Home / Pendidikan / Cara Mengaktifkan Dan Menulis Huruf Arab Di Komputer

Cara Mengaktifkan Dan Menulis Huruf Arab Di Komputer

Cara Mengaktifkan Dan Menulis Huruf Arab Di Komputer – Huruf Arab, mungkin bagi umat muslim sudah tidak asing dengan huruf Arab. Huruf Arab biasa dipakai dalam tulisan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Kita bisa saja mengaktifkan huruf Arab di Komputer agar bisa menulis atau mengetik langsung di komputer. Ini akan memudahkan Anda dalam penyelesaian menulis huruf Arab, contoh tugas sekolah.

Mengaktifkan Dan Menulis Huruf Arab Di Komputer 1

Jika Anda tertarik, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya. Saya akan coba terangkan satu persatu. Syaratnya hanya sebuah komputer satau laptop saja. Kecuali jika komputer Anda menggunakan OS Windows 7 kebawah (Windows XP) maka Anda harus menggunakan CD master Windows XP.

Cara Mengaktifkan Huruf Arab Di Komputer

Sebelum tutorial ini dilanjutkan, saya disini tidak akan menerangkan secara rinci. Karena pada dasarnya cara mengaktifkan huruf Arab di komputer masih sama dengan Cara Mengaktifkan Huruf Hangul 한글 Di Komputer. Maka untuk itu, ada baiknya Anda simak juga tulisan saya sebelumnya tentang huruf hangul atau huruf Korea.

Baca Juga : 200+ Download Gratis Fonts Arabic Tanpa Ribet Langsung Pakai

Baik jika Anda sudah siap, mari kita mulai tutorial kali ini. Cara mengaktifkan huruf Arab di komputer setelah mengaktifkan tab Input Language dari Control Panel. Maka Anda tinggal pilih input bahasa atau pengetikan yang Anda inginkan. Contoh disini kita akan mengaktifkan huruf Arab, maka Anda pilih Arabic (Saudi Arabia). Setelah itu centang juga pada opsi Arabic (101), Arabic (102), dan Arabic (102) AZERTY.

Setelah semua pengaturan selesai, klik OK.

Mengaktifkan Dan Menulis Huruf Arab Di Komputer 2

Cara Menulis Huruf Arab Di Komputer

Setelah Anda melakukan pengaturan seperti yang dijelaskan diatas, sekarang Anda tinggal mencobanya. Apakah sudah benar atau tidak settingan yang baru saja Anda lakukan baru saja.

Untuk mencobanya, Anda bisa menggunakan di program pengolah kata Microsoft Office Word. Aktifkan program Microsoft Wordnya, dan tentukan bahasa penulisan di Taskbar Language menjadi Arabic.

Baca Juga : Hanya Dengan Cara Ini Bisa Mengetik Angka Arab Di Office Word Dengan Mudah

Karena perataraan dalam menulis huruf Arab adalah dari kanan, maka Anda aktifkan Right to Left Text Direction di Microsoft Word sebelum melakukan pengetikan.

Mengaktifkan Dan Menulis Huruf Arab Di Komputer 3

Jika keyborad Anda belum mendukung untuk menulis huruf Arab, artinya belum tercantum huruf Arab di keyboardnya. Tentunya ini akan menyulitkan Anda jika ingin mengetik huruf Arab. Maka gunakanlah On-Screen Keyborad. Cara mengaktifkan On-Screen Keyborad dari Start > All Programs > Accessories > Ease of Access.

Mengaktifkan Dan Menulis Huruf Arab Di Komputer 4

Mungkin hanya itu tutorial tentang Cara Mengaktifkan Dan Menulis Huruf Arab Di Komputer ini. Dan tutorial ini khusus bagi OS Windows 7.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

17 comments

  1. Wah ntar mau coba deh. Walaupun gak ngerti Basa Arab.

  2. halo info menarik, ada buku panduan menulis huruf arab dikomputer?
    saya sangat membutuhkan buku itu,mohon bantuannya ya,jika ada saya ingin membeli buku tersebut,

    • Maksudnya gimana ya? Bukankah untuk menulis huruf arab dikomputer bisa menggunakan keyboard screen jika memang keyboardnya belum ada fasilitas huruf arabnya.

      • hai info menarik,maksudnya saya memerlukan referensi buku untuk skripsi tentang “menulis huruf arab dengan komputer,apa info menarik bisa membantu saya?

        • Sudah pernah mencoba mencari di docstoc mba? Coba cari dengan kata kunci “skripsi huruf arab di komputer” !

          • saya sudah cari dengan kata kunci tersebut, tetapi tidak ada referensi bukunya,
            apa info menarik ada menjual buku menulis huruf arab dikomputer?
            mohon bantuannya yaa,

            • Jika dibahas menjadi satu Skripsi materi menulis huruf di Komputer, apakah tidak kependekan mba? Ma’af saya tidak punya buku yang dibutuhkan.

          • saya sudah cari dengan kata kunci tersebut, tetapi tidak ada referensi bukunya,
            apa info menarik ada menjual buku menulis huruf arab dikomputer?

          • info menarik,saya sudah cari dengan kata kunci tersebut, tetapi tidak ada referensi bukunya,apa ada kata kunci lain selain itu?

  3. info menarik, tolong bantu saya carikan buku menulis huruf arab dikomputer?

  4. info menarik,saya sudah cari didocstoc,tapi tidak ada referensinya,apa info menarik punya solusi untuk saya?

  5. info menarik apa ada solusi untuk saya?karena didocstoc tidak ada referensinya,

  6. Kalau pakai Windows XP bisa gak diaktifkan, soalnya saya sudah coba-coba tidak bisa, yang tampak hanya huruf/abjad biasa. Gimana ya cara aktifkan di Windows XP

    • Windows XP bisa gan. Cuma bedanya kalau Windows XP harus menggunakan CD OS Windows XP ketika setting bahasanya.

  7. saya sangat tertarik dengan tulisan anda, saya juga mempunyai tulisan sejenis yang mungkin anda juga tertarik, anda bisa mengunjunginya.

  8. Sangat bermanfaat gann…izin coba nihh soalnya ane dari kemaren bingung nih mau nulis arab di komputerr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *