Home / Android / HP Android Anda Lemot Kinerjanya? Inilah 10 Cara Mengatasi Android Lemot

HP Android Anda Lemot Kinerjanya? Inilah 10 Cara Mengatasi Android Lemot

Cara Mengatasi Android Lemot – Android merupakan platform smartphone cepat perkembangannya. Nyatanya disaat iPhone berkutat dengan RAM 1GB tapi Android telah melesat dengan RAM 4 GB. Bahkan saat ini di Indonesia telah mulai berdatangan Android yang menggandeng RAM 4GB. Tentu saja tujuannya  agar Android tidak lemot. Namun sebesar apapun RAM di Android, dalam kondisi tertentu tetap saja akan mengalami lemot. Android yang lemot disebabkan banyak faktor, bukanlah hanya dikarenakan masalah RAM. Nah, berikut ini beberapa tips mengatasi Android lemot.

1. Jumlah Memori

Ketika memori internal Android hanya tinggal sedikit yang tersedia, maka hal ini menjadi salah satu penyebab Android lemot. Oleh karena itu, mengatasi Android lemot ada baiknya jika menghindari menyimpan data dalam jumlah banyak hingga memori internal kepenuhan.Jika harus menyimpan data yang banyak di Android, usahakanlah membeli Android yang didukung dengan kartu memori tambahan atau eksternal. Bisa juga dengan membeli Android yang memiliki memori internal berkapasitas besar.

Baca Juga : Punya Masalah Dengan RAM Android Yang Sering Penuh? Inilah Cara Mengatasinya

2. Pilih Aplikasi Yang Serbaguna

Usahakan untuk tidak menginstall beragam aplikasi karena makin menjadikan memori internal penuh. Lebih baik install 1 aplikasi tapi punya banyak fungsi. Android yang sudah diroot, aplikasi multifungsi Apps2SD dirasa cocok sebab 1 aplikasi punya banyak fungsi, contohnya, back up aplikasi, link aplikasi menuju memory card, partisi SD Card dan lain sebagainya. Jika Android belum diroot, Clean Master cocok digunakan.

3. Gunakanlah Fitur Auto Kill

Apabila sering multi tasking pada Andoid, di Recent Apps pasti akan ditemukan banyak aplikasi yang aktif dan RAM makin sesak, lalu Android jadi lemot. Mengatasi Android lemot maka gunakanlah fitur Auto Kill. Dengan fitur tersebut aplikasi tidak dapat berjalan pada background.

4. Kurangi Aplikasi Gratisan

Apabila banyak menginstall aplikasi gratis maka hal ini bisa menjadikan Android lemot sebab banyaknya iklan yang akan muncul di dalam aplikasi gratis tersebut. Untuk mengatasi Android lemot jangan terlalu banyak menginstall aplikasi gratisan agar tidak lemot dan tidak membuat kuota internet cepat habis.

Baca Juga : Cara Membeli Aplikasi/Game Berbayar Di Google Play Store Menggunakan Pulsa

5. Hentikan, Jika Perlu Hapus Aplikasi Yang Tak Terpakai

Google Playstore memang menawarkan banyak aplikasi menarik. Tapi sayangnya belum tentu semua aplikasi itu benar-benar dibutuhkan, bahkan sering kali hanya membuat penuh memori Android. Untuk mengatasi Android lemot maka hapus aplikasi yang tak terpakai atau aplikasi yang mempunyai fungsi sama. Dan jika aplikasi tidak terpakai itu adalah bawaan system maka bisa jadi sulit dihapus tapi bisa dihentikan dengan cara masuk ke settings Apps lalu tab running kemudian pilih aplikasi yang tak dibutuhkan, lalu pilihlah disable.

6. Kurangilah Atau Matikan Saja Animasi Pada Android

Animasi pada Android adalah salah satu penyebab lemot. Nah, caranya mengatasi Android lemot berikutnya masuklah ke menu setting lalu Developer options, lalu ubahlah skala Windows animation, skala Transition animation, dan skala Animator duration. Pilih skala terkecil, atau pilih off.

7. Bersihkanlah Cache

Cara mengatasi android lemot dikarenakan cache banyak menumpuk yaitu dengan rajin membersihkan cache coba masuk ke Settings, kemudian Apps, lalu All dan pilih aplikasi yang akan dihapus dari cache dan pilihlah Clear. Atau bisa juga melalui menu Settings, pilih Storage, lalu pilih Cached Data dan OK ketika ada pop up. Lakukan juga pembersihan cache partition sekitar 1 bulan caranya masuk recovery mode dan pilihlah Wipe Cache Partition.

8. Gunakan Launcher Lainnya

Apabila bosan tampilan yang diusung oleh OEM perangkat Android, coba gunakan Launcher lainnya. Beberapa launcher yang bisa ditemukan di Google Play tidak Cuma hanya menyuguhkan tampilan dan fitur yang baru, tetapi juga akan mengatasi Android lemot menjadi lebih ringan dan tidak lemot. Misal Smart Launcher dan juga Hola Launcher.

9. Lakukanlah Factory Reset

Factory Reset disarankan bukan hanya saat android bermasalah, factory Reset juga direkomendasikan dilakukan berkala. Hal ini untuk membersihkan segala yang menumpuk pada Android dan untuk mengatasi Android lemot. Lakukan factory reset dengan cara pilih settings, lalu backup and reset, lalu factory data reset.

10. Gunakanlah Custom Rom

Selain gunakan launcher lain, kustomisasi lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi Android lemot yaitu dengan gunakan custom ROM. Jika tertarik gunakan custom ROM, carilah referensi bagaimana cara menggunakan custom ROM.

Baca Juga : Komputer Anda Lelet Kinerjanya? Lakukan 5 Tips Berikut Agar Kinerja Komputer Meningkat

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *