordpress.org milik kita loh.

    • Ya betul sekali mas. Sekali mendapat API Key maka bisa digunakan di seluruh Akismet dalam satu akun.

  6. Nah informasi mengaktifkan akismet wordpress inilah yang lagi saya cari mas. Maklum saya masih awam jika bicara masalah wp ini. Yang ada malah saya lagi kumpulkan informasi menarik sebanyak mungkin yang berhubungan dengan wordpress mas, siapa tau besok-besok berguna buat saya jika sudah pindah ke wordpress. :D

  7. Dwi Oetami Satyarini

    Wp sangat membantu untuk proteksinya ya gan :-)
    Jangan lupa visit back ya gan

    • Ya mas, Akismet ini mempunyai peranan penting dalam hal security WordPress. Ok nanti saya visit back.

  8. Benar mas, apalagi dalam hal pengolahan WP sangat disarankan harus mencaja darihal yang tidak diinginkan ya mas, dan sangat mebantu sekali plugin akismet ini untuk diinstal di Wrdpress…. terimakasih mas atas informasinya.

    • Betul mas, kita tidak repot untuk menghapus komentar yang hanya membuat sampah blog kita aja.

  9. sebelumnya salam kenal, terima kasih atas tulisannya sangat bermanfaat saya pengguna baru wp yg masih harus byk belajar, untuk aktifkan akismet yg basic kenapa mesti masukan id credit card ya, saya coba lewati tidak bisa. mohon pencerahannya

    • Jika diperintah harus memasukkan ID Credit Card berarti itu pilihan yang berbayar. Coba mas ikuti saja semua yang sudah saya terangkan diatas.

  10. Terimakasih banyak mas infonya,. Salam kenal.
    Ane mau tanya nih, apakah akismet harus terkoneksi dengan aplikasi wordpress.com

    • Maksudnya terkoneksi dengan wp.com gimana? Mas tinggal mengaktifkan plugin Akismet saja dan ikuti seperti panduan diatas, beres!

  11. kenapa di bloh saya akismentnya tidak terdeteksi ? ketika plugin di klik yang muncul adalah kata : halaman tidak ditemukan.
    mohon pencerahan

  12. Wah, sama mas saya pakai Akismet juga dan sangat-sangat berguna banget buat blog wordpress saya. Soalnya tadinya khawatir dibilang sama teman kalau wordpress/blog baru pasti bakal ‘diserang’ sama komen-komen spam, makanya pas googling ketemu plugin Akismet dan bener terbukti ampuh banyak komen spam yang berhasil ke-detect dan gampang diapusnya, tapi kadang-kadang ada 1 atau 2 komen spam yang gak ke-detect sih sama Akismetnya. :”D

  13. mas, saya sudah instal akismet, apakah mesti harus disetting kembali? barangkali ada yang mau disetting, mohon bimbingannya, terimakasih.

    • Install Akismet pertama kali harus diaktivasi menggunakan API Key yang diberikan oleh Akismet. Langsung saja klik Akismet di menu Settings Dashboard dan ikuti petunjuknya.

  14. Terima kasih Mas infonya sangat membantu sekali. Selama ini blog saya pake CMS WordPress tidak mengaktifkan plugin akismet dan akibat nya banyak sekali email yang gak jelas masuk ke blog saya. Eh ternyata baru tahu kalo itu namanya spam. Sekali lagi terima kasih info nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *