Home / WordPress / Cara Mengatasi Agar Gambar Tidak Dicuri Blog Lain (Hotlinking)

Cara Mengatasi Agar Gambar Tidak Dicuri Blog Lain (Hotlinking)

Cara Mengatasi Agar Gambar Tidak Dicuri – Tentunya sangat kesal jika artikel yang kita tulis di copy paste blog lain secara mentah-mentah. Walaupun itu sebuah resiko, namun tentunya hati kita dongkol juga jika nyatanya artikel tersebut bisa mengalahkan sumber aslinya. Apalagi jika didalam artikel tersebut terdapat gambar dan pengcopas tidak melakukan upload ulang. Artinya link gambar masih satu server dengan sumber artikel. Sehingga akan membebani bandwith yang kita miliki.

Baca Juga : Cara Membuat Kotak Berlangganan Artikel Di Bawah Postingan WordPress

Masalah copy paste artikel kita tidak perlu khawatir lagi. Karena setiap saat Google selalu melakukan update algoritmanya. Artinya Google akan menendang jauh-jauh setiap blog yang isinya hasil copy paste. Jadi percuma saja melakukan copy paste, karena artikel tersebut akan menghilang di mesin pencari.

Namun untuk masalah gambar yang ikut terbawa di copy paste tanpa melakukan upload ulang, hal ini jangan kita biarkan. Apalagi untuk blog atau artikel yang berisi pembahasan tutorial/panduan. Karena biasanya artikel tutorial isinya akan dilengkapi dengan gambar-gambar. Kasus ini akan merugikan bandwith blog kita atau istilah lainnya Hotlinking.

Cara-Mengatasi-Agar-Gambar-Tidak-Dicuri-Hotlinking-00

Hotlinking adalah sebuah proses copy paste gambar dari blog yang kemudian gambar tersebut dipasang kembali di blog lain tanpa melakukan upload ulang. Dengan begitu link gambar tersebut masih satu server dengan server gambar yang disalin. Ketika gambar tersebut diakses maka secara langsung server yang kita miliki melayani dengan gratis untuk menampilkan gambar tersebut. Lama-lama akan membuat server membengkak dan meningkatkan beban server.

Bagi blog gratisan itu tidak terlalu menjadi masalah. Namun jika blog kita adalah blog berbayar, artinya kitapun menyewa host untuk memperoleh bandwith maka ini sangat merugikan. Apalagi jika jatah bandwith yang kita miliki jumlahnya sangat sedikit/pas-pasan.

Solusi terbaiknya kita harus segera mencegah tindakan hotlinking ini. Dan disini saya akan mencoba membahas untuk keperluan tersebut.

Berikut Solusi Terbaik Agar Gambar Tidak Dicuri Oleh Blog Tetangga (Hotlinking)

Disini saya mempunyai 3 solusi untuk mengatasi agar gambar tidak dicuri oleh blog tetangga. Silakan Anda pilih saja mana menurut Anda yang cocok dengan selera.

1. Menggunakan Plugin

Jika blog yang kita gunakan adalah blog CMS WordPress berbayar, maka tidak perlu cemas lagi. Karena seperti yang sudah kita tahu kalau WordPress.org itu didukung dengan ribuan plugin pilihan. Plugin-plugin ini bisa kita manfaatkan jika kita tidak ingin ribet seperti mencegah hotlinking gambar.

Salah satu plugin yang direkomendasikan adalah plugin Watermark Reloaded atau Easy Watermark. Ini fungsinya untuk menambahkan watermark gambar yang bertugas melindungi branding gambar Anda. Sepertinya hal ini tidak akan menyelesaikan masalah hotlinking gambar. Karena dengan diberi watermark juga mereka bisa melakukan copy paste gambar. Dan lagi kalau sekedar membuat watermark, kita bisa menggunakan program Adobe Photoshop.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan plugin WordPress gratis ByREV WP-PicShield. Silakan Anda bisa mencoba kehandalan plugin ini!

2. Menggunakan .HTAccess

Jika Anda tidak ingin menggunakan plugin karena khawatir akan semakin membebani server, solusi lainnya Anda bisa menggunakan .htaccess. Dengan langkah ini kita hanya perlu menyisipkan kode ke dalam file .htaccess. Kodenya adalah sebagai berikut :

RewriteEngine On
RewriteCond% {HTTP_REFERER} ^ http: // (.. + \) Namadomain \ .com / [NC, OR]
RewriteCond% {HTTP_REFERER} ^ http: // (.. + \) Blogspot \ .com / [NC, OR]
RewriteCond% {HTTP_REFERER} ^ http: // (.. + \) WordPress \ .com / [NC]
RewriteRule * \.. (JPE g |? Gif | bmp | png) $ URL Gambar [L]

Sebelum disisipkan kode tersebut kedalam file .htaccess, sebaiknya Anda rubah dulu pada :

Nama Domain : Silakan Anda ganti dengan URL blog atau website yang telah mencuri gambar dari blog Anda.

URL Gambar : Ganti juga dengan URL gambar yang telah berhasil disalin blog lain (hotlinking). Disini tidak hanya gambar yang berekstensi .jpg saja. Ekstensi lainnyapun bisa, seperti : .png, .gif, .bmp, dan sebagainya.

Sisipkan kode diatas kedalam file .htaccess, bisa melalui cPanel Hosting atau melalui dashboard WordPress khusus bagi Anda yang menggunakan plugin SEO by Yoast.

3. Upload Gambar Di Blog Lain

Solusi terakhir yang bisa kita gunakan sebagai alternatif untuk mencegah hotlinking gambar adalah dengan cara mengupload gambar di blog lain. Dengan melakukan kegiatan ini memang hotlinking gambar masih bisa terjadi. Tapi demi untuk mengurangi beban server tidak ada salahnya menggunakan trik ini. Karena kita telah mengupload gambar di blog lain bukan blog utama. Utamakan blog tempat upload gambar adalah blog gratisan, seperti WordPress.com atau Blogspot.com. Jadi biarlah agar mereka saja yang menanggung beban server dan kita cukup mengambil URL gambarnya saja.

Baca Juga : Optimalkan Gambar Web Dengan Plugin WP Smush.it

Silakan Anda pilih saja mana yang menurut Anda solusi terbaik dan mudah untuk melakukannya. Sehingga kejadian hotlinking gambar tidak terulang lagi dan beban server kita tetap stabil yang bersumber dari trafik blog kita sendiri.

Mungkin hanya itu saja beberapa alternatif untuk mengatasi pencurian bandwith yang bersumber dari hotlinking gambar. Semoga tulisan ada manfaatnya dan bisa dijadikan sebagai referensi.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

11 comments

  1. RahmanBatopie, M.gs

    Saya pakai cara No. 3 karena banyak blog tutorial yang Saya temui menggunakan cara ini, baik blog Indonesia maupun blog luar. Mengingat blog tutorial banyak menggunakan gambar, maka cara ini sangat membantu :-)

    • Betul mas dengan cara ketiga kita bisa menghemat hosting dan juga untuk menghindari hotlinking gambar. Jadi ini adalah langkah paling evektif.

      • Meskipun cara ini tidak SEO friendly, tapi Saya rasa bisa ditutupi dengan menciptakan artikel yang berkualitas.
        Bukankah tanpa mengandalkan SEO pun tidak menutup kemungkinan untuk menjadi blog No.1?

        • Iya betul sekali mas, terkadang SEO itu sangatlah misterius. Apapun artikelnya intinya artikel yang kita tulis adalah artikel original.

  2. Kalau saya masih pakai cara via cpanel.
    Mau juga pakai ByREV WP-PicShield supaya gambarnya bisa muncul di media sosialnya, cuman takut kebanyakan pasang plugin.

    • Betul mas kita senantiasa harus meminimalisir penggunaan plugin. Contohnya blog InfoMenarik ini baru sembuh dari teguran Hosting karena masuk ke daftar 10 blog yang menghabiskan kuota server. Kecuali kalau kita sudah migrasi ke VPS.

  3. thanks bro info nya :)
    kunjungi blog ane furnituresonojati
    menerima pesanan segala macam produk furniture asli jepara.

  4. mau tanya Om. cara hapus wp-picshield gimana ya ? saya hapus berulang2 tetep aja masih ada.

    soalnya saya bingung kok tidak bekerja ya di wordpress saya.

    • Memang sering seperti itu mas plugin ini. Kalau saya sekarang sudah beralih ke cloudflare mas. Selain untuk CDN, di Cloudflare juga ada pengaturan untuk Hotlinking Image.

  5. Terima kasih sudah berbagi informasi bermanfaat. Tips diatas sangat perlu diterapkan guna mengantisipasi bandwidth yang berlebihan karena adanya hot linking.

  6. ok makasih atas informasinnya mas….. semoga sukses terus adminya.. :D baru tau juga anek yang demikian…!!!1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *